Coldplay Sebelumnya Starfish, Ini Dia 12 Band Besar Yang Pernah Ganti Nama

Selasa, 12 Desember 2017 | 09:00
Rizki Ramadan

Band yang pernah ganti nama

Ternyata, sebelum nama band-band ini terkenal, mereka sempatlabil di urusan nama. Karena itu, nama pun diganti-ganti. Ada yang karena namanya terlalu sama dengan band yang udah ada sebelumnya, ada yang tersangkut urusan hak cipta, ada yang disuruh label karena nama sebelumnya kurang kece, dan ada juga yang ya emang labil aja. Bahkan ada yang ganti namanya sampe 3 kali, lho. Simak nih.

1. Beastie Boys

Nama Sebelumnya: Young Aboriginies

Sebelum jadi band hip-hop alternatif, Beastie Boys adalah band punk-rock. Namanya Young Aboriginies. Nama barunya ini diambil karena mereka pengen terkesan kayak nama geng.

2. MxPx

Nama Sebelumnya: Magnified Plaid.

Saat itu, karena nama Magnified Plaid nggak cukup ditulis di poster, sang drummer, Yuri Ruley memutuskan untuk menyingkat saja jadi M.P. tapi titik di antara huruf itu malah dianggap sebagai X. jadilah mereka dikenal sekarang sebagai MxPx.

3. Lamb of God

Nama sebelumnya: Burn The Priest

Beberapa alasan mengapa band metal ini ganti nama adalah, karena mereka berganti formasi dan nama band sebelumnya terkesan terlalu satanic.

4. Pearl Jam

Nama Sebelumnya: Mookie Blaylock

Nama Mookie Blaylock itu terinspirasi dari pemain basket yang terkenal. Tapi karena tersangkut di masalah copyright, akhirnya nama diganti. Nama baru ini diumumkan saat mereka tampil di konsernya Sonic Youth.

4. Red Hot Chili Peppers

Nama sebelumnya: Tony Flow & the Miraculously Majestic Masters of Mayhem

Ya, nama sebelumnya panjang banget. Coba aja kalau disingkat, jadinya TFTMMMoM. Panjang banget, akhirnya baru setelah beberapa minggu namanya langsung diganti jadi RHCP.

5. Linkin Park

Nama Sebelumnya: Hybrid Theory

Nama Hybrid Theory diganti karena ternyata udah ada band yang namanya Hybrid. Daripada nyaru, akhirnya nama diganti jadi Linkin Park. Sementara Hybrid Theory tetap dipakai untuk judul album debut mereka.

6. New Found Glory

Nama sebelumnya: A New Found Glory

Nggak banyak sih perubahannya cuma hapus satu huruf. sama kayak Facebook yang sebelumnya bernama The Facebook. Nama ini sempat dipakai di album pertama mereka, Nothing Gold Can Stay.

7. Blink-182

Nama sebelumnya: Blink, Duck Tape.

Ya, band melodic punk ini sempat ganti nama dua kali. Nama pertamanya adalah Duck Tape, tapi Tom DeLonge menggantinya menjadi Blink. Lalu ditambahkan “182” karena udah ada band Irlandia yang bernama Blink juga.

8. Green Day

Nama sebelumnya: Sweet Children

Saat pertama kali dibentuk, nama trio punk ini adlaah Sweet Children. Tapi mereka ganti jadi Green Day karena terlalu mirip dengan nama band lokal yang sudah ada sebelumnya, Sweet Baby. Nama Green Day terinspirasi dari lagu yang mereka bikin tentang mengisap ganja.

9. Nirvana

Nama Sebelumnya: Pen Cap Chew, Skid Row, Ted Ed Fred.

Sebelumnya memilih nama yang hingga sekarang masih menggaung, Nirvana sempat ganti-ganti nama. Bahkan sampai tiga kali. Tapi, salah satu nama itu akhirnya dijadikan judul lagu, lho, sama Nirvana. Ada yang tau nama yang mana? Ya, Pen Cap Chew.

10. Coldplay

Nama Sebelumnya: Starfish

Coldplay pertama kali terbentuk pada 1996 oleh Christ Martin dan Jonny Buckland. Nama paling awal mereka adalah Pectoralz. Lalu Guy Berryman gabung sebagai bassist dan nama diubah menjadi Starfish. Baru pada tahun 1998 nama mereka jadi Coldplay

11. Radiohead

Nama sebelumnya: On A Friday

Karena sering latihan di hari Jumat di ruang musik sekolah, mereka pertama kali menamai band ini On A Friday. Di kontrak dengan EMI pada tahun 1991 pun namanya masih On A Friday. Di situ, label minta mereka ganti nama. Jadilah Radiohead yang terinspirasi dari lagu dari Talking Heads.

12.​MAROON 5

Nama sebelumnya: Kara's Flowers

Band ini terbentuk saat para personel awalnya masih SMA. Nama Kara itu terinspirasi dari nama gebetan bersama para personel. Tapi kemudian, nama mereka diganti pada 2005

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya