Menjawab 7 Mitos Dari Kejadian Sehari-hari

Kamis, 15 Juni 2017 | 09:26
Rizki Ramadan

Lebih Tinggi Saat Pagi

Banyak hal di dunia ini yang sering banget jadi perdebatan dan kadang orang sampe berantem dibuatnya. Hai bakal jelasin 8 hal yang masih simpang-siur di masyarakat kita. Langsung aja Yuk.

1. Pipis di Rel Kereta Bisa Bikin Kesetrum

Kata anak-anak Ipa air itu bisa menghantarkan listrik dan sampe muncul sebuah gagasan bahwa, kalo lo pipis di rel kereta, lo bakal kesetrum dan kemudia mati gara-gara kesetrum!

Sebenernya iniMITOS

Karena saat lo pipis,urine itu bakal mulai kepisah-pisah jadi tetesan air dan kecil kemungkinannya lo kesetrum. Kecuali kencingnya nunduk sampe deket banget sama rel, ya tapi siapa juga yang bakal pipis kayak gitu?

2. Jumat Tanggal 13 Adalah Hari Sial

Bagi yang suka mistis pasti percaya akan hal ini dan akhirnya nular ke orang-orang awam lainnya. Tanggal 13 merupakan hari sial tuh udah ada di masyarakat umum,bahkan ada fobia-nya lho. Nama phobianya ( paraskevidekatriafobia ).

Sebenernya iniMITOS

Ide bahwa jumat tanggal 13 merupakan hari sial udah ada sejak tahun 1600-an. Ceritanya konon berasal dari Norwegia . Dalam legenda itu, Dewi Fringga diasingkan ke puncak gunung. Setiap Jumat dia mengadakan pertemuan dengan 11 penyihir dan 1 iblis,totalnya ada 13. Yaelah bro udah tahun 2017 masih aja percaya gituan, malu sama Tatan!

3. Lo Bakal Lebih Tinggi di Pagi Hari

Kalo suatu hari ada temen lo ada yang pengen akademi militer dan malem hari dia ukur tinggi dia cuman 164 cm, padahal syaratnya tingginya harus 165 cm. Kalem aja bro, ternyata di pagi hari kita lebih tinggi 2 CM. Wah beneran gak tuh?

Sebenernya iniFAKTA

Penjelasannya gini, gravitasi bereaksi dalam tubuh lo sepanjang hari. Saat kita berbaring untuk tidur,sendi-sendi kembali ke posisi alami mereka sehingga jadi agak menjauh. Jadi lo bakal lebih tinggi sekitar 2 cm di pagi hari dibandingkan malem.

4. Air Seni Lo Bisa Diminum Untuk Bertahan Hidup

Bayangin deh lo lagi naik gunung dan tiba-tiba kepleset,merosot kebawah,kaki lo patah, nggak ada yang nolongin pula,dan Tim SAR baru bisa dateng beberapa hari lagi! Pasrah kali ya?

Jangan patah semangat dulu, ternyata nih kata orang-orang lo bisa minum air seni lo sendiri.

Sebenernya iniFAKTA

Kali ini orang-orang bener 100% karena di kondisi tersebut pilihan lo cuman 2, minum air seni atau mati. Air seni emang keliatan jijik sih. Tapi ternyata di air seni,95%-nya air dan sisanya merupakan zat yang nggak berbahaya sama sekali buat tubuh lo.

5. Makan Ikan Bisa Bikin Pinter

Kata ibu menteri Susi Pudjiastuti kita harus makan ikan biar pinter! Ah yang bener nih bu? Apa jangan-jangan ini gimmick doang karena bu Susi menteri perikanan dan kelautan.

Sebenernya iniFAKTA

Ternyata menurut banyak penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika dan Inggris, ikan-ikan semacam makarel,tuna,salmon,sarden,dan lain-lain mengandung banyak asam lemak. Asam lemak bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Emang bu Susi mantap jiwa!

6. Menguap Itu Menular

Semua orang pasti bakal menguap kalo ngantuk dan kadang kalo liat orang nguap kita juga ikut-ikutan. Sebenernya nguap itu menular nggak sih? Yah kayaknya bentar lagi ada penyakit baru deh. Penyakit menguap!

Sebenernya iniFAKTA

Menguap membuat tubuh mendapatkan oksigen tambahan. Oksigen membantu otot dan otak mendapatkan energi dan bikin kia bergerak lebih cepet. Itu sebabnya kalo kita ngantuk juga kita bakal ngikutin orang yang menguap. Yap itu respon alami tubuh. Keren ya tubuh manusia.

7. Karakter Orang Bisa Ditebak Dari Wajahnya

Nah yang terakhir nih kerjaanya orang Indonesia nih, sampai-sampai banyak buku tentang hal ini di toko buku. Biasanya sih cowok-cowok beli buat pamer atau bahasa lainnya gombal ke gebetannya atau pacarnya, biar dikata keren.

Sebenernya iniMITOS

Kadang kita denger dari orang kalau orang yang dagunya lancip itu bersifat agresif. Jadinya setiap orang yang dagunya lancip kita kira dia agresif. Padahal nggak ada tuh yang namanya bukti penelitian di dunia manapun tentang wajah orang berkaitan sama kepribadian mereka. Yah! Kalo kata anak di audisi biskuat “YEH PEA LO!”

7 hal itu kiranya menjadi pengetahuan baru buat kalian, jangan bingung lagi nentuin itu fakta atau mitos. Jadilah generasi muda Indonesia yang cerdas dan kritis .Mulai sekarang jangan asal percaya sama kata orang lain ya.

(Penulis: Felix Anggit)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya