28 Gunung Ini Didaki Untuk Merayakan Sumpah Pemuda Sampai Pecahkan Rekor. Keren!

Selasa, 31 Oktober 2017 | 06:45
Rizki Ramadan

Perayaan Pendakian Gunung oleh Eiger

HAI-online.com - Beragam cara bisa kita lakukan nih untuk memaknai Sumpah Pemuda. Tak terkecuali ekspedisi 28 gunung yang dilakukanbrand adventure, Eiger. Bahkan sampai memecahkan rekor MURI loh!
Kegiatan yang telah direncanakan sejak tahun lalu ini dibuat untuk menjadi simbol sumpah pemuda. Memiliki inti pesan untuk menumbuhkan kecintaan kepada tanah air Indonesia, sekaligus mempererat hubungan antar pemuda di seluruh kawasan Indonesia, Eiger juga berusaha memberi pemahaman mendaki gunung aman dan nyaman.
Gunung-gunung yang didaki dalam peringatan Sumpah Pemuda ini, yaitu Gunung Kemiri (Aceh), Gunung Sibuatan (Sumut), Gunung Talang (Sumbar),Gunung Kerinci (Jambi), Gunung Masurai (Jambi), Gunung Dempo (Sumsesl), Gunung Patah (Bengkulu), dan Gunung Pesagi (Lampung).
Selain itu, di daerah Jawa yaitu Gunung Pulosari (Banten), Gunung Ciremai (Jabar), Gunung Slamet (Jateng), Gunung Semeru (Jatim), dan Gunung Merapi (DIY).
Sedangkan daerah Kalimantan, yakni Gunung Paling (Kalbar), Gunung Halau-halau (Kalsesl), dan Gunung Beriun (Kaltim). Di Sulawesi ada Gunung Klabat (Sulut), Gunung Tambusisi (Sulteng), Gunung Rore Katimbu (Sulteng), Gunung Gandang Dewata (Sulbar), Gunung Mekongga (Sultra), dan Gunung Latimojong (Sulses).
Di Kepulauan Sunda Kencil, yaitu Gunung Rinjani (NTB), Gunung Tambora (NTB), Gunung Koya koya (NTT), Gunung Kelimutu (NTT), dan Gunung Binaiya (Maluku). Serta Papua di Gunung Carstensz.
Pemilihan gunung-gunung itu diakui Galihh Donikara sebagai Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung karena tingkat kepopuleran dan beberapa gunung belum pernah ada yang mendaki.
Bahkan Gunung Patah, belum ada jalur khusus bagi pendaki gunung dan tim harus bersama peneliti harimau.
Tiap tim dalam pendakian ini terdapat minimal tiga orang. Belum lagi Eiger bekerja sama dengan para komunitas lokal. Total lebih dari 100 orang yang berpartisipasi dan pada tanggal 28 Oktober lalu membaca sumpah pemuda di atas gunung serta disiarkan langsung ke Eiger cabang Bandung di Jalan Sumatera.
Pendakian 28 gunung dalam memperingati hari sumpah pemuda ini pun mendapat rekor MURI, bahkan menurut Jaya Suprana, pendiri dan ketua MURI ini pertama kalinya di dunia.
Salut yaguysdengan para pendaki dan Eiger yang memaknai sumpah pemuda lewat cara yang unik. Tertarik ikut tahun depan?
(Penulis: Dewi Rachmanita)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya