Gawat, Ternyata Semua Akun Email di Yahoo Pernah Di-hack! Cek Emailmu Segera!

Rabu, 04 Oktober 2017 | 10:13
Rizki Ramadan

Hacking

Ada yang ingat Desember 2016 lalu Yahoo pernah ngumumin kalau satu miliar akun penggunanya diretas? Yang menyedihkan pembobolan tersebut sudah terjadi sejak Agustus 2013. Kini setelah 10 bulan berlalu, ternyata Yahoo meralat jumlah akun yang dibobol!

Dilansir dari Kompas.com ternyata ada 3 miliar akun yang telah password-nya telah dibobol oleh pihak yang nggak bertanggung jawab nih.Artinya, hampir semua password Yahoo pada 2013 telah diketahui.
Yahoo pun segera bikin langkah protektif pada Desember 2016 lalu, dengan meminta semua pengguna menyetel password baru dan menjawab pertanyaan keamanan.
Tapi di sisi lain, peretasan yang dialami Yahoo bisa jadi yang terbesar sepanjang masa. Benar-benar semua orang yang mendaftar akun sebelum 2013 lalu, password-nya dibobol guys!
“Ini adalah peretasan yang sangat besar. Mungkin Google atau Facebook (setelah ini diretas), tapi pembobolan besar berikutnya nggak akan bisa mengalahkan yang terjadi pada Yahoo,” kata mantan Information Security Officer Yahoo, Jeremiah Grossman.
Lebih mengenaskan lagi, Yahoo membutuhkan waktu selama tiga tahun pasca peretasan untuk menemukan ada yang nggak beres sama sistemnya. Yang lebih parah Yahoo bahkan membutuhkan hampir empat tahun untuk menyelesaikan investigasinya.
“Setelah akuisisi Yahoo oleh Verizon dan selama integrasi, perusahaan baru saja memperoleh informasi intelijen baru dan terpercaya bahwa semua akun pengguna Yahoo terkena dampak peretasan pada Agustus 2013,” begitu tertulis dalam blog resmi Oath.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya