Jangan Salah, Begini Cara Merawat Sneakers Berdasarkan Jenisnya

Kamis, 22 Februari 2018 | 09:49
Hai Online

Sneakers milik Kurt Cobain

HAI-online.com - Ada perbedaan mendasar yang membedakan antara sepatu dan kaos. Yakni, kaos punya kandungan yang membuatnya lebih gampang untuk dirawat. Gampangnya, dengan bahan tersebut, kita bisa dengan mudah mencucinya di mesin cuci, lalu jemur, deh. Yap, semudah itu.

Namun, jangan coba-coba menerapkan cara seperti itu untuk merawat si alas kaki. Buat yang belum tahu, sepatu punya bahan yang bermacam-macam. Mulai dari suede, canvas, sampai leather. Pun dengan cara merawatnya. Tiap jenis bahan butuh perlakuan yang berbeda-beda. Salah perlakuan, taruhannya sepatu kesayangan, bro!

Terus, gimana kalau terlanjur kotor? Santai aja. Dengan beberapa perlakuan tertentu, sepatu kita bisa terlihat seperti baru. Anggap aja sepatu, tuh, kayak pacar kita. Mereka perlu kasih sayang dan perhatian. Ciyeee….

Dari pada bingung, HAI abis ngobrol sama ahlinya. Namanya Radit dari Shoebible, jasa cuci sepatu yang berlokasi di Pasar Santa, Jakarta. Nggak pake lama, langsung aja, nih.

Suede

Suede
Suede merupakan leather yang dibalik dan disamak pada bagian dalamnya. Kalau jadi sepatu, kulit sepatunya nampak seperti beludru gitu. Nah, ini merupakan salah satu bahan sepatu yang cukup sulit untuk metode perawatannya. Bahkan, nggak semua cairan cuci sepatu yang dianjurkan cocok untuk bahan jenis ini. Waduh….

“Misalnya kena air, dilap aja pakai air bersih tapi jangan terlalu basah. Oh ya, jangan ngeringin sepatu di bawah sinar matahari langsung. Angin-anginin aja, bro. terus, jangan sekali-kali menyikat bahan suede. Bulunya bisa mati!” ujar Radit.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan agar kita nggak menyimpan sepatu ini di tempat yang lembab. Alasannya sederhana. Biar sepatu kita nggak berjamur, plus, menjaga kelembaban bahan kulit supaya nggak pecah. Tuh!

BACA JUGA:Vans dan Nike Bakal Jadi Tren Sneakers 2018, Udah Pada Punya Belum?

Canvas

Canvas
Canvas teksturnya lebih tebal dan kasar. Warna - warna yang dihasilkan lebih mencolok dibandingkan dengan suede. Biasanya, bahan ini sih lebih tahan lama dibandingkan suede.

“Cuci biasa saja juga bisa sebenarnya. Tapi harus hati-hati juga, soalnya ada beberapa model canvas yang warnanya bisa luntur kalau dicuci,” ujarnya.

Leather

Leather
Seperti namanya, sepatu leather ini dibuat dari kulit. Kulitnya juga macam-macam lho. Ada yang kulit hewan asli, ada juga yang imitasi.

“Setelah dipakai, dilap kering, lalu disemir dan diangin-angini. Dan jangan kena sinar matahari langsung,” imbuhnya menegaskan.

Running shoes

Running shoes
Umumnya, sepatu jenis ini dibuat dengan menggunakan nylon untuk mengurangi beban agar lebih ringan saat digunakan.

“Kalau habis dipakai cukup diangin-angini dan sikat dengan sikat yang lembut. Kalau nggak punya sikat khusus, pakai sikat gigi juga bisa,” tuturnya.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya