Nggak Usah Takut, Ini 5 Penyebab Utama Motor Mogok dan Cara Mengatasinya

Rabu, 07 Maret 2018 | 11:27
Hai Online

Motor mogok

HAI-online.com - Selain macet, salah satu hal yang bisa bikin kita bête di tengah jalan adalah motor yang bermasalah apalagi sampe mogok di tengah jalan. Biasanya, sih, ada 5 penyebab motor mogok.

Kalo udah mogok, biasanya kita bakal panik. Soalnya, kita nggak ngerti-ngerti amat soal mesin. Udah gitu di dekat lokasi kita mogok nggak ada bengkel satu pun. Makin jadi, deh!

Tapi nggak usah sedih. Buat yang nggak terlalu tau tentang jeroan motor yang paling sering jadi penyebab mogok, nggak perlu takut. HAI bakal pandu, nih! Ini dia 5 penyebab utama motor mogok dan cara mengatasinya.

Busi

Busi
Jangan anggap remeh part yang satu ini. Meski ukurannya kecil, tapi, kemampuannya, cing! Hehehe…. Busi termasuk salah satu part yang penting buat motor dan juga part yang paling sering jadi penyebab mogoknya motor kita.

Akay, mekanik dari Malino Motor di kawasan Manggarai, mengatakan bahwa busi yang bermasalah biasanya membuat motor jadi brebet. Selain itu, knalpot yang “nembak” jadi satu gejala yang diakibatkan oleh busi yang bermasalah.

“Kalau masih brebet doang, sih, kita bisa bersihin pakai sikat kawat. Biasanya itu busi yang kotor, jadi tinggal bersihin aja. Kalau udah kejadian mogok, keramik businya diketok aja, dipecahin. Biasanya abis itu langsung nyala. Tapi, jangan lupa juga buat diganti lagi businya,” papar Akay menjelaskan.

BACA JUGAIni Dia Tampilan Motor Terberat di Dunia! Berani Coba?

Karburator

Karburator
Selain busi, karburator juga jadi salah satu “langganan” penyebab terjadinya motor mogok. Menurut Akay, biasanya motor mogok yang diakibatkan oleh karbu terjadi karena aliran bensin yang terseumbat. Sehingga membuat motor jadi tersendat lajunya. Kalau sudah parah, motor akan langsung mati.

“Kita bongkar karbunya dan cari spuyer. Kita bersihin spuyernya, cek juga pelampungnya. Biasanya, sih, cuma karena kotor ketutup sama debu atau pasir aja. Bersihin, beres, deh, masalahnya,” tambah Akay.

Kepala Busi

Kepala Busi
“Kalo cangklong bermasalah biasanya karena dalamnya udah berkarat. Gejalanya masih sama kayak busi, knalpot jadinya nembak-nembak juga. Biar bisa nyala lagi ya palingan ganti cangklong. Atau kalau nggak ada bengkel, kita copot cangklongnya, terus arahin kabel listrik langsung ke businya,” papar Akay.

CDI

CDI
“Untuk CDI, gejalanya, sih, palingan brebet. Nah, kalau mogok, yang ini susah banget. Nggak bisa diakalin. Soalnya ini pusat dari pengapian ke ruang bakar. Kalau ini sudah rusak, ya, mau nggak mau harus cari bengkel,”

Filter

Filter
Namanya filter pasti berfungsi sebagai penyaring. Tapi, jangan sampai biarkan bagian yang satu ini terlalu kotor atau sampai terendam air, bisa fatal akibatnya!

“Filter bermasalah biasanya gara-gara debu. Gejalanya palingan motor nggak lari, kalau digas motor nggak bisa jalan. Apalagi kalau sampai kemasukan air. Motornya, sih, bisa nyala, tapi nggak bisa jalan. Ya, kita harus bongkar filternya, terus bersihin dari debu. Dikeprok-keprok aja sampai debunya rontok,” lanjut pria ramah ini menjelaskan.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya