5 Lagu yang Bikin Jiwa Demokrasi Lo Memuncak

Senin, 18 September 2017 | 09:21
Fadli Adzani

Efek Rumah Kaca di aksi #BersihkanDPR

Demokrasi adalah hal yang sangat dihargai di Indonesia. Dengan itu, setiap warganya memiliki hak dan kewajiban yang harus dihargai. Nah, ngomong-ngomong soal demokrasi, HAI jadi kepikiran untuk buat daftar lagu Indonesia yang membahas tentang demokrasi, nih.

Tentunya lagu-lagu mengguncang jiwa ini hasil racikan musisi lokal. Mulai darirappersampai band indie pop masuk dalam daftar musisi yang melantunkan semangat demokrasi di karyanya.

Berikut deretan lagu bertema demokrasi yang patutlodengernih, Sob!

1. Swami - Bongkar

Grup musik yang diusung Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, dan Innisisri hadir dengan album Swami I pada 1989. Salah satu lagu andalan dalam lagu tersebut, yakni 'Bongkar' muncul ke masyarakat dengan kontroversi yang mengisahkan kondisi sosial Indonesia sekaligus simbol perlawanan. Berdurasi sekitar 7 menit, 'Bongkar' sempat pula masuk dalam film Kantata Takwa. Lagu ini pun masuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik versi Majalah Rolling Stones edisi #56 pada Desember 2009.

2.Efek Rumah Kaca – Di Udara

“Aku sering diancam. Juga teror mencekam. Kerap ku disingkirkan. Sampai dimana kapan.”.Itulah sepenggal lirik ‘Di Udara’ dari Efek Rumah Kaca yang rilis 2007 lalu,sob!Lagu yang secara tersirat bercerita tentang dalam kondisi apapun semangat perjuangan, khususnya Munir tidak akan pernah mati. Memang lagu ini dibuat khusus band pop indie ini didedikasikan untuk Munir yang merupakan aktivis HAM. Sederet lagu lain juga dipunya Efek Rumah Kacanihterkait demokrasi dan Indonesia, seperti ‘Mosi Tidak Percaya’ dan ‘Menjadi Indonesia’.

3.Bin Idris - Tulang dan Besi

Bin Idris yang digawangi Haikal Azizi,frontmanSigmun hadir pada 2016 lalu dengan 'Tulang dan Besi'. Di lagu ini, Bin Idris coba menghadirkan sosok-sosok orang tersingkir di tanahnya sendiri. Ada pemaknaan terkait ketidakberdayaan sekaligus perlawanan saatlodenger lagu ini dengan seksama."Seolah hukum alam menghendaki kancil tak berdaya di hadapan serigala".

4. Trio Lestari - Indonesiaku

Grup musik yang beranggotakan Tompi, Glenn Fredly, dan Sandhy Sandoro dalam album pertamanya 'Wangi' muncul dengan sederet lagu. Salah satunya 'Indonesiaku' yang ingin mengutarakan rasa bangga sebagai warga Indonesia dan apa yang kita punya serta hadapi di Indonesia. Dalam nuansa pop sedikit elektronik serta tradisional itu, Trio Lestari suguhkan karya musik yang ditutup dengan lirik lagu tradisional, yaitu 'Rasa Sayange' .

5. Superman Is Dead-Sunset di Tanah Anarki

Lewat 'Sunset di Tanah Anarki', Superman Is Dead lontarkan lirik-lirik sarat ketidakadilan terkait hukum di Indonesia. Band ini hadirkan kasus-kasus yang pernah terjadi, seperti yang menimpa Munir dan Wiji Thukul. Lagu ini pun sesuai dengan judul albumnya yang telah rilis pada 2013 lalu sebagai album ke-6 mereka.

Nahitu dia,Sobderetan lagu yang bakal bikin jiwa demokrasilomemuncak. Semoga nggak cuma di lirik lagu aja ya rasa demokrasi berkobar.

(Dewi Rachmanita Syiam)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya