Jakarta Ulang Tahun! Ini Dia 5 Fakta tentang Ibu Kota Tercinta

Kamis, 22 Juni 2017 | 05:05
Fadli Adzani

Monas, 1977

Hari ini, pada tanggal 22 Juni 2017, ibu kota Indonesia, DKI Jakarta, berulang tahun yang ke-490. Walau macet, terkadang banjir, dan panas, kita tetap cinta dengan tempat ini, karena di sinilah kita bisa berkarya!

Sambil merayakan ultah ibu kota kita ini, HAI ingin membahas tentang fakta-fakta menarik tentang DKI Jakarta, nih!

Nggak afdol, dong, kalau kita sudah bertahun-tahun atau lahir di Jakarta namun tidak tau fakta-fakta terselubung tentang ibu kota yang bakal dipimpin oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini nantinya.

Yuk kita intip 5fakta tentang Jakarta yang mungkin belum kamu tahu!

1. Gonta-ganti Nama

Sebelum cocok dengan nama DKI Jakarta, ibu kota kita ini sudah 10 kali ganti nama, bro!

Jakarta pertama kali dikenal dengan sebutan Sunda Kelapa, lalu jadi Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia.

Pas zaman penjajahan Jepang, Jakarta juga pernah dijuluki Betshu Shi.

2. Burung Garuda

Dari banyaknya kota-kota di Indonesia, Jakarta terpilih sebagai tempat Bung Karno memperkenalkan lambang burung Garuda, yakni pada 1950 silam di Hotel Des Indes, Jalan Gajah Mada.

Pada tahun 1971, sangat disayangkan hotel ini dihancurkan oleh pihak swasta.

3. Lambang Jakarta

Lambang Jakarta yang kita tau saat ini, dibuat oleh Gubernur DKI Jakarta ke-6 Henk Ngantung. Selain jago di bidang politik, ia juga dikenal sebagai pelukis tanpa pendidikan formal.

4.Stasiun Terbesar se-ASEAN

Stasiun Jakarta Kota menjadi stasiun yang paling besar di negara-negara Asia Tenggara. Setiap harinya, ada 580 kereta yang bolak-balik stasiun ini.

5. Kota Twitter

Menurut data dari Forbes, Jakarta adalah kota teraktif di Twitter. Setidaknya, Jakarta bisa menyumbang dua trending topic di Twitter setiap harinya.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya