Awas, Jerawat Kini Ada di Punggung Juga! Hindari 7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Jerawat Muncul di Punggung

Jumat, 11 Agustus 2017 | 02:45
Alvin Bahar

Jerawat di Punggung, Ini Cara Merawatnya

Jerawat nggak cuma bisa ada di wajah lho, tapi bisa muncul di punggung juga.

Nggak mau kan pamer perut sixpack tapi punggungnya jerawatan? Kalo mau punggung tanpa jerawat, ada kebiasaan yang harus dihindari nih.

Berikut tips menghindari jerawat di punggung yang dilansir dari Kompas.com.

1. Jangan Pake Pakaian Penuh Keringat Lebih dari 15 Menit

Buat lo yang suka banget olahraga, pastikan bawa baju ganti yang cukup ya. "Berkeringat usai olahraga berat dapat menyebabkan jerawat punggung jika Anda membiarkan pakaian penuh keringat menyentuh kulit terlalu lama," kata dokter kulit Anthony M. Rossi, MD, dari New York Presbyterian Hospital.

Beristirahat selama 20 menit menggunakan pakaian lembab, itu juga udah bikin bakteri berkembang dan menginfeksi kulit. Hiii..

2. Memilih Pakaian yang Keliru

Beberapa jenis bahan pakaian bikin kulit sulit bernapas bila digunakan untuk olahraga lho.

Contohnya kayak spandex yang dapat menyebabkan jerawat karena berasa lembab kalo lagi dipake pas keringetan, kata Rossi.

So, kalo olahraga udah jadi rutinitas pastikan lo pakai baju olahraga yang bagus.

3. Punggung Nggak Dibersihin

Bagian punggung bisa dibilang bagian yang sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh. Makanya nih guys, daerah punggung kerap terlewat ketika dibersihkan.

Nah untuk menghindari adanya penumpukan kulit mati, kotoran, dan minyak yang terakumulasi di kulit punggung, manfaatkan sikat atau spons mandi bergagang panjang.

4. Malas Pakai Scrub

Buat cowok-cowok yang bilang scrub cuma buat cewek, lo salah besar. Karena kenyataannya, kulit cowok butuh sama scrub!

“Scrub tak hanya untuk wanita. Bagi pria yang rentan alami jerawat punggung, mengaplikasikan scrub tubuh di daerah punggung setidaknya seminggu sekali cukup untuk membantu menyingkirkan akumulasi kulit mati di punggung yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat," kata Rossi.

5. Tehnik Cukur Rambut yang Keliru

"Jika Anda memiliki rambut di sekitar punggung, pastikan untuk menggunakan teknik mencukur yang meminimalkan jerawat," kata Rossi.

Beberapa pisau cukur ternyata dapat memotong rambut pada sudut yang lebih tajam dan meningkatkan risiko rambut tumbuh ke dalam dan menyebabkan iritasi kulit. Berabe kan?

6. Nggak Bersihin Pisau Cukur yang Dipakai

Ini juga suka kelewat nih. Pisau Cukur yang baru saja dipakai, harus segera dibersihkan lho.

"Penting untuk selalu membersihkan pisau cukur untuk memastikan tidak ada bakteri tertinggal yang dapat menyebabkan infeksi atau jerawat," kata Rossi.

Setelah mencukur, pastikan lo ngebilas pisau cukur dengan air dan tepuk-tepuk hingga kering. Kalo pisau listrik, tiup rambut atau benda apapun yang menempel.

7. Memakai Pakaian Olahraga 2 kali Tanpa Dicuci

Meskipun kebanyakan cowok santai akan penampilan, pake kaos olahraga yang sama selama dua hari berturut-turut bukanlah pilihan sehat guys.

"Pastikan untuk mencuci pakaian olahraga Anda secara teratur karena penumpukan bakteri dari keringat pada pakaian bisa menyebabkan iritasi kulit dan jerawat," kata Rossi.

Kalo misalnya jerawat kistik (jerawat besar dan menyakitkan yang tidak hilang dengan gaya hidup sehat atau obat jerawat di toko) datang aja ke dokter kulit biar nggak ganggu kenyamanan maupun penampilan lo. (Agung)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya