Dari Miliaran Web Yang Ada, Inilah 10 Web Paling Berpengaruh Sepanjang Masa.

Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:00
Rizki Ramadan

Internet telah mengubah hidup kita

HAI-online.com - Percaya nggak, guys, ternyata teknologi website (world wide web) yang kita pakai selama ini bakal berumur 27 tahun, pada 20 Desember nanti. Selama hampir 30 tahun sejak keberadaannya pertama kali, websites pada zaman itu emang belum secanggih zaman sekarang.

Nah, kalau ditanya, web apa sih yang paling sering banget lo buka tiap kali browsing? Dari sekian banyak web yang ada di jagad internet, tentu nggak semuanya sering dibuka dong?

Dari semua itu, dilansir dari Time.com, inilah 10 web paling berpengaruh sepanjang masa.

10. Wikileaks
Muncul di tahun 2006 saat pemilu Amerika Serikat, Wikileaks menjadi situsyang menyampaikan banyak informasi rahasia yang selama ini disimpan rapat oleh Pemerintah AS. Saking ngaruhnya informasi tersebut, banyak topik debat capres AS 2006 diambil dari Wikileaks. Dibuat oleh aktivis Australia Julian Assange, Wikileaks membeberkan rahasia soal politik, militer, sampai "diplomasi" Partai Demokrat dengan pejabat Rusia.
9. The Pirate Bay
Web yang satu ini bisa juga dibilang radikal. Soalnya The Pirate Bay ini melawan keras "hak cipta" atas produk informasi, guys. Buat tiga orang Swedia yang buat The Pirate Bay, informasi atau ilmu pengetahuan harus disebarkan dengan cuma-cuma demi kemajuan bangsa. Mulai dari buku, musik, dan film, website ini melanggar hukum penyampaian informasi secara terang-terangan!
Meskipun diburu oleh tim investigasi internet, The Pirate bay sampai sekarang tetap aja bisa ngasih informasi yang terbilang sensitif.
(BACA:Google Map Ternyata Mencatat Semua Perjalanan Kita. Datanya Dipakai Untuk Apa?)
8. eBay
Kalau website yang satu ini pasti akrab sama lo yang suka banget nyari barang vintage. eBay adalah website pertama yang berhasil mengubah dunia tentang cara berjualan barang bekas secara online. Bayangin cuma ngubah sistem jualan barang bekas jadi online, eBay jadi inspirasi banyak retail online di seluruh dunia lho!
7. Drudge Report
Meskipun tampilannya terbilang kaku, Drudge Report bisa dibilang menjadi news agregator (semacam LINE Today gitu) yang cukup diperhitungkan dari berbagai web. Muncul karena berhasil memecahkan kasus skandal seks Monica Lewinsky dengan Presiden Bill Clinton, Drudge Report jarang membuat berita sendiri. Tapi Drudge Report merupakan agregator news dengan pembaca terbanyak di daerah Washington DC.
6. Yahoo
Sebelum pepatah "cari aja di Google" hits, Yahoo berhasil menjadi search engine yang beken pada waktu kemunculannya. Ide Yahoo menjadi penyedia informasi sesuai dengan yang diinginkan menjadikannya populer, guys. Sayangnya alogaritma yang mengatur sistem tersebut dibuat ulang oleh Google dan lebih responsif. Makanya Google jadi lebih laku sekarang.
(BACA:YouTuber Ini Bikin Lagu Pake Google Translate! Gimana Hasilnya?)
5. Craigslist
Kalau lo suka cari kerjaan part time lewat Jobmine, atau cari tempat penginapan di Traveloka, sebenarnya itu bukan hal baru. Karena ada Craigslist, website untuk mencari tempat penginapan sekaligus tempat orang cari kerjaan paruh waktu. Sampai 2017 ada sekitar 60 juta pengguna aktif yang menjual properti sekaligus pencari lowongan kerja. Didirikan oleh Craig Newmark, Craiglist berkembang menjadi agensi iklan media online lho.
4. Youtube
Kalau yang ini mah nggak usah ditanya. Karena emang keberadaan YouTube dipercaya banyak anak muda, lebih dari Tv. Setuju? Keberadaan Youtube bisa disebut sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi kita bisa banyak informasi tentang banyak hal, tapi juga ladang ujaran kebencian. Dan kalau lo perhatiin kolom komentar, itu kejam-kejam, guys.
3. Facebook
Jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg pada 2004 membuktikan lagi suksesnya mahasiswa drop out Harvard University. Sejak awal kemunculannya, Facebook berhasil menjaring hampir 2 miliyar pengguna. Sama seperti Youtube, Facebook juga menjadi lahan menjamurnya berita hoaks. Namun di sisi lain, FB (begitu biasa disingkat) juga membuat hubungan manusia antar negara menjadi dekat. Sayangnya FB juga menjadi sarang bertumbuhnya ladang propaganda ajaran-ajaran radikalisme, guys.
2. Wikipedia
Sejak muncul pada 2001, Wikipedia berhasil menjadi ensiklopedia instan buat siapa pun. Nggak cuma pelajar SMA, orang bertitel Professor pun kerap menggunakan Wikipedia. FYI, guys, Wikipedia menjadi websites kelima yang paling sering diakses.
1. Google
Kalau yang ini mah nggak asing lagi kan? Website yang satu ini emang jadi jurus ampun buat yang kebingungan nyari informasi apapun. "Tinggal google aja", jadi tagline anak-anak muda kayak kita. Google saat ini menjadi search engine yang paling digunakan banyak orang guys.

(Penulis: Agung Mustika)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya