5 Bintang Sepak Bola yang Pernah Dipenjara, Ronaldo Berikutnya?

Senin, 03 Juli 2017 | 04:10
Alvin Bahar

Selesai di Madrid Ronaldo Ingin Balik ke MU

Dunia sepak bola belakangan heboh dengan kasus penggelapan pajak yang melibatkan pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Ya, menurut laporan Marca, Ronaldo udah tiga tahun nggak membayar pajak kepada pemerintah Spanyol, yakni sejak 2011 hingga 2013.

Hutang pajaknya pun diperkirakan berada di kisaran 8 juta sampai 15 juta euro.

Kementerian Keuangan Spanyol atau biasa yang disebut Gestha mengatakan, Ronaldo terancam dijerat hukuman penjara selama enam tahun akibat kasus tersebut.

Masa hukumannya sebenarnya bisa mendapatkan pengurangan 15 bulan, andai Ronaldo mau mengakui dan membayar kembali jumlah hutang pajaknya.

Nah, melihat segala pemberitaan ini, bukan nggak mungkin kalo Ronaldo akan benar-benar mendekam di balik jeruji. Apalagi sebelum Ronaldo, ada lima pesepakbola hebat yang telah lebih dulu merasakannya.

Kisah-kisah mereka seakan jadi bukti nyata, bahwa hukuman penjara bisa menimpa siapa saja, termasuk pesepakbola yang dianggap sebagai 'pemain bintang'.

Berikut ulasan mengenai lima pesepakbola hebat yang pernah mendekam dipenjara. Cekidot!

1. George Best

Nggak perlu diraguin lagi, mendiang George Best merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah menghiasi dunia sepak bola.

Sejak 1963 sampai 1974, ia kerap mempertontonkan aksi menawannya dalam mengolah si kulit bundar bersama Manchester United.

Namun, satu dekade pasca meninggalkan Setan Merah, tepatnya 1984, Best harus melewati malam natalnya di balik jeruji penjara Pentonville, Inggris.

Ia mendekam selama 12 minggu, akibat menyetir dalam keadaan mabuk dan menyerang seorang polisi.

2. Diego Maradona

Pamor kebintangannya sudah begitu mendunia. Diego Maradona memang merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah menghiasi keseruan arena lapangan hijau.

Namun, menjelang gelaran Piala Dunia 1994, Maradona tiba-tiba mengamuk dengan menembakan senapan angin ke arah kerumunan reporter dan fotografer. Alhasil, ia harus mendekam di penjara selama 2 tahun 10 bulan.

3. Rene Higuita

Jauh sebelum Manuel Neuer, ada seorang penjaga gawang hebat asal Kolombia bernama Rene Higuita.

Ia kerap mempertontonkan aksi akrobatik dalam menangkis serangan lawan, bahkan sesekali Higuita juga pernah mencetak gol.

Nah, pada Piala Dunia 1994 silam, timnas Kolombia tentu akan mengandalkan Higuita di bawah mistar gawang. Namun, hal tersebut nyatanya hanya jadi impian belaka.

Ya, Higuita gagal tampil bersama timnas Kolombia lantaran harus mendekam di balik jeruji penjara.

Kala itu, ia terlibat kasus penculikan anak kecil berusia 11 tahun.

4. Tony Adams

Pemain satu ini merupakan legenda sekaligus bek tangguh yang pernah dimiliki Arsenal.

Ketenangan dalam mengawal lini belakang, membuat Tony Adams begitu disegani oleh rekan-rekan setimnya, atau bahkan juga para lawannya.

Namun, saat berada di luar lapangan, sikap Adams sulit dikendalikan akibat pengaruh alkohol.

Ia kerap mengemudi dalam keadaan mabuk, dan akhirnya kepolisian Inggris memenjarakan Adams selama empat bulan pada 1990 silam.

5. Adam Johnson

Namanya melejit kala Manchester City memboyongnya dari Middlesbrough pada 2010 lalu. Ia bahkan telah 12 kali mengecap penampilan bersama timnas Inggris.

Setelah hijrah ke Sunderland pada 2012, performa Johnson tetap terlihat menawan.

Ia beberapa kali berhasil jadi penyelamat Sunderland, yang bukan merupakan tim kuat di Liga Inggris.

Namun, sinar Johnson sepertinya telah usai lantaran ia terlibat kasus pelecehan seksual terhadap gadis di bawah umur pada 2015 lalu.

Akibat kasus tersebut, ia mendapatkan hukuman enam tahun kurungan penjara dari Pengadilan Bardford, Inggris. (Tomy)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya