Ini Dia, 7 Ciri Supir Ojek atau Taksi Online. Lo Udah Pernah Ngerasain Semuanya Belom?

Rabu, 26 April 2017 | 09:00
Hai Online

Ini Dia, 7 Ciri Supir Ojek atau Taksi Online. Lo Udah Pernah Ngerasain Semuanya Belom?

Di sisi sebuah jalan raya ibu kota, motor-motor berpengendara jaket hitam atau hijau itu tampak berjejeran sambil tangannya memegang erat smartphone dari berbagai tipe. Nggak jauh dari sana, banyak orang berdiri di pinggir jalan, menunggu gelisah, juga sambil memegang smartphone.

Yap, kira-kira ngapain lagi mereka kalo nggak saling membutuhkan satu sama lain?

Di ibu kota, maupun di kota-kota besar lainnya, kita udah sering banget melihat ojek online wara-wiri dengan seragam kebangsaannya. Nggak cuma transportasi online berbasis kendaraan roda dua, kita juga bisa melihat atau memesan layanan taksi online. Hidup jadi mudah, semudah bikin marah gebetan atau pacar mie instan goreng pake telor dadar sambal matah.

Tapi, emang lo yakin banget kalo ojek dan taksi online itu senantiasa bikin hidup lebih mudah?

Kalo lo berpikir demikian, lo mungkin belom ketemu sama supir-supir ojek dan taksi online yang lumayan bertingkah. Jumlah mereka emang nggak banyak kalo dibandingin supir-supir yang baik hati lainnya. Tapi tetep aja, kehadiran mereka, bikin tipe supir ojek atau taksi online makin tambah beragam.

Pernah ketemu driver yang ngejemputnya lama minta ampun? Atau pernah nggak lo ketemu driver yang nggak mau cancel pesanan lo tapi minta cancel melulu?

Well, dari sekian banyak tipe driver transportasi online yang pernah HAI temui atau HAI denger kisahnya, kami bakal merangkumnya ke dalam 7 tipe driver online berikut ini.

Kira-kira, lo udah pernah ngerasain semua tipenya belom?

1. Sopan dan Setia Ontime

Ojek online. Foto: kompas.com
Pertama-tama, yuk kita bahas tipe ojek atau taksi online yang baik hati dan nggak neko-neko dulu. Tipe-tipe driver kayak gini adalah tipe driver yang sopan, ontime, dan nggak mau penumpangnya kecewa. Dia bakal nelfon penumpangnya kalo udah deket tempat tujuan, dan bakal menjemput penumpangnya persis di lokasi yang diharapkan. Pokoknya, tipe-tipe driver yang tujuannya cuma satu: asal penumpang senang dan keluarga bisa kenyang.

2. Tukang Ngobrol

Pernah nggak, ngerasain perjalanan yang jauh bareng driver transportasi online, dan sejak lo buka pintu, duduk, dan mau buka pintu lagi, lo diajakin ngobrol terus nggak pernah putus?

Nah, ini adalah tipe-tipe driver yang doyan ngobrol, karena mungkin dia emang orangnya extrovert dan suka cerita sama siapapun.

Kalo dapet driver yang kayak gini, sebetulnya tergantung kalian, sih, ngerasa itu malah seru atau malah mengganggu. Soalnya jangan salah, dari driver-driver tukang ngobrol kayak gini, kita biasanya bisa ngedapetin informasi baru yang bahkan nggak kita sadari sebelumnya. Bener, nggak?

3. Terlalu Perhatian

Sopan, ontime, hati-hati, nggak ngebut, suka ngobrol, okelah. Tapi kalo ramah dan sopannya kebawa-bawa sampe lo mau tidur, wah repot!

Kita tau sendiri, namanya menggunakan transportasi online, nomor telepon kita pasti bisa diakses sama driver-nya, terlebih waktu kita mau janjian di mana. Nah, bukannya nggak mungkin, nomor telepon kita ini sampe disalahgunakan.

Coba tanya cewek lo. Pernah nggak, dia “diperhatiin” segini rupanya sama driver transportasi online-nya? Kalo kami, sih, pernah banget ngedengerin kisah yang kayak gini. Bahkan, akun Line-nya sampe di-add dan di-chat tiap hari, lho! Ckckck…

4. Fake GPS

Fake GPS
Yep, percaya nggak percaya, di luar sana, di tengah-tengah sejumlah besar driver “baik”, ada juga driver-driver transportasi online yang bandel.

HAI sendiri pernah “nguping” pembicaraan driver transportasi online di sebuah kesempatan. Doi mengaku menggunakan fake GPS untuk melakukan order fiktif, supaya dapet bonus dari perusahaan aplikasi transportasi tempatnya bernaung.

Konon, berbagai aplikasi fake GPS ini sebenernya dulu diciptakan untuk memudahkan kita mendapatkan pokemon waktu main Pokemon Go. Tapi kemudian, fake GPS ini ternyata bisa disalahgunakan juga.

Nggak cuma bikin order fiktif dengan bantuan fake GPS dan akun pelanggan palsu, driver juga biasa menggunakan fake GPS buat ngedapetin penumpang di tempat ramai, padahal posisi driver ini nggak betul-betul ada di dekat lokasi tersebut.

Makanya nggak heran, waktu kita bikin order, terus dapet driver, terus kita lihat kalo di maps-nya itu, si driver udah kelihatan dekat dengan posisi kita, tapi dia nyampenya tetep lama, bisa-bisa, doi pake fake GPS, tuh!

5. Ngejer Rating

Wah, kalo yang ini, sih, hampir semua driver transportasi online pastinya punya keinginan buat selalu mertahanin rating yang mereka udah dapet. Makanya, maklum-maklum aja, deh, kalo setelah lo menggunakan jasa mereka, di akhir perpisahan, mereka pasti bilang “jangan lupa bintang limanya ya mas.”

Lo semua pasti sering kan diginiin sama driver, kan?

6. Minta Cancel

Ojek online. Foto: kompas.com
Sejauh pengamatan HAI, di salah dua aplikasi transportasi online yang berkembang pesat di Indonesia, ada satu peraturan yang tidak membolehkan driver meng-cancel penumpang lebih dari sejumlah kuota pembatalan yang mereka punya.

Nah, dari driver-driver yang pernah HAI temuin dan wawancara, mereka emang ngaku, cara yang biasa digunakan untuk ngakalin peraturan tersebut –kalau mereka nggak mau nganter penumpangnya, sementara order udah diambil–, mereka akan meminta penumpang untuk membatalkan order tersebut dengan dalih ban bocor, atau jarak masih jauh, atau alasan-alasan lainnya.

Sayangnya, penumpang juga sebetulnya punya risikonya sendiri, lho, kalo ngebatalin order tersebut. Antara kena denda, atau jadi dinomorsekiankan sama si aplikasi transportasi online kalo si penumpang udah keseringan ngebatalin pesanan.

Wah, gimana nggak sebel, kan, jadi penumpangnya? Niatnya buru-buru, eh, malah disuruh cancel dan susah buat nyari driver lagi. Kasihan…

7. Driver Anti Takut

Foto: detikNEWS
Nggak cuma bandel dalam hal ngakalin GPS, tapi ada juga, lho, beberapa driver yang sempet HAI temui, bener-bener pake cara “bandel” buat memuaskan penumpangnya.

Contohnya gini. Demi tiba ontime di tempat tujuan, driver ini bakalan menggunakan kecepatan tinggi alias ngebut, ataupun ngelawan arah, supaya pelanggannya tetep tiba ontime dan driver ini bisa ngehindarin macet.

Yaaa, mungkin emang bakal lebih cepet sampe tujuan, sih. Tapi, kan, kalo penumpangnya kenapa-napa, kasihan, toh?

Nah, dari beberapa tipe driver transportasi online yang HAI tulis ini, lo pernah menemukan tipe driver lainnya, nggak? Kalo pernah, yuk di-share jawaban dan pengalaman kamu di kolom komentar.

Oh iya, satu hal yang HAI pengen tegesin, meski ada driver-driver yang bandel atau nyebelin, tapi nggak semua driver transportasi online nggak punya sopan santun dan nggak ngelaksanain aturan yang ditetapkan. Pastinya ada banyak banget yang patuh, meski ada juga yang demennya ngelanggar peraturan melulu.

Yang paling penting, sih, selalu hati-hati dan jangan lupa berdoa, bro!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya