Kenapa Sih Pemain Bola Butuh Agen? Apa Sih Fungsinya?

Senin, 26 Juni 2017 | 09:10
Alvin Bahar

Gianluigi Donnarumma, Kiper AC Milan Berusia 16 Tahun

Penolakan Gianluigi Donnarumma terhadap klausul perpanjangan kontrak yang ditawarkan AC Milan, akhirnya berbuntut panjang.

Saat membela timnas Italia U-21 dalam laga kontra Denmark, Minggu (18/6) lalu, Donnarumma dilempari selebaran uang palsu oleh sejumlah pendukung Milan, serta diteriaki dengan sebutan 'Dollarumma' (sindiran atas sifat mata duitan yang katanya ada pada diri Donnarumma).

Ada kabar yang berhembus, bila keputusan Donnarumma ini, ternyata turut dipengaruhi sikap dari sang agen, Manu Riaola.

Ya, Riaola diisukan telah menghasut Donnarumma agar segera meninggalkan San Siro, dan mencari klub lain yang lebih mapan.

Melihat segala pemberitaan tersebut, rasanya wajar kalau publik sampai menilai bahwa peran agen justru terkesan negatif bagi para pemainnya.

Agen hanyalah akan menjadi perusak hubungan antara pihak pemain dan klub.

Meski begitu, para pesepakbola sebenarnya sangat membutuhkan kehadiran sosok agen dalam kariernya.

Sebab, akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pemain dari peran dan fungsi seorang agen.

Ini dia fungsi utama seorang agen:

1. Proses transfer

Pada intinya, tugas agen ialah megurusi segala keperluan kliennya (pemain) tentang hal-hal di luar lapangan, termasuk soal proses transfer.

Agen pasti akan menjelaskan terlebih dahulu kepada sang pemain, mengenai kesepakatan mana saja yang sekiranya tepat untuk diambil.

Paling nggak, guna memilih klub baru yang bisa memaksimalkan bakat kliennya.

Berikutnya, agenlah yang menjadi perantara bagi si pemain dengan pihak-pihak klub yang terkait dalam proses transfer.

Jadi, berkat kehadiran agen, sang pemain bisa tetap fokus menjalankan latihan atau pertandingannya sembari menunggu semua proses transfer selesai.

2. Negosiasi kontrak

Agen sebisa mungkin akan menegosiasikan dengan pihak klub terkait, agar sodoran kontrak yang ditawarkan bisa sesuai dengan kemampuan dan pamor pemainnya.

Jadi, secara nggak langsung, kehadiran agen bakalan menjamin segala kebutuhan mengenai gaji serta bonus yang akan didapat pemainnya dari pihak klub.

3. Tawaran sponsor dan iklan

Pesepakbola yang dilabeli sebagai 'pemain bintang', pasti akan kebanjiran tawaran sponsor dan iklan dari banyak perusahaan.

Kalo sudah begini, sang pemain jelas memerlukan kehadiran seorang agen dalam kariernya.

Gimana nggak, ingat, sang pemain tentu perlu berkonsentrasi dengan segala urusan sepak bolanya, baik latihan ataupun pertandingan.

Maka dari itu, seorang agen sangatlah berguna untuk mengatur tawaran sponsor dan iklan mana saja yang nggak akan mengganggu peforma pemainnya di atas lapangan.

Jadi, berkat kehadiran seorang agen, sang pemain bisa tetap fokus di sepak bola, sekaligus mengumpulkan uang tambahan dari kontrak sponsor dan iklan. (Tomy/Alvin)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya