Peserta SBMPTN 2017: Tetap Optimis, Walau Soal Matematikanya Kayak Virus, Bikin Wannacry

Selasa, 16 Mei 2017 | 10:42
Rizki Ramadan

Students Talks SBMPTN

SBMPTN akhirnya lewat juga, sob! inikah momen yang kalian tunggu-tunggu? Ya, walau menyisakan masa tegang untuk nunggu hasilnya bulan depan, boleh lah kalau sekarang ini kita rileks dulu dan sedikit merangkum perjuangan kita tadi. Gimana, pelajaran apa yang paling susah? Konon, Matdas (matematika dasar)nya tingkat kesusahannya, Mantul (mantap betul) yah? Soal sejarah gimana? materi yang dipelajari keluar semua nggak tuh? Oke, mari kita obrolin yuk sama mereka-mereka yang baru aja pulang ke rumah dari "perang" di meja ujian seharian tadi.

mega pramesti
Mega Pramesti - Lulusan SMAN 91 Jakarta

Jurusan tujuan: Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati - ITB

Ngerjain Saintek tadi tuh rasanya seperti terserang virus Wannacry. Dan matematikanya! Di ujian Saintek sih, matematika dasarnya masih bisa di-handle, tapi matematika IPAnya itu, mantap betul! Walau begitu gue tetap yakin sih gue lolos. Harus yakin! Walau gue nggak banyak ngerjain banyak soal di Saintek jadi gue balasa dendamnya ngerjain banyak di TKPA.

Narendra Bagas - Lulusan SMA Al-azhar 4 Bekasi

Jurusan Tujuan: FSRD ITB

Menurut gue nggak sesusah yang gue bayangin. Dari semua yang gue pelajarin nggak semuanya keluar, sih. Dan sebenernya gue lebih fokus ke ujian keterampilan kerena gue mau ngambil FSRD ITB. Pelajaran tadi yang paling susah menurut gue Matematika.

Dzabi - Lulusan SMAN 55 Jakarta

Jurusan Tujuan: Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia

Soal SBMPTN tadi cukup mengocok perut, sih. Apalagi setelah melihat soal Soshum yang gue nggak ngerti. Hehe. Jujur aja, gue nggak belajar Soshum. Gue kan anak IPA yang nggak kuat ikut Saintek jadi mencoba nekat ikut Soshum. Dan gue baru baca soal SBMPTN Soshum tuh H-1. Tapi gue optimis, sih. Biar nggak nge-down. Gue yakin UI nggak akan nolak gue. Hehe. Walaupun nggak belajar, tetap harus pede.

Wukufahdini - Lulusan SMAN 100 Jakarta

Jurusan tujuan: Psikologi, Universitas Airlangga

SBMPTN tadi seru, sih. Tapi ada soal yang bikin neuron gue sembelit. Matematika Dasarnya juga sangat bikin pengen bilang, "Dasar, Matdas!". Terus, gara-gara keasikan ngulik soal TPA bagian Bahasa Indonesia, yang bahasa Inggris jadi terbengkalai. Tapi pun, soal bahasa Inggrisnya mematahkan semangat kebulean remaja Indonesia, sih.

Graziella - Lulusan SMA Kolese Gonzaga Jurusan tujuan: Akuntansi, Universitas Indonesia

SBMPTN tadi paling gampang menurutku, sih, Sosiologi. Karena tentang kehidupan sehari-hari. Paling susah, Sejarah. Karena banyak materinya dan soal yang keluar cuma 15. Tapi puji Tuhan, aku bisa. Di soal TPA aku nggak keburu ngerjain semua.

Tania Joviania - lulusan SMAN 3 Depok

SBMPTN bikin pusing, sih, tapi tetap optimis. Soalnya kan udah usaha, masalah diterima atau nggak urusan Yang di Atas. Bagi gue yang paling susah tuh Fisika. Bayangin, lo disuruh ngitung lemari didorong di lantai licin pake cos-cosan terus diitung gayanya. Gimana, tuh. Di Saintek gue ngerjain 16 nomor, TKPA 80 nomor. Pokoknya, tiga kata untuk SBMPTN kali ini tuh: Mantep Pake Banget.

Mutiara Sukmadewi - Lulusan SMAN 4 Depok.

Karena sekolah tempat gue ujian tadi daerah macet, gue berangkat lebih awal. Eh sampe di sana jam 5 pagi, padahal mulainya jam 7. Hehe. Pengawas gue super galak, kami nggak boleh meninggalkan ruangan sama sekali, termasuk ke kamar mandi. Pake papan jalan pun nggak boleh. Paling susah, tuh, Saintek. Udah deh, gue bener-bener tawakal aja. Apalagi matematikanya. Soalnya, gue kurang persiapan kali ya, bener-bener ngebut belajarnya. TKPA-nya masih oke, sih. (Bintang/Kiram)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya