Yuk, Intip 10 Menu Berbuka Puasa Dari Berbagai Negara Lain Ini. Nomor 7 Kayaknya Enak, Tuh!

Selasa, 30 Mei 2017 | 08:50
Hai Online

Koofteh

Bukan sama kolak pisang atau sop buah dengan timun suri-nya yang khas bulan Ramadan, tentunya umat Islam di berbagai negara lain –yang juga ngejalanin ibadah puasa, punya menu berbukanya sendiri yang unik-unik, bro.

Dilihat dari gambar dan keterangannya, mungkin emang nggak semua makanan “unik” ini bakalan pas di lidah kita. Tapi gimana kalo lo kebetulan mesti berpuasa di salah satu negara yang HAI tulis di bawah ini? Well, mau nggak mau mesti nyesuain lidah, tuh!

Atau sebaliknya. Ketika bosen dengan hidangan buka puasa yang itu-itu aja, kenapa kita nggak nyoba buat bikin salah satu menu di bawah ini? Barengan nyokap atau cewek lo, kayaknya ngabuburit sambil masak hidangan buka puasa kayak di bawah ini, bakalan seru banget.

Berani coba?

1. Freekeh

Freekeh
Freekeh menjadi hidangan yang cukup populer di negara-negara Timur Tengah, kayak Mesir, Tunisia, Palestina, Suriah, Yordania dan Aljazair. Freekeh adalah makanan yang terbuat dari gandum durum. Tentunya, setiap negara memiliki versi yang berbeda dalam menyajikan Freekeh. Biasanya, Freekeh dilengkapi dengan daging merpati (serius!), domba, tomat, ayam, dan juga sup.

2. Bubur Lambuk

Bubur Lambuk
Bubur Lambuk adalah bubur kanji dari Malaysia. Bubur yang sering dimasak dalam jumlah banyak untuk berbuka puasa selama Ramadan ini rupanya terdiri berbagai rempah-rempah, termasuk adas, udang kering dan santan. Ayo-ayo, coba dibayangin rasanya!

3. Gullac

Gullac
Selain baklava (makanan khas Turki) dan berbagai jenis semur dan keju, Gullac juga merupakan salah satu makanan andalan untuk berbuka puasa di Turki. Gullac adalah makanan manis yang terbuat dari susu, tepung jagung, air mawar (iya!) dan diberi biji kenari, biji delima dan pistachio. Hmm, cukup…unik ya.

4. Kousha Mahshi

Kousha Mahshi
Di Mesir, Kousha mahshi merupakan makanan khas untuk berbuka puasa. Dibuat dari beras dan daging, Kousha mahshi cukup memiliki daya tarik tersendiri waktu bulan Ramadan. Hidangan ini juga cukup populer di banyak negara di Timur Tengah dan Balkan.

5. Samosa

Samosa
Samosa adalah semacam pastel yang berisi daging goreng atau panggang. Di Indonesia, mungkin kamu cukup gampang menemuinya. Nggak jauh beda sama di sini, di negara-negara lain seperti Somalia, Etiopia, dan Yaman, Samosa juga biasa disajikan dengan isi daging. Namun di negara seperti India, Pakistan, dan Bangladesh, Samosa justru biasa disajikan dengan berisi sayuran, kacang polong, kacang pinus, kentang, dan lentil.

6. Navy Bean Pie

Navy Bean Pie
Di Michigan, Amerika Serikat, anggota Nation of Islam selalu menyajikan Navy Bean Pie sebagai hidangan berbuka puasa. Selidik punya selidik, hidangan Navy Bean Pie ini jadi “takjil” paling favorit di sana!

7. Jollof Rice

Jollof Rice
Jollof Rice atau yang disebut juga dengan Benachin, adalah hidangan terpopuler di Negara bagian Afrika Barat. Di Nigeria, nasi Jollof ini terbuat dari tomat, pasta tomat, ayam, dan bawang-bawangan. Kayaknya cukup menarik dan enak, nih!

8. Arroz Caldo

Arroz Caldo
Arroz caldo adalah sejenis bubur yang berasal dari Filipina. Bubur ini berisi dengan bawang putih, jahe, saus ikan dan ditaburi dengan bawang putih goreng renyah di atasnya.

9. Harees

Harees
Harees atau harissa adalah hidangan khas dari Timur Tengah. Hidangan ini biasanya menjadi makanan khas untuk berbuka di Dubai dan Abu Dhabi. Harees dibuat dengan cara direbus. Komposisinya adalah gandum yang dicampur dengan daging kambing, domba, ataupun sapi.

10. Koofteh

Koofteh
Tampilan Koofteh yang cukup mirip sama bakso, bikin Koofteh bisa juga kita bilang sebagai bakso yang berasal dari Persia. Bakso yang disajikan bersama dengan kacang polong, daun bawang, kunyit, rempah-rempah, dan nasi basmati ini menjadi makanan berbuka paling favorit di Iran.

Well, dari 10 menu hidangan berbuka puasa di negara lain, nomor berapa nih yang jadi favorit kamu?

Editor : Hai Online

Sumber : http://intisari.grid.id/Travelling/Culinary-Trip/14-Hidangan

Baca Lainnya