5 Fakta Tentang Pramuka Yang Sering Terlupakan

Senin, 14 Agustus 2017 | 06:52
Rizki Ramadan

Anggota Pramuka Sedang Melakukan Upacara

Tepat pada hari ini Senin (14/8) Pramuka Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-56. Pada tahu nggak sih sebenarnya Pramuka tuh sejarahnya gimana? Penasaran kan? Kuy, HAI punya 5 fakta unik seputar Pramuka.

1. Pramuka Digagas Orang Luar Negeri
Bapak Pramuka
Ternyata Pramuka bukanlah gerakan yang cuma ada di Indonesia. Tapi juga ada di luar negeri. Penemunya juga bukan orang Indonesia lho guys. Namanya Robert Baden-Powell. Pada dasarnya, Powell merupakan prajurit militer Inggris yang mendirikan gerakan pemuda yang dikenal sebagai scouts movement pada tahun 1907.Inspirasinya dalam mendirikan pramuka adalah organisasi Boys’ Brigade yang digagas oleh Sir William Alexander Smith.
Gerakan pemuda tersebut meluas hingga sampai di Indonesia,guys. Berkat jasanya, ia terpilih dalam daftar 20 orang berpengaruh di Inggris.
2. Sebelum Pramuka, Namanya adalah "Kepanduan"
Pramuka, anak sekolah, sma,
Sebelum bernama Pramuka, gerakan pemuda ini bernama Kepanduan. Nama pramuka sebenarnya berasal dari kata “poromuko” yang artinya “pasukan terdepan dalam perang”. Nama tersebut diberikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dalam rapat di Ciloto pada 1960 guys. Dalam rapat tersebut, ada juga Menteri Prijono yang mengusulkan kepanduan dengan nama “pionir muda”.
3. Pramuka Menekankan Kedisiplinan
Pramuka, anak sekolah, sma,
Jangan heran kalo kegiatan Pramuka mirip-mirip militer. Karena Pramuka menekankan kedisiplinan sejak kecil. Kedisiplinannya pun ke arah militer. Pakaian dan atribut harus lengkap.
Selama Perang Dunia II, organisasi pramuka dunia melatih lebih dari 50.000 anggota pramuka untuk melakukan pekerjaan nasional yang terkait dengan perang. Misalnya, pekerjaan menjadi kurir bagi polisi, pembawa tandu, dan pemadam kebakaran. Para pemuda itu dilatih untuk mengahadapi situasi genting, guys.
4. Kelapa Punya Banyak Manfaat
Logo Pramuka
Nah, buat yang nggak tahu kenapa kelapa dipilih sebagai lambang Pramuka, karena kelapa memiliki banyak manfaat guys. Dari akar, batang, hingga akar, semua punya khasiat tersendiri.Misalnya, batangnya dapat digunakan untuk sebagai material bangunan, sedangkan buahnya untuk dimasak dan dijadikan minyak atau obat.
So, anak-anak muda diharapkan bisa menjadi generasi penerus yang bermanfaat buat orang lain!
5. Banyak Diangkat Jadi Film.
Russel di film UP
Pramuka juga banyak menginspirasi berbagai budaya populer, guys, terutama film. Di Indonesia, ada film 5 Elang yang menceritakan tentang petualangan anggota pramuka. Sedangkan di luar negeri, ada film animasi Up yang terinspirasi dari gerakan pramuka.
Selain itu ada Indiana Jones, tokoh fiktif dalam film petualangan terkenal berjudul juga merupakan seorang anggota pramuka. Wow! FYI nih guys, gerakan pramuka juga menjadi inspirasi komikus ternama Georges Remi atau Hergé dalam menciptakan tokoh Tintin yang legendaris. Tintin ini telah diangkat menjadi film dan serial TV.
Penulis: Agung Mustika

Tag :

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya