Selain Gerhana Bulan, Ini 5 Fenomena Langit yang Wajib Ditunggu di 2017

Selasa, 08 Agustus 2017 | 07:06
Alvin Bahar

Gerhana Bulan Parsial

Pada Senin (7/8) kemarin, masyarakat Indonesia kedatangan sebuah fenomena langit yang langka, yaitu gerhana bulan sebagian.

Yap, Fenomena ini terjadi karena sebagian bulan masuk dalam bayang-bayang bumi.

Nah, ternyata, ada juga fenomena alam lain yang akan terjadi di sisa tahun 2017 ini. Coba cek yuk!

1. Hari tanpa bayangan.

Wah maksudnya apanih? Jadi hari tanpa bayangan matahari terjadi saat matahari berada di atas sebuah tempat. Peristiwa ini terjadi saat tengah hari saja sob!

Peristiwa ini akan terjadi di beberapa waktu yang berbeda. Di Kota Medan, peristiwa ini akan terjadi pada 13 September pukul 12.21, di Jakarta pada 9 Oktober pukul 11.40, dan Jogjakarta pada 13 Oktober pukul 12.05

Buat ngecek waktu yang lebih jelasnya, coba cek di situs http://time.is.

2. Hujan Meteor

Siap-siap Lihat Meteor di Indonesia!
Hujan meteor merupakan fenomena yang cukup sering di Indonesia. Tahun ini, akan ada 3 peristiwa hujan meteor yang bakal keliatan dari Indonesia sob.

Yang terdekat bakal terjadi pada 12 Agustus malam, akan ada Hujan meteor Perseid. Lalu pada 21 Oktober akan ada hujan meteor yang asalnya dari debu-debu komet Halley. Sedangkan pada 14 Desember nanti, akan ada hujan meteor Geminid.

Ketiga hujan meteor itu akan bisa terlihat antara pukul 21.00 hingga 23.00.

3. Supermoon

Supermoon adalah fenomena dimana bulan akan terlihat 12 persen lebih besar dari biasanya. Hal ini dikarenakan jarak bulan dan bumi sedang dekat-dekatnya.

Pada November 2016 lalu, fenomena Supermoon sebenarnya telah terjadi di Indonesia. Namun, pada 3 Desember nanti, Supermoon akan kembali terlihat di Indonesia.

4. Kencan antar Planet

Planet
Walaupun judulnya terdengar agak gimana, tapi fenomena ini beneran terjadi. Fenomena ini terjadi akibat dua planet yang jaraknya terlihat amat dekat dari bumi.

Pada 13 November nanti, planet Venus akan terlihat saling berpangku dengan si planet raksasa Jupiter.

Sedangkan pada 31 Desember nanti, Jupiter juga akan kencan dengan si planet merah Mars. Pas banget sambil ngerayain tahun baru!

5. Segitiga antar Planet

Ilustrasi
Pada saat-saat tertentu, planet-planet akan terlihat saling berdekatan dan membentuk sebuah formasi yang menarik jika terlihat dari bumi.

Pada 15 Desember nanti, Indonesia akan dipamerin sebuah segitiga yang terbentuk dari planet Jupiter, Mars, dan juga Bulan yang akan posisinya saling berdekatan.

Wah banyak juga ya sob! (Lingga)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya