3 Contoh Surat Pengantar Kerja Buat Kalian yang Baru Lulus Kuliah

Senin, 04 September 2017 | 09:11
Alvin Bahar

Kerja di Rumah

Lulus kuliah bukanlah suatu akhir. Justru setelah lulus kuliah, lo akan menghadapi dunia yang sesungguhnya. Tsaaaaah.

Buat menghadapi dunia kerja yang semakin ketat persaingannya, ternyata nggak cuma butuh skill doang guys. Surat pengantar kerja juga bakal jadi pertimbangan lho.

Sayangnya, biar udah bikin makalah berkali-kali, masih banyak lho mahasiswa fresh graduate yang bingung bikin surat pengantar lamaran kerja.

Nah, HAI punya nih 3 contoh "cover letter" buat mendukung karier lo dilansir dari Jobstreet. Cek ya!

Contoh Surat Pengantar 1 - dengan pengalaman magang, versi print.

(Alamat anda)

(Tanggal)

(Nama Penerima)

(Jabatan)

(Alamat)

Yang terhormat (titel & nama)

Saya menulis surat ini untuk menyampaikan ketertarikan saya pada jabatan Asisten Perekrutan di perusahaan anda yg terpandang.

Saya baru saja mendapatkan gelar sarjana di Administrasi Bisnis, jurusan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dari Universitas XYZ, saya berharap dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya untuk perusahaan anda yang inovatif.

Sebagai seorang pelajar Administrasi Bisnis, jurusan Manajemen SDM, saya telah dilengkapi dengan ilmu penting yang datang bersamaan dengan jabatan yang berkaitan dengan perekrutan tenaga kerja, organisasi pekerja, pelatihan personel dan kompensasi juga legal provisions dan masalah ketenagakerjaan lainnya.

Pengalaman magang saya di Perusahaan ABC yang juga telah menambah keterampilan yg memadai untuk bekerja dengan beberapa professional di perekrutan dan industri SDM. Selama masa 4 bulan magang, membangun antusias dan semangat pada SDM dan kemudian meyakinkan saya bahwa manajemen SDM adalah panggilan hati saya.

Beberapa pencapaian telah saya raih selama magang, termasuk menjadi pimpinan proyek untuk kegiatan ikatan olah raga perusahaan. Saya bekerja sama dengan pekerja magang lainnya dan kami sukses mengatur sebuah darmawisata untuk 100 karyawan. Kami memperoleh penilaian 95% baik hingga sempurna dari hasil survey yang kami laksanakan kepada karyawan tersebut setelah acara selesai.

Sebagai rincian tambahan terkait dengan kualifikasi dan keahlian saya, mohon tinjau kembali lampiran surat ini.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya ingin sekali mendengarnya dari anda.

Hormat kami,

(tanda tangan)

(nama anda)

(alamat email dan nomor kontak anda)

Suasana kerja biro desain north kreatif
Contoh Surat Pengantar 2- dengan pengalaman magang, versi email.

Subjek email: (nama anda) untuk (jabatan)

(catatan: buat judul email yang singkat dan lugas, tapi menggarisbawahi kunci dari informasi guna menarik perhatian perekrut: sebagai contoh, nama anda dan jabatan yang anda lamar).

Yang terhormat (salam & nama)

Saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya untuk melamar jabatan sebagai Penghubung Pemasaran yang baru saja tersedia di perusahaan anda.

Saya yakin bahwa gelar saya di Administrasi Bisnis jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ telah mempersiapkan saya untuk jabatan ini. Sebagai seorang pelajar, saya telah dilengkapi dengan ilmu dan keterampilan yang penting untuk membantu mengembangkan dan membuat strategi pemasaran yang efektif.

Selama 6 bulan saya magang di perusahaan ABC bagian pemasaran, saya belajar bagaimana perusahaan menentukan produk atau jasa untuk dijual, bagaimana cara mencapai target demografis dengan alat bantu peralatan analisa dan bagaimana merespon beberapa ancaman dari kompetitor. Lebih pentingnya lagi, saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan professional yang mengajari saya bagaimana cara mendapatkan konsep pemasaran dengan mudah dan tepat waktu, bagaimana cara menghadapi situasi sulit dalam mencapai tujuan.

Saya juga mengenalkan diri saya dengan jenis keterampilan yang luas yang mempermudah saya untuk bergabung dengan budaya kelompok atau tim dan untuk berjuang secara berkelanjutan untuk mencapai hasil ditengah-tengah kegagalan dan kemunduran.

Pencapaian saya yang paling membanggakan selama magang ialah mengorganisir pemasaran gerilya untuk produk yang baru diluncurkan. Saya mengamankan sebuah tempat di Mal Perbelanjaan GHI dan kami melaksanakan eksperimen sosial untuk memperkenalkan produk baru. Kami menerima respon yang luar biasa positif dari pembeli dan 50% dari pembeli akhirnya membeli produk kami saat itu.

Selain itu, peran aktif saya di banyak kegiatan akademis dan ekstrakulikuler telah banyak membantu saya dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan, yang mana sangat penting dalam mencapai kesuksesan di dunia perusahaan.

Bersama surat lamaran ini, saya melampirkan resume saya sebagai pertimbangan anda. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk mengkaji surat lamaran saya dan saya sangat berharap balasan anda sehingga kita dapat membicarakan lamaran saya lebih jauh.

Hormat kami

(nama anda)

(alamat email anda & nomor kontak)

Ilustrasi
Contoh Surat Pengantar 3- tanpa pengalaman magang, versi cetak

(alamat anda)

(tanggal)

(nama penerima)

(jabatan pekerjaan)

(alamat)

Yang terhormat (salam & nama)

Mohon terima resume saya sebagai lamaran untuk jabatan terbuka sebagai Asosiasi Penjualan di perusahaan anda. Sebagai mahasiswa yang baru lulus dari Administrasi Bisnis, jabatan tersebut terlihat begitu pas dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan minat karier saya.

Menjadi mahasiswa di Universitas XYZ, saya tidak hanya mempertahankan nilai yang sempurna tapi saya juga menjadi anggota tim sepak bola sekolah yang sangat kompetitif dan sukses.

Latar belakang saya sebagai seorang pelajar dan atlit telah mengajarkan saya untuk menjadi disiplin dan focus, yang mana saya seorang yang percaya diri, merupakan satu dari kualitas penting yang dibutuhkan oleh semua professional di industry niaga. Pengalaman saya bekerja dalam lingkungan kelompok juga telah menanamkan nilai-nilai kerja sama.

Sebagai seorang anggota dalam kelompok, saya juga sangat berkontribusi dalam meningkatkan moral, semangat, dan keterikatan para anggota di tim kami dalam berbagai kegiatan yang saya selenggarakan. Dari skala 1-10 (10 menjadi nilai tertinggi), tim kami mendapatkan nilai 8 untuk ‘kesuksesan kegiatan dalam hal keterikatan’. Melalui segenap pencapaian saya sebagai seorang pelajar dan atlit, terbukti bahwa saya adalah orang yang bersemangat dan berdedikasi dalam setiap hal yang saya kerjakan.

Meskipun ini akan menjadi yang pertama kalinya saya bekerja di bidang perniagaan, saya cukup percaya diri bahwa dengan keterampilan dan kemampuan, saya bisa belajar dengan cepat dan berpengaruh langsung terhadap tim anda dan juga perusahaan.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya ingin sekali mendengarnya dari anda.

Hormat kami,

(tanda tangan)

(nama anda)

(alamat email anda & nomor kontak)

Nah, kira-kira gitu guys formatnya. Semua informasi yang tertera bisa banget lo ganti dengan informasi sesuai kemampuan, skill, dan seputar diri lo ya. Ingat guys, cover letter juga berpengaruh terhadap karier. See you on top guys! (Agung)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya