Siapa Bilang Anak Muda Nggak Bisa Kena Kolesterol Tinggi? Coba Kurangin Konsumsi 15 Makanan Ini, Deh!

Jumat, 30 Juni 2017 | 07:33
Hai Online

15 Makanan Yang Patut Dihindari Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Siapa bilang anak muda nggak bisa kena kolesterol tinggi? Coba kurangin konsumsi 15 makanan ini, deh!

Yap, mungkin kita selama ini mikir kalo kolesterol tinggi cuma bisa diderita sama orang tua kita aja. Padahal, anak muda seusia kita juga berisiko punya kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kedengarannya mungkin biasa aja, tapi kalo nggak ditangani sejak dini, ke depannya bisa bahaya banget, lho!

Hal yang paling bisa kita lakukan buat mencegah kolesterol tinggi adalah dengan menjaga pola makan dan gaya hidup. Banyak makanan yang kita suka banget, tapi tanpa disadari, makanan-makanan itu punya kandungan kolesterol yang super tinggi dan kalo dikonsumsi terus-menerus, justru bisa membahayakan kesehatan.

Maka dari itu, ada beberapa makanan yang mesti kita hindari, dan sebaiknya kalo mau dikonsumsi pun, jangan terlalu sering.

Soooo, siap-siap, nih, buat yang doyan makanan berlemak, kamu mesti segera ngurang-ngurangin biar nggak nyesel di kemudian hari.

Ini dia, 15 makanan yang mesti dikurangin biar nggak kena kolesterol tinggi!

1. Telur Burung Puyuh

Konon di urutan paling pertama, telur burung puyuh punya kadar kolesterol 3640 mg/100 gram. Kelihatannya, sih, kecil ya. Tapi kolesterol yang dikandungnya, ngeri!

2. Otak Sapi

Siapapun yang doyan makan otak sapi di rumah makan Padang, rasa-rasanya mesti segera ngurangin. Pasalnya, makanan satu ini mengandung kolesterol sejumlah 2300 mg/100 gram.

3. Kuning Telur Ayam

Sehat, sih, sehat. Tapi kandungan kolesterol dalam kuning telur ayam juga nggak kalah ngeri. 2000 mg/100 gram, lho!

4. Cumi-cumi

Doyan seafood, terutama cumi? Beuh, makanan ini juga kelihatannya nggak berlemak. Tapi kolesterol yang dikandungnya, sebanyak 1170 mg/100 gram!

5. Jeroan Kambing

Jeroan kambing emang suka menggoda pecinta kuliner. Tapi hati-hati, kandungan kolesterolnya mencapai 610 mg/100 gram, sob!

6. Jeroan Sapi

Bukan cuma jeroan kambing, jeroan sapi juga ngeri buat dikonsumsi. Kandungan kolesterolnya sejumlah 380 mg/100 gram.

7. Margarin

Masak nasi goreng atau telur dadar emang lebih enak menggunakan margarin ketimbang minyak goreng. Tapi biar pun citarasanya lebih maknyus, kandungan kolesterol dalam margarin juga jahat: 300 mg/100 gram.

8. Cokelat

Siapa yang nggak doyan cokelat? Dari kecil sampe dewasa, hampir seluruh umat manusia demen ngonsumsi cokelat. Tapi kita mesti hati-hati kalo udah keseringan. Karena kandungan kolesterol dalam cokelat mencapai 290 mg/100 gram.

9. Susu Sapi

Orang tua bilang, kita harus rajin-rajin mengonsumsi susu sapi biar sehat. Ya, emang bener, sih. Tapi susu sapi juga punya kolesterol yang terbilang cukup banyak. Untuk susu sapi full cream, kandungan kolesterolnya sekitar 280 mg/ 100 gram.

10. Santan

Hati-hati buat pecinta masakan Padang yang kerap bersantan, kandungan kolesterol dalam santan juga cukup banyak, lho! Yakni 186 mg/100 gram.

11. Udang

Pecinta seafood yang satu ini juga harus mulai berhati-hati. Meski nggak sebesar cumi-cumi, kandungan kolesterol yang dikandung udang yakni 160 mg/ 100 gram.

12. Kepiting

Nah, kalo makanan yang satu ini, kan, harganya emang lumayan mahal. Jadi nggak apa-apa dong, kalo ngonsumsinya cuma sekali-kali. Selain bisa menghemat uang makan, kamu juga bisa terhindar dari kandungan 150 mg/100 gram kolesterol dalam kepiting.

13. Sosis

Daging olahan juga punya bahayanya sendiri! Meski memang nggak sebahaya makanan yang sebelumnya udah HAI sebutin, tapi daging olahan, terutama sosis, mengandung 150 mg/100 gram kolesterol.

14. Keju

Tenang, tenang, meski keju juga masuk ke dalam makanan berkolesterol, tapi kolesterol yang dikandungnya nggak sebanyak makanan lain, kok! Tepatnya sekitar 140 mg/100 gram. Boleh dikonsumsi beberapa kali, asal jangan keseringan!

15. Gajih

Gajih kambing dan sapi emang suka menggiurkan, terlebih kalo dibakar atau dikasih santan. Tapi kandungan kolesterol dalam gajih cukup diwaspadai, yakni 130 mg/100 gram.

Nah, dari ke-15 yang mesti dihindari atau dikurangin ini, mana yang paling susah kamu kurangin?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya