Cuma Murid Yang Bawa Bekal Ke Sekolah Yang Merasakan 4 Faedah Ini.

Selasa, 24 Oktober 2017 | 11:45
Rizki Ramadan

Makan Siang Di sekolah

Seenak-enaknya makanan di restoran bintang lima masih lebih lezat makanan buatan mama. Soalnya kalau mama yang buat pakai tambahan bumbu, yakni “cinta”. Setidaknya itulah yang dirasakan Della, cewek imut kelas X di SMAK Santo Paulus Jember. Sepakat nggak sih guys?

Nah, selain lebih lezat ternyata masih ada banyak alasan yang membuat temen-temen kita nggak bisa lepas dari bekal saat di sekolah. Mau tahu apa aja alasannya? Apa sih yang bikin mereka nggak bisa lepas dari bekal? Apa sih yang membuat bekal lebih menarik dari pada jajanan sembarangan? Yuk simak beberapa alasan mereka berdasarkan hasil survey yang kami lakukan.

  1. Demi Ngirit
Seenak-enaknya makanan buatan nyokap di rumah, kita nggak akan bisa beli. Masa iya sih, kita ngebayar ke nyokap kita sendiri.

Itulah keuntungannya, uang jajan kita jadi aman di kantong. Lumayan banget kan kalau tiap hari bawa bekel, tiap hari pula nambah tabungan. Bisa dipake hangout, jajan buku, nonton bioskop, atau jajan sneakers.

  1. Lebih Sehat dan Hemat
Saat kami wawancarai kenapa mereka lebih memilih bekal daripada jajan, kebanyakan sih pada jawab lebih hemat. Ada juga yang menjawab lebih sehat. Pastinya udah pernah denger dong kalau formalin dan boraks sering digunakan dalam jajanan pinggir jalan. Eits... bukan berarti semua jajanan di pinggir jalan nggak sehat lho ya. Tapi inget, kesehatan itu mahal. Jadi, kalau nggak mau ambil risiko lebih baik bawa bekal dari rumah yang udah pasti lebih terjamin.

“Kalau bawa bekal aku gak harus ngeluarin uang buat jajan. Jadi jatah uang buat jajan bisa aku simpen buat ditabung deh. Lebih sehat juga kan kalau bawa bekal”, kata Legita Ventyana, murid kelas XII SMA Negeri 4 Jember.

  1. Wujud Perhatian Orang Tua
Mama itu laksana malaikat tanpa sayap yang turun ke bumi untuk ngejagain kita. Apa ya hubungannya sama bekal? Hehe. Ada kok hubungannya!

Saat orang tua kita ngebawain bekal itu artinya peduli sama kita. Peduli sama kesehatan kita juga peduli sama proses pembelajaran dari pagi sampai sore yang butuh banyak energi dari makanan. Nah, ini nih yang dimaksud mama sebagai malaikat yang selalu “menjaga” kita. “Siapa sih yang sehari aja betah nggak ngerasain masakan mama?”, ungkap Christian warga SMAK Santo Paulus saking seringnya bawa bekal ke sekolah.

Hal serupa juga dirasakan oleh Rena pelajar kelas X IPA dari SMA Kolose Santo Yusuf Malang. “Ungkapan kasih sayang dari orang tua itu sangat beragam. Salah satunya dengan ngebawain kita bekal”, tutur cewek manis ini.

  1. Serunya Bagi-Bagi Makanan
Ada lagi nih serunya bawa bekal ke sekolah. Apa lagi kalau bukan saling berbagi makanan dengan temen. Seperti yang dirasakan temen-temen kita dari SMA Negeri 4 Jember. “Kalau makan bekal bareng-bareng itu nafsu makan kita jadi bertambah. Apalagi jika menunya beda-beda. Wah itu sendok bias lari ke sana sini”, ungkap Citra murid kelas XII dari SMA Negeri 4 Jember.

Apalagi yang udah pada kelas XII nih. Bentar lagi udah meninggalkan masa-masa bersama teman di sekolah. Nah, nggak ada salahnya tuh bawa bekal trus dimakan rame-rame. Ya, seklaian biar makin akrab. So, nggak usah gengsi bawa bekal ke sekolah ya. Udah terbukti kan banyak untuknya.

(Penulis: Zanetta Gwie, Nathan Christian Pranata, Brigitta Audrylla, Milka Theopilia, Citra Aulia Maharani)

Editor : Rizki Ramadan