Hiii, Bikin Merinding, Ternyata Kampus UGM Punya 15 Lokasi Menyeramkan. Duh, Biar Nggak Penasaran Cari Tahu Yuk

Minggu, 07 Mei 2017 | 05:14
Bayu Dwi Mardana Kusuma

Fakultas Kedokteran UGM Tempo Dulu

Buat kalian yang kuliah (atau mungkin pernah belajar) diUniversitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pasti udah sering lah dengar ada banyak lokasi angker atau seram di Kampus UGM. Yaps, udah banyak tulisan yang dirilis di dunia maya yang ngulas soal keangkeran kampus UGM. Salah satunya, tulisan yang dirilisjogjastudent.comtentang 15 lokasi angker atau tempat para hantu di Kampus UGM pada bulan Desember 2014 mendapat banyak respon. Yang bikin tambah rame, sejumlahalumnus UGM yang ikut nambahinbeberapa kisah yang ia dengar atau yang dialami sendiri.

Akun bernama MCC Bulaksumur II ia mengaku dari mahasiswa Fakultas Hukum UGM nambahinbeberapa lokasi angker di Kampus UGM seperti ini:

1. Law Library --> Mahasiswa FH UGM yang ikut Lomba Peradilan Semu pasti sering pulang malem, dan setiap kali mereka lewat Law Library, katanya pernah ada bayangan putih keluar masuk dinding kaca yang padahal ga ada pintunya :D

2. Gedung 7 FH UGM --> Ini tempat ngetem favorit para fakir internet di FH UGM. Sering ada yang baru cabut dari sini jam 1 pagi. Cabutnya bukan gara2 udah ngantuk atau gara2 donlotannya udah kelar, tapi gara-gara denger suara genteng ditimpukin batu atau kejatuhan buah, padahal ga ada angin ga ada apa apa, dan gara-gara denger tong sampah di lantai dua tiba-tiba jatoh, padahal di lantai dua ga ada tong sampah :D

3. WC Gedung 2 --> Dulu di depan WC ini ada kacanya (sekarang udah direnovasi), terus menurut pengakuan salah seorang dosen, dulu waktu doi masih jadi mahasiswa, pernah malem2 masuk WC sana, pas keluar, dia ngeliat di kaca, di belakangnya dia ada cewek baju merah rambut panjang, eh pas balik arah, ternyata di belakangnya ga ada siapa-siapa.

Fakultas Kedokteran UGM Tempo Dulu
Sementara alumnus UGM lainnya yang bernama Elvira Soeroamidjojo menceritakan pengalamannya yang bikin kita merinding.

Tambahin ya.. saya FH UGM 2004.. pengalaman pribadi aja.. krn sering ikut moot court jd sering nginep kampus.. jd lumayan sering dpf kenalan "mahasiswa malam" FH UGM

Dulu pas nginep di kampus (tahun 2006) di ruanh foto copy, skrg ga tau dirubah jd ruang apa, lokasi dekat sekretariat akademik yg sebelah WC.. malam2 ke WC sebelah ruang fotocopy itu, Pas keluar liat ada tmn mau ke WC juga.. saya tanya, "kok ngantri ke? Kan WC lain kosong " (kalau ga salah ada 3 ato 4 WC disitu, "Airnya ga ada" jawab temen saya singkat, "Kok kamu pucet bgt?" Tanya saya krn memang temen saya mukanya pucet pake banget "Capek, kan kita sudah begadang seminggu lebih" jawab temen saya lagi lalu dia masuk kamar mandi dan saya kembali ke ruang fotocopy

Daaaannnn saat saya masuk ruangan dengkul saya langsung lemes, temen saya yang masuk kamar mandi ternyata ada di ruangan sedang duduk manis membaca berkas, ternyata yg saya ajak ngobrol itu bukan temen saya dooong.

Jalan jalan Pagi Di Sunmor UGM
Kisah Elvira emangmenakutkan dan sebelumnya ada 15 lokasi yang dirilis jogjastudent.com. Nah, sepertidilansirasli daritulisannya inilahlokasi-lokasinya.

1. Jembatan Fakultas Pertanian

Ada sebuah jembatan di kampus UGM yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan gedung lama dengan Fakultas Pertanian, sebelah utara lembah UGM. Di jembatan itu dikenal akan sosok hantu wanita berkerudung.Namanya Rohana. Rohana adalah penunggu jembatan Pertanian ini. Saking terkenalnya, Rohana udah jadiurban legend yang dipercaya dari generasi ke generasi mahasiswa pertanian UGM.

Asal tau aja, para korban yang lihatsosok Rohana adalah mereka pertama-tama lihatperempuan misterius itu berjalan di jembatan sampai akhirnya sosok itu melompat ke bawah. Namun saat dilihat ke bawah tak ada siapapun. Sebaiknya hati-hati bila kamu sedang melintas di bawah jembatan pertanian atau ingin mojok di jembatan itu, ya karena keangkerannya itu. Kecuali kalau kamu memang mau ketemu sama hantu di UGM.

2. Fakultas Ekonomi

Di area Fakultas Ekonomi dipercaya ada sosok hantu yang dijuluki mbak Yayuk. Bahkan penampakan Mbak Yayuk pernah tertangkap di kamera CCTV. Konon mbak Yayuk ini adalah mahasiswi abadi yang skripsinya sering ditolak. Dan karena kecewa, dia bunuh diri dengan melompati gedung. Kini ia beneran menjadi mahasiswa abadi di Fakultas Ekonomi UGM. Sekarang ini hantu Mbak Yayuk sering menampakkan diri di gedung M.Si, gedung yang terletak antara FE dan Fisipol. Tapi jangan salah sangka, konon mbak Yayuk ini baik lho.

3. Bunderan Teknik UGM

Terkabar mitos yang sudah dipercaya banyak mahasiswa UGM dari generasi ke generasi seputar area bundaran teknik UGM. Mitos itu adalah pelarangan menyanyikan lagu Gugur Bunga di area itu. Konon, jika kamu menyanyikan lagu Gugur Bunga di bundaran teknik UGM saat malam hari dan sendirian, akan ada sosok misterius atau kejadian mengerikan. Cobalah sendiri untuk membuktikan kebenarannya. Lumayan kan, siapa tau kamu dapat kenalan hantu di UGM sebelum lulus.

4. Balairung UGM (Rektorat)

Gedung rektorat UGM dipercaya sebagai lokasi penampakan pria Belanda dengan dandadan super rapi. Namanya Menir Josep. Ia kerap kali muncul ketika beberapa mahasiswa sedang beraktifitas hingga malam hari di kampus dan hilang saat dilihat atau dikejar.

Di tahun 1976 ketika kuliah masih di gedung pusat, Menir sering gentayangan di Fak. Filsafat, Geografi, dan Psikologi (Sekarang lantai. II Gedung Pusat). Dia suka membuka-tutup pintu dan membolak balik buku. Sosoknya tinggi kurus dan jalannya sangat cepat. Tahun 90-an menjadi waktu di mana banyak mahasiswa mengakui melihat sosok Menir Belanda. Hampir bisa dipastikan semua karyawan Gedung Pusat tahu dan pernah lihat sosok Menir.

Tahun 200an, pernah suatu ketika sekitar pukul 10 malam, ada dua mahasiswa GeofisikaUGMyang sedang ngenet di rektorat. Tiba-tiba datang seorang bapak tua dan duduk bersama mereka. Ketika salah satu dari dua mahasiswa itu mengambil bolpoin yang jatuh di lantai, ia kaget karena hanya ada dua pasang kaki, padahal di situ ada 3 orang. Ia menyadari ternyata kaki Josep Meneer itu mengambang. Ia lantas memutuskan pulang.

Merasa tak enak dengan teman yang ditinggalkannya, ia mengirimkan SMS supaya teman menjatuhkan pulpen dan melihat ke bawah. Anak itu langsung kaget saat tahu kaki bapak itu ngambang. Mencoba tenang dan tetap terlihat sopan, ia pamit kepada sang bapak. “Mau pulang karena sudah malam apa karena sudah tahu?” jawab sang bapak tua.

5. Gedung Registrasi Lama

Gedung registrasi lama terletak di Gg. Kinanthi, utara MMUGM. Sekarang gedung ini diruntuhkan dan dibangun asrama mahasiswa. Kawasan gedung registrasi ini udah sejak lama dianggap sangat angker. Di lokasi ini kerap bertebaran bau-bau menyengat sampai penampakan seorang wanita. Setelah dibangun asrama mahasiswa, mungkin suasananya berubah. Tapi dulu, sebelum 2007, saat gedung registrasi ini masih bediri, kawasan ini sangatlah gelap, terutama di malam hari yang sepi. Bahkan depan gedung, sekalipun diluar gerbang, setiap orang yang melintasi di Gg. Kinanthi ini pun bisa merasakan nuansa mistisnya. Jika kalian bertanya kepada orang disekitar lokasi ini, pasti mereka akan menjawab disinilah tempat paling angker se kampusUGM.

6. Gedung Fakultas Geografi

Penampakan ini dialami oleh Bayu, mantan aktivis Jamaah Musholla Geografi (JMG) yang saat kuliah sering menginap di kampus di malam hari. Ia kerap melihat penampakan kuntilanak dan kepala perempuan melayang di sekitar Fakultas Geografi. Seakan membenarkan, banyak mahasiswa yang percaya kalau di daerah sekitar fakultas geografi, yakni di dekat Magister Manajemen, hutan kampus dan selokan mataram, memang kerap menjadi lokasi penampakan sesosok putih seperti kuntilanak yang melayang di udara.

7. FisipolUGM

Ada lokasi yang kerap muncul penampakan di FisipolUGM. Lokasi pertama adalah di taman Fisipol. Di kawasan ini konon kerap muncul penampakan cahaya yang tiba-tiba bisa berubah menjadi sosok perempuan. Lokasi kedua adalah di Plaza. Konon di Plaza Fisipol ini kerap ada penampakan bagian tubuh yang tercecer. Tangan ada di plaza, dan kaki ada di ruang kelas. Tersebar. teori saya saja sih, belum ada riset untuk menanyakan kenapa ada nisan-nisan di taman depan, apa malah buat hiasan ya?

8. Fakultas Kedokteran

Kisah ini konon dialami sekelompok mahasiswa kedokteran yang sedang belajar di kampus hingga malam karena akan ujian praktek anatomi tubuh. Saat sedang belajar, mereka tiba-tiba datang bapak-bapak berusia sekitar 30an. Kemudian terjadi perbincangan dengan sang bapak:

Bapak : lagi belajar buat ujian praktek besok ya? Mahasiswa : Iya ni pak. (Jawabnya sambil acuh) Bapak : Mau saya kasih tau nggak soalnya yang keluar apa? Mahasiswa : Bapak bercanda aja nih Bapak : Saya serius, soalnya saya yang ngetik soal ujiannya, kalo nggak percaya nggakpapa, tapi baca-baca aja dulu. Mahasiswa : Yaudah pak, sini deh nggak papa pak, buat belajar.

Nah, begitu kelar dikasih, sang bapak langsung pergi tanpa pamit. Keesokan harinya, soal yang diberikan sang bapak 100% sama persis sama soal ujian prakteknya. Para mahasiswa itu tentu senang bukan kepalang. Tetapi kemudian ketika ujian praktek langsung, mereka terperangah. Mayat yang jadi bahan praktek adalah mayat sang bapak yang semalam memberikan soal-soal praktek. Mereka ketakutan. Mahasiswi yang mengetahui pada nangis.

9. Gedung bekas Perpustakaan Pusat

Lokasi gedung ini bersebelahan dengan MIPA selatan, depan KopmaUGM. Dulu gedung ini digunakan untuk Perpustakaan Unit 2 dan Swaragama. Gedung ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama digunakan untuk data, administrasi perpustakaan, mushola, dan cybernet. Lantai kedua murni untuk buku-buku perpustakaan. Lantai tiga digunakan hanya untuk operasional radio Swaragama. Menurut kabar dari penyiar-penyiar lama, saat mereka bekerja sendiri atau sedang piket malam, kadang-kadang mendengar atau merasakan aktifitas lain di lantai tiga. Seolah-olah di lantai itu juga sedang ada yang menggunakan untuk keperluan akademik atau perpustakaan. Padahal kalau malam tidak ada pelayanan apapun untuk mahasiswa, karena perpustakaanUGMditutup pukul 4 sore.

10. Perpustakaan Filsafat

Ada dua lokasi yang konon kerap munculhantudi Fakultas FilsafatUGM. Pertama di gedng kuliah lantai tiga. Di tempat ini seorang mahasiswa pernah melihat sosok laki-laki berkacamata dengan pakaian adat jawa dan memakai blangkon. Wajahnya mirip dengan Prof. Notonagoro. Tidak hanya sekali. Kadang seorang mahasiswa yang sedang duduk-duduk di depan sekretariat Komunitas Tiga Ruang Filsafat juga melihat sosok ini dari bawah. Lokasi kedua adalah di perpustakaan Filsafat. Hantu di tempat ini sering mengeluarkan suara-suara aneh pada malam hari seperti orasi yang dilakukan para mahasiswa pada umumnya.

11. Kantin Fakultas Hukum

Dari info yang berkembang di kalangan mahasiswa, tidak ada penampakan yang secara berkala muncul di kantin Fakultas Hukum. Hanya saja menurut penuturan mahasiswa lama yang masih kerap ke kampus, di lokasi ini sering tercium bau-bauan dengan aroma yang aneh. Bau-bauan ini menurut cerita seperti bau bunga-bunga bercampur dengan bau ketela busuk.

Di bagian komentar artikel ini ada beberapa tambahan lokasi angker untuk Fakultas Hukum. Silakan baca, jangan sampai terlewat.

12. Fakultas TeknikUGM

Terdapat pohon beringin di didepan Fakultas TeknikUGM, jangan sekali-kali kamu mengusik tampat ini atau mencoba menebangnya. Konon disinilah tempat tongkrongan para jin dan dedemit yang paling banyak. Daerah parkir di belakang Fak. Teknik Kimia juga konon angker. Tempat yang menjadi kawasan parkir ini adalah kawasan berdiamnya sosok lelaki bertubuh besar yang kerap dikenal oleh orang Jawa sebagaihantugenderuwo. Tak hanya genderuwo yang kerap menghantui mahasiswa teknikUGM, kerap kali di area ini juga tercium bau anyir darah yang sangat menyengat.

13. Masjid KampusUGM

Dulu, tanah tempat berdiri masjid kampusUGMadalah bukit kuburan Cina. Di Masjid Kampus ketika awal-awal dipakai, seorang mahasiswa bernama Ma’rufin Sudibyo pernah tindihan saat nginep di Maskam. Dalam kondisi setengah sadar, ia melhat potongan kaki raksasa (tanpa badan) menginjak dada. Di lain waktu pernah juga liathantuglundung pringis terbang di halaman depan.

Namun kini di lokasi ini kini tak terlalu angker. Jarang pula terjadi hal-hal yang aneh di masjid kampus. Tapi bukan berarti di kawasan itu tidak angker lagi. Bukan di masjid kampus, tapi di TK dan tanjakan TK dekat masjid kampus. Konon seringkali orang yang tengah berjalan di kawasan ini ditepuk pundaknya oleh seseorang yang tidak terlihat. Tentu ini terjadi saat malam hari. Sebagian besar kejadian itu terjadi di saat hujan. Ada pula yang mengatakan kalauhantunya berupa penampakan anak kecil, sehingga sering terjadi kecelakaan di sebelah timur komplek masjid.

14. Gedung MIPA Selatan dan Ruang Praktikum MIPA

Ceritanya Maret 2009 ketika tengah ujian ada seorang mahasiswa kebelet buang air besar, lantas ia bergegas ke salah satu WC gedung MIPA selatan. Tidak ada yang aneh ketika ia sedang di WC. Biasa-biasa saja. Lantas ada bunyi keran terbuka dan suara orang mandi di bilik sebelahnya. Setelah selesai buang air, si mahasiswa itu menengok ke bilik sebelahnya, ternyata kosong tapi keran di wc itu terbuka semua dan dia hanya sendirian di WC itu. Padahal tak lama sebelumnya terdengar suara orang sedang mandi.

Ada juga cerita angker di MIPA yang mengatakan kalau tangga di lantai dua gedung MIPA selatan itu berhantu karena konon ada pembunuhan personel keamanan MIPA. Dari arsitektur gedung, komplek gedung MIPA selatan memang terlihat seram, karena memang gedung lama dengan konstruksi arsitektur jaman belanda.

Lokasi lain adalah ruang praktikum FMIPA. Hampir sama dengan di kantin Fakultas Hukum, di ruang praktikum Fakultas MIPA ini angker bukan karena ada penampakan. Tetapi di kawasan ini terkadang terdengar suara-suara aneh seperti tangis bayi, pintu di banting atau barang yang jatuh di lantai. Namun kalau kita memeriksanya, tidak ada satu orangpun yang berada di ruangan itu. Memang tidak ada penampakan sih, tapi kalau kamu lagi di kampus lalu tiba-tiba ada suara bayi kan ngeri juga.

15. Gelanggang MahasiswaUGM

Gelanggang mahasiswa adalah pusat kegiatan mahasiswa yang sudah dibangun semenjak tahun 70-an. Jika kamu menuju kawasan ini siang hari mungkin tampak biasa saja. Cobalah datang di malam hari sendirian, maka kamu akan merasakan situasi yang cukup mencekam. Bagian dalam dan belakang Gelanggang Mahasiswa kerap kali menjadi lokasi penampakan yang menghantui mahasiswa.

Beberapa sosok yang kerap terlihat adalah kakek tua, kuntilanak, wanita tertawa atau laki-laki dewasa yang mendadak muncul dan menghilang tiba-tiba. Kadangmereka beraksi di ruang gamelan Gelanggang. Konon gamelan tiba-tiba berbunyi itu sudah biasa.

16. Fakultas Biologi (Tambahan)

Menurut, Agung Surono Karsonoseputro di group FB Kagama, banyak kesaksian yang mengatakan fakultas ini juga tergolong angker, terutama di green housenya Lab. Fisiologi Tumbuhan dan Lab. Taksonomi Tumbuhan bawah. Sumbernya dari kamar kecil di sebelah utara Lab aksonomi Tumbuhan bawah. Tapi bagian itu kini sudah rata dengan tanah. Lokasi lain yang angker adalah entomologi dan lantai 3 Biologi, terutama di komplek Laboratorium A. Di kawasan ini sering ada bau soto, dan ada yang bilang ada pocongnya.

Nah, kira-kira begitu deh cerita seram dari Kampus UGM. Cerita ini adalahkisah yang beredar dari mulut ke mulut, belum bisa diakui kebenarannya secara ilmiah. Menjadi semacamurban legendyang beredar luas. Pastinya, cerita ini jadi hal menarikyang bisa dikenang, selain mantan, selain suasana kuliah atau serunya Minggu pagi di BunderanUGM. Kalian mau buktikan kebenarannya? Boleh aja loh.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya