Wawancara Teddy Adhitya: Antara Quarter Life Crisis, Traveling, dan Semangat Bermusik

Kamis, 06 Juli 2017 | 04:15
Rizki Ramadan

Teddy Adhitia

Hujan nggak bikin surut semangat cewek-cewek yang lalu lalang di restauran di daerah Prapcanca, Jakarta Selatan untuk buka bersama bareng idola mereka: Teddy Adhitya, penyanyi yang baru aja ngeluarin album di tahun ini ternyata hari itu (21/6) ulang tahun ke 25.

Ya, Teddy Adhitya emang nggak salah kalau disebut sebagai panutan anak muda zaman sekarang. Musik popnya yang asik itu, serta gayanya yang hits abis itu, dan perawakannya yang mirip Kunto Aji ini, emang patut diacungi jempol, sih. Hati-hati aja sih, cewek lo jadi kesengsem sama doi, bro. hehe.

Karena itu, di hari ulang tahunnya itu, Hai menyempatkan diri untuk wawancara Teddy. Kami ngobrolin tentang perjalanan musiknya, tentang masa SMAnya yang seru dan soal gimana cara menjadi seorang cowok yang diidolain kaum hawa. Simak.

Halo Teddy, ceritain dong awal mulanya lo bisa main musik.

Gue main musik justru awalnya pas SMA gue tuh main drum di band. Nah, suatu hari vokalis di band gue itu sakit dan gue gantiin dia. Temen-temen gue juga dorong gue karena biasanya kalo mandi kan gue sering nyanyi-nyanyi terus temen-temen pada denger. Nah, akhirnya gue jadi vokalis dan ternyata di sorakin di depan panggung lebih enak daripada di belakang, haha.

Gimana sih masa-masa SMA lo dulu?

Gue SMA pindah-pindah dan yang pasti nggak di Jakarta. Soalnya gue dulu pas SMA atlet tennis dan peringkat 5 nasional, jadi masa-masa SMA gue jarang main. Gue pagi latihan, trus sekolah, pulang sekolah latihan.

Wah tantangannya apa tuh?

Ya tantanganya komitmen sama diri sendiri sih. Karena kan waktu SMA ya cenderung pengen nonkrong lah, main sama temen-temen. Jadi ya tantanganya gitu, gimana harus bisa komitmen sama diri sendiri.

Gimana sih asal mulanya lo bisa “booming” kayak sekarang dan perjalanan karier lo.

Gue pertama kali main musik tahun 2008, itu jadi backing vocal dulu. Trus 2010 gue sempet punya grup bareng Kunto Aji, Adera, sama Beboy Sevensoul namanya Boyz II Boyz, gue sempet main sama Barry Lukumahuwa Project juga sampe akhirnya 2016 gue memutuskan untuk solo karier. Karena gue tau cowok di umur 25 tahun ada yang namanya quarter life crisis, ketika umur 25 tahun ini buat cowok umur-umur yang lumayan “bahaya” kalo kita nggak tau apa yang kita perjuangkan dan tuju, karena di umur segitu cowok tuh ngerasa “hilang”, kayak gue harus ngapain nih? Itu dia kenapa gue mau bikin album di umur 25 supaya gue punya sesuatu yang nggak hilang dan gue udah persiapan dari lama, 9 tahun lah. Butuh persiapan lama buat bikin album ini karena gue nggak mau bikin album yang sembarangan. Waktu yang panjang deh buat nyiapin secara mateng album ini.

Album lo kan banyak bercerita tentang kisah cinta lo dan cewek, ceritain dong itu gimana?

Haha gimana, ya, kan tiap kisah cinta orang beda-beda ya. Gue orang yang ekstrovert kalo udah main musik dan nulis lagu, jadi gue suka cerita yang gue alamin lewat musik, nah itu alasannya. Soalnya kan yang paling gampang ceritain hubungan percintaan dibanding hubungan sama keluarga atau kehidupan sehari-hari karena itu kan sebenernya lebih private ya .

Pengalaman paling seru lo saat SMA apa sih?

Gue dulu pernah pecahin botol kecap di kepala orang. Hahaha. Gara-gara temen gue dipukul, jatoh dan pengen dipukul lagi pake batu bata, jadi gue belain dia gitu. Ada botol kecap dan dari belakang gue pecahin aja ke kepalanya “prakkk!”. Orangnya nggak mati, haha, abis itu gue cuma dipanggil guru BP (bimbingan konseling) doang dan gue tanggung jawab. Yang penting apapun yang kita lakukan tuh harus tanggung jawab, separah apapun tanggung jawab.

Apa Pengalaman Paling Seru Lo Pas Manggung ?

Hmm, apa ya? Tiap manggung beda-beda sih pengelamannya. Oh iya! Pengalaman paling seru pas manggung tuh pas acara kampung jazz di Bandung, sempet berkolaborasi bareng Tulus sama Kunto Aji, kita bikin akapela gitu nge-medley lagu gue, lagu Aji, dan lagu Tulus. Itu seru banget dan itu nggak direncanakan! Kami bertemu di belakang panggung trus langsung aja bikin.

Apa Rencana lo Kedepannya?

Gue lagu merencanakan tur untuk album ini “Nothing is Real” dan bakalan tur nasional. Rencananya sih 7 kota. Rencananya juga abis tur kan materi buat album ke 2 udah siap, udah kekumpul 27 lagu dan gue harus menyusun konsep lagu lagi.

Di tahun 2016 ini, buat ngerjain album ke 2 ini gue sering “kabur” ke Lombok, Bali, Belitung, Bandung, yang penting nggak di Jakarta. Tujuannya supaya gue ada waktu ngobrol sama diri sendiri dan mikirin yang gue mau tuh kayak gimana. Jadi rencananya juga setelah tur dalam waktu dekat ini gue bakal tinggal sebulan di Bali untuk konsepin album ke 2, supaya pas pulang ke Jakarta tinggal “bungkus” sih.

Terakhir Nih Ted, 3 hal yang harus di punya oleh seorang cowok sejati.

1.Kita harus tau kita mau apa dan jadi apa.

2.Kita harus sadar banget kemampuan kita.

3. Tanggung jawab kita sebagai cowok.

Itu semua menurut udah kunci kemenangan yang dipunya cowok dari segala hal di hidup kita.

Wah makasih banyak nih, bro! Banyak banget ya cerita seru dan pelajaran hidup yang didapet dari seorang Teddy Adhitya. Nih buat lo cowok-cowok harus camkan tiga hal terakhir biar lo sebagai cowok punya tujuan hidup yang jelas dan nantinya bakal berguna buat sesama lo dan sekitar lo juga. Paling penting nggak usah galaulah trus minum pil koplo joget-joget kayak uler piton, mending kita anak muda berkarya dan buat sesuatu yang baik buat hidup kita. Selamat ulang tahun Teddy! Sukses buat tur dan albumnya.

(Reporter: Felix Anggit)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya