Menurut Penelitian, Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Merinding Liat Foto Kayak Gini

Sabtu, 17 Maret 2018 | 08:27
Hai Online

Trypophobia

HAI-online.com - Apa yang lo rasain kalau liat foto bunga teratai ini, guys? Apakah lo ngerasa nggak nyaman, bahkan sampai merinding? Well, kalau iya, lo nggak usah takut. Soalnya, lo nggak sendirian, kok.

Jadi, apa yang lo alami itu bernama trypophobia.,Secara garis besar, trypophobia sendiri merupakan ketakutan atau rasa jijik saat kita melihat kumpulan lubang atau benjolan-benjolan.

BACA JUGA:3 Hal yang Mengancam Eksistensi Manusia Menurut Stephen Hawking

“Trypophobia lebih mirip dengan rasa jijik daripada takut, dan rasa jijik itu kayaknya merupakan reaksi berlebihan terhadap kontaminan yang potensial,” ujar Arnold Wilkins, seorang psikolog di Univesity of Essex kepada Tech Insider.

Ternyata, nih, guys, orang-orang yang jijik kalau ngeliat kumpulan lubang ini ternyata nggak sedikit, loh. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ada sekitar 18 persen perempuan dan 11 persen laki-laki (atau sekitar 15 persen populasi dunia).

Lebih lanjut, para peneliti juga mengungkapkan bahwa rasa nggak nyaman terhadap gambar-gambar trypophobia kayaknya merupakan respon naluriah terhadap karakteristik visual daripada hasil pembelajaran manusia terhadap hewan yang beracun.

Gampangnya, reaksi itu merupakan fitur primitif dari otak manusia yang nggak bisa dijelaskan, seperti rasa nggak nyaman saat mendengar bunyi kuku yang menggores papan tulis. Ngilu!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya