Ini Dia 7 Game Mobile yang Melegenda, Pernah Mainin Nggak?

Jumat, 27 Oktober 2017 | 04:15
Alvin Bahar

Kronologi Flappy Bird dari Kelahiran hingga Kematian

HAI-ONLINE.COM - Rasanya kamu belum sah jadi gamers kalo belum pernah main game-game mobile ini. Mobile gaming sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000-an dengan layar handphone yang masih monokromatik.

Dilansir dari Kompas Tekno, game di ponsel ditetapkan pabik yang masih terbatas dan sederhana. Berikut game legendaris yang dirangkum dari Mobile Arena.

Cek deh: Ngakak Abis! Cobain Games Kids Jaman Now, Bisa Sleding Micin!

1. Snake

Bisa dibilang permainan ini populer dan legendaris sepanjang sejarah sejak kemunculan ponsel Nokia 3310. Awalnya game ini diadaptasi game ding dong dengan nama yang sama pada 1976.

Mainnya juga simple banget, kamu cuma perlu mengarahkan "kepala" ular ke sebuah titik tanpa menabrak tubuh ularnya. Semakin banyak titik yang dimakan ular, semakin panjang tubuhnya sekaligus gerak makin cepat dan skor kian bertambah.

2. Angry Birds

Game ini juga didaulat sebagai yang paling legendaris sekaligus populer sepanjang masa. Kamu bisa melempar burung yang ada ke tumpukan babi di seberangnya.

Tiap burung punya karakteristik tersendiri. Burung merah mode normal, biru untuk menghancurkan kaca, kuning untuk menghancurkan kacu, hijau untuk terbang seperti bumerang, dan hitam bisa meledak.

Game ini populer sejak diluncurkan di iOS pada 2009 hingga kini hadir di versi Android, PC, dan konsol. Bahkan telah difilmkan pada 2016 lalu.

3. Fruit Ninja

Dikeluarkan Halfbrick 2010, game ini hanya bisa dimainkan melalui layar sentuh. Hal itu karena saat bermain kamu harus menggoreskan jari pada layar sehingga buah yang kamu pilih terbelah.

Kamu wajib membelah buah-buah yang muncul dari arah bawah untuk mendapat skor. Tak jarang muncul bom yang dapat mengurangi skor apabila tidak sengaja kamu belah. Kamu juga bisa memilih tiga jenis permainan, yakni Klaskik, Zen, dan Arcade.

Selama permainan, kamu akan ditemani Sensei ninja yang bijaksana selaku Game Master. Dia akan selalu memberi kata-kata bijak dan fakta menarik tentang buah-buahan.

4. Temple Run

Buat main game ini gampang banget, guys. Kamu cuma perlu berlari sambil mengumpulkan poin dna menghindari jebakan yang ada. Agar pelari berbelok dna mengihdar, kamu perlu mengusap layar ke kiri, kanan, atas, dan bawah.

Ritme game ini yang cepat dan intens menjadi gaya tarik tersendiri. Kamu perlu aktraktif, gesit, dan punya strategi khusus selama bermain Temple Run.

5. Clash of Clans

Game strategi legendaris ini menjadi salah satu yang berpengaruh di kancah permainan handphone. Dikembangkan oleh Supercell, Clash of Clans memiliki komponen utama merupakan pertempuran clan melawan clan lain. Pemimpin clan (leader) dan wakilnya (co-leader) bisa mulai perang melawan clan lainnya yang akan diberi satu "hari persiapan" dan satu "hari perang".

Seorang pemain yang menyerang anggota dari clan lawan akan menerima bintang yang dihitung dari kerusakan yang mereka sebabkan. Mereka akan dibatasi dua serangan tiap perang dan tim paling banyak mengumpulkan bintang di akhir yang akan menang.

Kamu akan dituntut membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lama untuk mendapat emas, trophy, elixir, dan dark elixir. Kamu juga diwajibkan membantun pertahanan yang melindungi dari serangan pemain lain.

Nggak cuma itu, game ini juga dilengkapi kampanye pseudo yang memungkin kamu menyerang serangkaian benteng desa milik Goblin.

6. Flappy Bird

Nggak cuma Angry Birds yang bikin game terkait burung, ada Flappy Bird yang disebut sebagai game terburuk sekaligus terpopuler oleh majalah Times.

Kamu diwajibkan untuk bisa menerbangkan burung melewati pipa dengan cara mengetuk layar ponsel saat waktu yang tepat.

7. Pokemon Go

Game yang didukung teknologi augmented reality (AR) ini dalam sekejap mendapat kepopulerannya. Pokemon Go mengadaptasi model game real time yang menyita perhatian masyarakat.

Sampai sekarang pun pasti nggak akan bosan untuk main ketujuh game tersebut. Kira-kira game apa lagi ya yang bakal jadi legenda? (Dewi)

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "7 Game Mobile yang Kini Melegenda"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya