3 Hal Yang Pasti Dialami Pelajar SMA Yang Baru Naik Ke Kelas XII

Jumat, 04 Agustus 2017 | 08:11
Rizki Ramadan

Ada beberapa guru yang cara ngajarnya tuh malah bikin kita malas belajar. Duh!

Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah. Yups, bener banget nih guys! Masa-masa sekolah bisa jadi masa yang mana kita bisa gila-gilaan bareng temen-temen. Pergi dan nginep sana-sini. Nge-game bareng temen-temen pulang sekolah.Sayangnya, masa sekolah (SMA) nggak bisa terus-menerus dijalani. Karena emang nggak mungkin banget guys! Life must go on. Kira-kira begitulah yang seharusnya dijalani.

Nah, tantangan masa SMA tuh emang menumpuk saat kita udah mulai masuk kelas XII. Kita harus berjibaku mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir dan ujian perguruan tinggi nanti; di satu sisi kita juga mesti berhadapan sama situasi psikologi kita yang lagi bergejolak banget. Ada keinginan untuk bermain, menggali bakat dan mengembangkan minat, tapi nggak pengen buang-buang waktu juga untuk belajar.

Tiga hal ini lah yang biasa dihadapi anak SMA yang mulai menginjak masa kelas XII.
1. Dilema Antara Belajar Dan Menggeluti Minat
Suka nggak suka, anak kelas 3 harus menghadapi 'cobaan' ini. Tiap kali ada ajakan ngeband, hiking, atau dateng ke acara tertentu pasti mikirnya jadi panjang. Mau ngegelutin hobi, tapi ngerasa bersalah karena udah buang waktu belajar. Abis, mau gimana, di ujung kelas tiga nanti kan kita bakal berhadapan sama ujian nasional dan yang paling "ngeri" adalah tes seleksi PTN.
Udah gitu, ortu pasti agak maksa lo untuk ikut bimbingan belajar.Widya Salsabila siswi SMAN 3 Depok sedikit curhat soal menghadapi UN. Salah satu caranya dengan mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel). "Kalo gue ikut bimbel nggak cuma fokus di UN, tapi karena gue mau kuliah lintas jurusan.
Namun ada juga teman-teman kita yang tidak mengikuti bimbel, tetapi punya cara lain demi sukses UN. "Setidaknya, di kelas 3 ini gue punya niat untuk belajar lebih rajinlah. Biasanya cuma foto papan tulis, sekarang mesti nyatet hehehehe," ujar Ahmad Alif SMAN 4 Surabaya. Lebih jauh lagi, Alif selalu rajin meminta saran dari kakak kelas, entah itu soal-soal dari kakak kelas yang satu sekolah maupun beda sekolah.
2. Mulai Mikirin Mau Kuliah Apa dan Di mana
Ini yang nggak kalah penting nih. Kelanjutan seusai SMA. Ada banyak pilihan yang bisa lu lakukan seusai SMA, salah satunya kuliah. Dua temen kita ini juga berbagi cerita soal kampus yang mereka idamkan. "Pengennya sih di Sorbonne Paris tapi karena keadaan keluarga lagi nggak memungkinkan jadi gue tunda dulu," ujar Widya. Lebih lanjut, Widya menargetkan buat kuliah di UGM, Unbraw, Unair, Udayana dan Unpad. Ia tertarik untuk ambil jurusan filsafat.
"Kalo gue, karena suka sama isu-isu internasional gue pengen banget kuliah hubungan internasional Unbraw atau Unair", tutur Alif. Lebih jauh lagi Alif curhat soal usahanya demi mencapai hal itu.
"Untungnya gue ketemu kakak kelas yang nggak ikut bimbel tapi lolos PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Jawa Timur," jelas Alif.

3. Mulai Bijak Mikirin Finansial Keluarga

Nggak semua dari anak terlahir yang mampu. Biaya kuliah yang tidak sedikit juga harus jadi pertimbangan mereka nih dalam memilih kuliah. "Kalo keluarga gue yang penting universitas negeri," tutur Widya.
Sedangkan Alif sebenarnya dibebaskan oleh orangtuanya untuk mengambil kuliah di mana aja. Hanya saja, ia sudah memiliki kesadaran untuk ambil kuliah di PTN. "Ortu bilang kamu sudah besar, tau mana yang harus dilakuin dan nggak," kata Alif.
Nah, buat lo yang mau menghadapi UN dan punya kampus idaman, HAI punya beberapa tips nih.
1. Jangan Overthinking
So santai aja ngadepin UN atau SMBPTN. Anggap aja ujian kayak gitu kayak ulangan sehari-hari aja. Dan jangan beranggapan kalau nggak keterima di PTN idaman, kalian nggak bisa punya masa depan. Dunia nggak sesempit daun jeruk guys!
2. Jangan Males Cari Informasi
Nah, kalo lu punya pergaulan yang luas dengan kakak kelas, itu modal yang bagus juga. Tanya kakak kelas lo, soal UN tahun lalu gimana dan kulik informasi PTN sama kakak kelas. Sekarang kan ada internet juga tuh. Jadikan internet buat nyari informasi.
3. Jangan Males Buat Minta Tolong
Nah, biar lo nggak merasa berjuang sendirian, belajarlah sama temen-temen lo! Keren kalau bisa sekolah bareng, main bareng, dan lulus bareng. Cari juga temen-temen yang sekiranya jurusan dan kuliahnya bakal bareng.
Itu aja ya guys! Selamat berjuang mempersiapkan UN dan ujian masuk kampus idaman lo.
(Penulis: Agung Mustika)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya