Wah. Cuma Karena Alasan ini Format File Audio MP3 Akan Dipunahkan.

Selasa, 16 Mei 2017 | 05:35
Rizki Ramadan

8 Layanan Streaming Musik Yang Ada di Indonesia

Kita punya istilah MP3 player, tapi nggak ada kan perangkat yang namanya WAV Player atau AAC File Player? Kalau pun ada, nggak seterkenal MP3 Player. Ya, jenis file satu ini emang paling popular di kalangan pencinta musik.

Tapi, ada kabar sedih nih. Jenis file ini nggak akan dibikin lagi alias dipunahkan. The Fraunhofer Institute, perusahaan yang mengembangkan audio digital di masa-masa awal pemegang lisensinya, bilang bahwa MP3 akan di-discontinued.

Menurut pernyataan perusahaan yang dilaporkan oleh Gizmodo, langkah ini dilakukan karena format MP3 udah kalah jauh kualitasnya sama jenis file musik terbaru yang lebih canggih.

Katanya, perangkat audio visual sekarang dan masa depan akan lebih memilih format AAC atau MPEG karena kualitasnya. Sementara MP3 kan lebih low.

Kabar ini mungkin nggak akan ditanggapi dengan gerakan-gerakan revitalisasi kayak yang dilakukan oleh pencinta vinyl dan kaset, namun, tentu pasti ada kelompok fanatiknya yang kemudian memerjuangkan keberadaan MP3. Kita lihat saja nanti.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya