Lebih dari Satu Tahun, Apa Kabar Zaskia Gotik Sang Duta Pancasila?

Rabu, 31 Mei 2017 | 13:09
Hai Online

Zaskia

Semuanya berawal dari sebuah bercandaan yang dilakukan bukan pada “tempatnya”. Dalam sebuah acara musik dengan format komedi yang ditayangkan di sebuah televisi swasta pada 15 Maret 2016 lalu, seorang penyanyi dangdut bernama Zaskia Gotik "sukses" menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat Indonesia.

Selasa, 15 Maret 2016, ternyata jadi hari "bersejarah" dalam hidup “Si Goyang Itik”. Jawaban "bebek nungging" memberikan efek yang begitu dahsyat dalam hidupnya. Seperti diwartakan oleh Kompas.com, awalnya, para pembawa acara program acara itu coba mengetes pengetahuan Zaskia bersama dua rekannya, Ayu Ting Ting dan Julia Perez (Jupe). Mereka masing-masing diberi pulpen serta kertas yang ditempelkan pada papan berukuran A3.

"Pada tanggal berapakah Proklamasi Indonesia dikumandangkan?" tanya Denny Cagur, salah seorang pembawa acara Dahsyat.

Zaskia kemudian menunjukkan jawabannya, "setelah adzan subuh… tanggal 32 Agustus". Maksudnya ngelucu, tapi, krik. Nggak ada yang ketawa. Pertanyaan selanjutnya meluncur dari mulut Denny, "Apa lambang Pancasila sila kelima?"

Raut wajah Zaskia tampak serius sambil menuliskan sesuatu dengan cepat pada papan jawabannya.

"I'm smart. Ayo dong. Lama nih," ucapnya kepada Ayu Ting Ting dan Jupe yang masih terlihat berpikir.

Nggak lama kemudian, kedua rekannya itu pun menjawab "padi dan kapas". Saat tiba giliran Zaskia, dalam kertas jawabannya justru tertulis "bebek nungging". Terdengar sedikit tawa, tetapi ada pula seruan protes. Disinilah semua berawal.

Jadi “Kasus Nasional”

Besoknya, jawaban-jawaban nyeleneh Zaskia langsung menjadi pemberitaan media. Perempuan yang akrab dipanggil Eneng ini dianggap telah melecehkan lambang negara.

Pada 17 Maret 2016, anggota DPD RI Fahira Idris melaporkan Zaskia ke Polda Metro Jaya atas tuduhan telah melanggar Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Sehari setelahnya, giliran paranormal Ki Kusumo mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan dugaan pelecehan lambang negara oleh Zaskia. Nggak lama berselang, Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pengawas Korupsi (LSM KPK) juga mengambil langkah hukum yang sama, melaporkan Zaskia.

Sementara ahli hukum tata Negara, Pak Margarito Kamis menganggap persoalan Zaskia itu sebagai masalah yang cukup serius. Ia bahkan meminta Badan Intelijen Negara (BIN) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI turun tangan memberikan bimbingan tentang Pancasila kepada pedangdut Zaskia Gotik.

Penyanyi dangdut asal Karawang itu akhirnya membuat sebuah pengakuan saat menyambangi Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/3/2016). Ia mengungkapkan bahwa ia sebenarnya sudah menuliskan jawaban benar ketika ditanya soal hari Proklamasi yang kemudian dicoretnya. Zaskia berdalih hanya ingin bercanda.

"Neng di sini mau klarifikasi dan mau minta maaf. Neng sama sekali tidak ada niat untuk menghina," kata Zaskia saat itu.

Apa Kabar Duta Pancasila?

Ajaibnya, selang beberapa waktu kemudian, Zaskia malah didaulat menjadi Duta Pancasila oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR.

"Saya sendiri sudah ketemu Mbak Zaskia dan pengacaranya. Saya dorong 'Mbak Zaskia sekalianlah Anda jadi Duta Pancasila," kata Ketua Fraksi PKB di MPR, Pak Abdul Kadir Karding, kepada Kompas.com, saat itu.

Sebagai duta, kata dia, Zaskia nantinya dapat ikut mengampanyekan tentang Pancasila bersama MPR kepada masyarakat. Beliau menjelaskan, pihaknya memilih Zaksia karena penyanyi dangdut itu mereka pekerja seni dan figur publik yang dianggap bisa mempengaruhi masyarakat dan mempunyai akses kuat ke media.

"Pekerja seni itu sekali ngomong punya dampak besar. Kalau politisi belum tentu. Jadi mereka ini sangat strategis kami dorong untuk menjadi duta-duta," tuturnya lagi.

Menurut Pak Karding, menjadi Duta Pancasila juga bisa menjadi media pembelajaran bagi Zaskia untuk bisa lebih memahami lagi mengenai Pancasila sebagai dasar negara.

"Saya memaafkan. Cara penyelesaiannya nggak harus dengan hukum. Tapi bagi PKB kalau ada permasalahan seperti ini kita ingin menyelesaikan adalah dengan persuasi," lanjut dia.

Pak Karding menambahkan, PKB justru mendorong Zaskia untuk bersemangat mempelajari Pancasila.

"Lalu sebagai pekerja seni bisa memberi contoh yang baik. Apalagi kalau sampai jadi duta, itu luar biasa. Itukan hikmah dari apa yang terjadi," ucapnya.

Meskipun jadi Duta Pancasila, proses hukum kepada pemilik goyang itik itu terus berlanjut, lho. Kata Kanit I Subdit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya saat itu, Kompol Nico Setiawan, proses hukum tetap berjalan bukan tindak lanjutan dari laporan beberapa pihak terhadap Zaskia. Melainkan, sebagai inisiatif dari kepolisian sendiri.

Pasalnya, ada unsur dugaan pelecehan lambang negara di dalamnya. Tetapi, bukan hanya Zaskia. Para pembawa acara Dahsyat, Raffi Ahmad, Denny Cagur, Syahnaz, dan Ayu Dewi terlebih dulu diperiksa polisi berkait kasusnya ketika itu.

Waktu terus berlalu, sampai sekarang kasus ini belum diselesaikan. Menurut data yang HAI rangkum, sejak diangkat menjadi Duta Pancasila, hingga awal tahun 2017, kelanjutannya belum ada. Zaskia juga sepertinya belum terlihat melakukan sesuatu yang signifikan sebagai Duta Pancasila. Baik di dunia nyata, maupun di social media.

Justru, belakangan, doi malah kembali kena “kasus” nggak enak karena posting iklan judi di akun Instagramnya. Selain itu, jika ditelusuri berita tentang Zaskia Gotik saat ini, yang beredar hanya isu tentang kehidupan pribadinya, mulai dari menjaga kecantikan sampai tips berpuasa ala-ala "Si Eneng".

“Itu ‘cancer’ banget si bagi gue Hahaha…, ngaco parah lah, gue nggak ngerti pertimbangan Zaskia Gotik dijadiin duta pancasila apaan. Gimana yah, cuma karena nama dia tenar apalagi pasca kasus penghinaan itu, it doesnt mean bahwa dengan dia dijadiin duta pancasila masyarakat jadi ngasih atensi,” ujar Widya, warga SMAN 3 Depok, salah satu teman kita yang mengikuti perkembangan isu ini.

Nah, menurut kalian gimana? Apakah Zaskia Gotik masih layak menjadi Duta Pancasila? Kalo misalnya nggak layak, siapa yang kira-kira layak jadi Duta Pancasila?

Ya, udah, lah, ya, siapapun, baik itu seorang “duta” atau warga Negara biasa, kita wajib menjaga Pancasila sebagai ideologi tunggal Negara kita. Menjaga Pancasila dari pihak-pihak yang ingin memaksakan ideologi lain untuk diterapkan di Indonesia jadi kewajiban kita bersama. Setuju, dong?

Sumber Artikel :

http://entertainment.kompas.com/read/2016/04/07/154738310/Zaskia.Gotik.Dipilih.Jadi.Duta.Pancasila

http://entertainment.kompas.com/read/2016/04/03/080000410/Dahsyatnya.Efek.Bebek.Nungging.Zaskia.Gotik

Editor : Hai Online

Baca Lainnya