Mengapa Kita Bisa Ereksi Saat Tidur Walau Nggak Mimpi Basah? Ini Penjelasan Sains

Jumat, 03 November 2017 | 10:15
Rizki Ramadan

Foto Ilustrasi Ereksi Saat Tidur

HAI-online.com - Pasti lo suka penasaran mengapa saat lagi tidur, ternyata ada bagian tubuh lo yang ‘bangun’. Padahal, nggak ada rangsangan apa-apa, atau nggak mimpi basah.

Ternyata, gejala ini nggak perlu lo khawatirkan, bro. Justru, ereksi malam hari saat tidur adalah pertanda bahwa kondisi tubuh dalam kedaan sehat, seorang urologist dan direktur medis Urology Cancer Specialist, Adam Ramin, M.D, yang mengatakannya.

Cowok yang sehat, bahkan bisa 3 sampai 5 kali ereksi setiap malam. Itu adalah tanda bahwa seluruh bagian tubuh berfungsi optimal.

tapi, kok, bisa yah?

Wait, kita mesti pelajari dulu mengapa kita bisa ereksi. Jadi, saat kita menerima rangsangan pada sistem saraf parasimpatis, akan menyebabkan pelepasan neurotransmitter. Itu menyebabkan pelebaran arteri di penis. Akibatnya, darah yang mengalir ke penis lebih banyak, tapi aliran darah keluar sedikit—yang menyebabkan ereksi membesar, kian mengeras dan meningkat.

Nah, saat tidur, ada juga pengingkatan aktivas sistem parasimpatis yang memperlambat detak jantung, bikin lemas otot-otot dan membuat kita bermimpi lebih dalam. Inilah yang memicu ereksi malam hari.

Adam Ramin juga menjelaskan bahwa nggak ada manfaat biologis dari ereksi malam hari ini.

"Tidak ada manfaat yang pasti terkait ereksi nokturnal," katanya. "Mereka hanyalah hasil sampingan dari rangsangan alami sistem saraf parasimpatis di malam hari."

Namun, dalam jangka panjang rreksi ini menjaga jaringan penis tetap halus dan elastis. Kondisi ini juga mendorong otot halus di penis untuk rileks, membiarkan darah masuk dan membuat penis mengeras.

Tanpa "olahraga saat tidur" ini, menurut Tobias Köhler, otot-ototnya bisa terlalu berkontraksi—yang akhirnya panjang penis saat ereksi bisa memendek.

Tuh, bro. Jangan panik dulu kalau begitu bangun tidur, lo menemukan bagian tubuh ada yang udah bangun lebih dulu.

(Sumber: Kompas.com)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya