Mengenal Sinergi Muda, Organisasi Yang Ngajak Kita Untuk Kritis Dengan Cara Kreatif.

Sabtu, 28 Oktober 2017 | 05:30
Fadli Adzani

Mengenal Sinergi Muda, Organisasi Yang Ngajak Kita Untuk Kritis Dengan Cara Kreatif.

Coba deh lo kepoin akun Instagram @IndonesianYouth, HAI yakin lo bakal betah banget nge-scroll dan saking kerennya desain tiap post yang disajikan lo dijamin nggak sadar kalau konten yang lo lihat itu nyinggung isu yang berat kayak G 30S/PKI, lembaga-lembaga di parlemen, hingga rapor kinerja pemerintahan pak Jokowi.
Nah, setelah lo follow mereka, ada baiknya lo mengenal seluk-beluknya. Jadi, akun @IndonesianYouth adalah salah satu program gagasan Sinergi Muda, sebuah organisasi yang bakal mengajak lo untuk ngebahas politik dan sosial, dan dunia keseharian anak muda. Ada diskusi soal musik, seni, dan lainnya.
(BACA NIH: JANGAN MAGER MELULU. DUNIA MEMBUTUHKAN PERAN ANAK MUDA! INI BUKTINYA)

Berawal Dari Forum Anak Muda
Sinergi Muda hadir agak berbeda nih dari organisasi-organisasi pemuda kebanyakan. Kalau yang lain bikin organisasi dulu, Sinergi Muda malah dari acara dulu. Iyus Usman selaku Brand Comm Director jelasin nih kalau organsasi ini berawal dari Indonesian Youth Conference (IYC) pada 2010 lalu. Kegiatan itu juga nggak tiba-tiba ada juga loh, salah satu founder-nya yakni Alanda Kariza sebelumnya ikut Global Changes Maker di UN dengan bawa agenda anak muda dan hasilnya IYC itu.
Sinergi Muda
Ternyata IYC berjalan melebihi ekspetasi dan terus dibuat di tahun-tahun berikutnya dengan permintaan yang lebih tinggi. Nah, 2012 nih guys sempat mengalami kesulitan dalam pencarian sponsor dan lainnya. Akhirnya Alanda Kariza, Agnita Widiasari, Rifat Najmi, Cita Natasya, dan Rizki Rinandi bikin Sinergi Muda untuk menjadi payung IYC.
Sekarang, organisasi ini sendiri sudah berbentuk yayasan loh dan kerap terlibat kerja sama dengan berbagai instansi atau perusahaan sebagai salah satu sumber dana mereka. Selain itu juga memang aktif dalam kegiatan kewirausahaan sosial agar semakin mandiri dan berkelanjutan.
Kritis dengan cara Kreatif dan Kekinian
Visi yang ingin dibawa IYC ini ialah memberdayakan potensi anak muda Indonesia untuk dapat berkontribusi secara positif di Indonesia. Hal itu lalu dituangkan dalam empat misi, yaitu mendengarkan suara anak muda dengan menjadi wadah aspirasi mereka, mengenalkan anak muda Indonesia dengan isu sekitar yang sesuai dengan minat mereka, dan menghubungkan anak muda Indonesia dengan atau melalui pihak yang dapat bersinergi dengan minat mereka.
“Kami juga membantu anak muda mewujudkan ide perubahan positif di Indonesia,” tambah Iyus.
Sinergi Muda
Organisasi sosial ini memang berupaya menjadi katalisator anak muda untuk terus berkembang dan berkontribusi secara positif di Indonesia. Nggak cuma memberi pengetahuan kepada para anggotanya dan anak muda, Sinergi Muda juga memberi semangat, ide, dan aspirasi.
“Di sini nggak hanya berdiskusi hal serius aja, tapi menyenangkan buat anak muda,” ujar Iyus.
Hal itu dikarenakan anak muda penuh ekspresi dan ide, jadi organisasi ini berupaya membuat segala kegiatan pun atmosfir di dalam organisasinya sangat anak muda, nggak kaku atau terlalu formal. Walaupun memang punya struktur yang jelas, dalam kegiatan tetap santai asal progress dan hasilnya jelas.
Iyus sendiri mengaku menemukan budaya “nongkrong” yang biasanya ada di kampus kok. Diskusi-diskusi yang dijalankan juga nggak melulu yang berat, tapi juga kegemaran anak muda lain di seni dan lainnya yang dikemas ringan.
Banyak Kegiatan Yang Bisa Lo Ikuti
Melihat anak muda yang dinamis membuat Sinergi Muda pun bergerak terus dinamis. Beragam kegiatan sudah terencana matang yang tentunya anak muda banget.
Dalam payung program besar Indonesian Youth, sebuah gerakan yang terdiri dari beberapa model kegiatan pengembangan kapasitas dan aktivitas digital, Sinergi Muda punya beberapa kegiatan di bawahnya. Progam-program itu ialah Indonesian Youth Conference (IYC), Indonesian Youth Camp, Indonesianyouth.org, dan Indonesian Youth Pitstop.
Oke kita bahas satu-satu. Pertama, IYC. Program ini yang mengawali organisasi ini merupakan konferensi dengan puluhan pembicara berbagai bidang, pertunjukan musik dan budaya, bahkan pameran seni dan komunitas. Kegiatan ini juga terbuka untuk semua anak muda Indonesia. Tahun ini, IYC bakal hadir segera loh pada bulan Desember, so pastikan kamu tahu infonya ya!
Sinergi Muda
Kedua, Indonesian Youth Camp, sebuah pelatihan manajemen proyek untuk sejumlah pemimpin anak muda terpilih di Indonesia. Jadi ada seleksi gitu guys dari tiap provinsi di Indonesia dan mereka yang terpilih diundang untuk ikut camp dan belajar banyak hal, seputar pemecahan masalah dan lainnya.
Nah, kalau Indonesianyouth.org adalah hasil dari keinginan para anggota buat menyebarluaskan isu anak muda lewat dunia online. Situs dan aplikasi digital ini memungkinkan anak muda mengakses berbagai informasi dan sumber daya untuk bisa berkontribusi secara positif di Indonesia. Kamu bahkan bisa submit tulisan dengan proses seleksi terlebih dahulu di situs ini. Ke depan, kegiatan ini juga jadi salah satu fokus utama Sinergi Muda untuk semakin berkembang lebih baik loh.
Last, Indonesian Youth Pitstop yang merupakan forum diskusi untuk mengupas berbagai isu sosial yang dihadapi anak muda Indonesia secara mendalam. Biasanya kegiatan ini menghadirkan pembicara-pembicara yang berkualitas dan akhli di bidangnya. Contoh pitstop yang sudah digelar, yakni “The Way You In-The Unique You” terkait karir dan membuat profil digital, “Beyond Startup” terkait startup, dan lain-lain yang bisa kamu kepoin melalui media sosialnya.
Misi Menghapus Apatisme Anak Muda
Yap, Sinergi Muda lahir dari sekumpulan anak-anak muda yang punya ambisi untuk menghapus apatisme anak muda. Malu nggak sih lo kalau anak muda dianggap sebagai generasi yang cuma mau hepi-hepi doang nggak mau peduli dan beraksi?
Gimana, kalau jiwalo berdesir membaca pertanyaan itu, ada baiknya lo kuatkan tekad, bergabung dengan organisasi ini, dan sinergikan energi muda lo. Dunia membutuhkan kita lebih dari smartphone membutuhkan kuota, bro!
(Penulis: Dewi Rachmanita)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya