10 Band Sidestream Dari Singapura Yang Patut Kamu Dengar

Minggu, 28 Mei 2017 | 03:39
Rizki Ramadan

Tomgirl band dari Singapura

Kalau ngaku pencinta musik, sih, pasti akan suka diajak eksplor musik dari daratan lain. Nggak melulu merujuk pada yang di Barat saja.

Karena itu, HAI mau ngajak kamu untuk mengenal musik dari negara tetangga yang asik banget. Dikumpulkan dari Altpress, 10 band arus pinggir dari Singapura yang patut kamu masukkan ke playlist

1. Exhibitors

Band hardcore ini baru merilis album Forever Loved, Never Forgetten pada November lalu dan mereka baru saja tampil di acara Singapore’s Rock On Fest sepanggung dengan band I See Stars

2. THE FAÇADE

Awalnya, The Façade adalah duo akustik. Namun berkembang memainkan lagu-lagu campuran pop, rock, blues dan R&B. itulah mengapa musiknya jadi berwarna. Awal Juni nanti mereka akan merilis EP bertajuk Vanity

3. Disco Hue

Dari namanya aja udah ketebak kan kalau band ini mengusung synthpop. Lagunya mirip kayak Midnight Quickie. EP pertama mereka yang bertajuk, Arcade, rilis tahun lalu, dan bisa mencapai urutan 2 di iTunes Pop Chart di Singapore

4. Boxchild

Saat melihat gitaris/vokalisnya, HAI jadi teringat gitaris Sum 41. Mirip! Hehe. Music yang dimainkan oleh empat anak muda ini adalah alternative rock. Distorsi gitar yang keras dan vokal yang tegas jadi ciri khasnya.

5. Bakers in Space

Band dengan empat personel muda ini mencampurkan unsur psychedelic dan rock. Sekilas mirip The Sigit. Enerjik dan asik. Sejauh ini, mereka baru merilis satu EP, yaitu Implosion.

6. The Pinholes

Ini satu-satunya band di daftar ini yang menggunakan bahasa melayu. Mengusung musik pop ala The Beatles, The Pinholes juga tampil dengan gaya retro. Melihat penampilannya bikin kamu teringat sama The Changcuters deh.

7. SUB: Shaman

Wah, kalau band satu ini alirannya agak campur-campur. Kamu bisa merasakan sensasi mendengar lagu-lagu math rock, pop, dan free-jazz sekaligus. Asik untuk disimak sih eksperimennya. SUB: Shaman baru merilis album panjang mereka yang berjudul Apnea awal Mei ini.

8. The Summer State

Band ini boleh disebut mengusung genre pop-punk. Musik dan liriknya nggak jauh dari pop, namun dengan background music yang nge-beat. Kalau dilihat, para personelnya pun deket sama skena skateboard. The Summer State sudah punya EP yang rilis pada 2013.

9. TOMGIRL

HAI membayangkan Neonomora, Danilla, dan Scallerketika mendengarkan duo cewek-cowok Tomgirl ini. Musiknya pop, namun agak gelap gitu nuasannya. Pada 2016, Tomgirl mendapatkan penghargaan Best Album dari Apple Music.

10. VILLES

Band ini mengusung genre post-hardcore namun tampilannya pop. Nuansa lagunya mirip kayak Bring Me The Horizon. Villes baru akan merilis album panjang pertama mereka pada 29 Mei ini, dengan judul The Cure.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya