Ternyata Sosok-Sosok Seperti Ini Yang Jadi Panutan Para Pelajar SMA Sekarang

Rabu, 19 April 2017 | 10:34
Rizki Ramadan

student talks - panutan

Kalau kita tinjau dari KBBI. Panutan itu artinya adalah, contoh yang baik,dan teladan untuk seseorang. Sedangkan Idola adalah, orang, benda, gambar dan sebagainya yang dijadikan pujaan. Artinya, panutan dan Idola itu punya makna yang hampir sama ya, gaes. Sama-sama ditiru.

Jadi panutan ini punya andil yang besar dalam menginspirasi orang-orang yang mengidolakannya. Jika idola berbuat baik, maka para penggemarnya pun akan berbuat baik. Sebaliknya, jika Idolanya mencontohkan perilaku yang tidak terpuji, maka para penggemarnya juga akan melakukan hal yang sama. Maka dari itulah kita harus menggunakan Peribahasa "ambil pati, buangkan ampas." Yang artinya, ambil yang baik, dan buang yang buruk.

Nah, di zaman yang serba digital ini, semua orang bisa jadi Idola, baik itu karena prestasinya di bidang berkuda, karirnya di dunia tarik suara, atau karena keduanya. Misalnya, Perempuan dengan topeng yang bernyanyi diatas kuda puncak. Multi talenta.

Hai penasaran deh, sama temen-temen SMA kita, siapa sih orang-orang yang mereka jadikan panutan. Yuk langsung disimak gaes!

Mutiara Sukmadewi – SMAN 4 Depok

Apasih Definisi Panutan buat lo?

Panutan ituseseorang yang punya suatu hal positif yang patut kita contoh dan teladani. Juga orang yang kita kagumi, yang menginspirasi kita entah itu dari sisi bakatnya, dari yang dia kelakuannya, maupun dari segi fisiknya.

Menurut lo, Apakah tiap Individu perlu untuk punya Idola?

Kalo menurut gue sih nggak perlu, harusnya kita yang berusaha untuk diidolakan. Hehehe

Kalo untuk lo sendiri, sudahkah punya panutan?

Sejujurnya, sampe saat ini belum ada yang bener-bener diidolakan banget. Cuma gue suka banget sama Dian Pelangi, terlebih sama model-model baju yang dia buat. Apalagi dia kan udah terkenal banget tuh di Indonesia bahkan ke mancanegara. Nah, gue jadi termotivasi untuk menjadi muslimah yang stylish dan trendi. Hehehe.

Amalia Marisa – SMAN 47 Jakarta

Apa sih definisi panutan buat lo?

Panutan itu seseorang yang bener-bener lo apresiasi hidupnya, yang menurut lo pantes untuk jadi teladan. Bukan Cuma sekedar suka.

Menurut lo, Apakah tiap Individu perlu untuk punya Idola?

Tergantung, apakah dia cuma ingin jadi dirinya sendiri, atau jadi idola buat orang lain lagi

Kalo untuk lo sendiri, sudahkah punya panutan?

Gue mengidolakan diri gue sendiri. Gue pengen menginspirasi orang banyak. Dari kecil nyokap bilang, gue harus lebih sukses dari dia.

Jadi gue menarik kesimpulan sendiri, yaitu gue harus bikin diri gue se-sukses yang gue bisa hehehe.

Oh iya, selain itu gue juga mengidolai Pak Habibie, dia such an inspiration buat gue. Karena dia pribadi yang keras kepala, tapi itu juga untuk kepentingan orang lain. Dia berani fight untuk sesuatu yang menurut dia bener dan berfaedah untuk orang banyak. Dia tipe orang yang ngerjain sesuatu nggak tanggung-tanggung, kalo bisa 200% dia pasti berusaha 200% juga. Pokoknya gue salut!

Fatiha Rahma –SMAN 68 Jakarta

Apasih definisi panutan buat lo?

Panutan itu orang yang gue kagumi dan jadi tolak ukur kehidupan sih

Menurut lo, Apakah tiap Individu perlu untuk punya idola?

Perlu banget buat jadi seseorang yang bisa jadi patokan. Biar ada life goals, biar tau apa yang mau dicapai

Kalo untuk lo sendiri, sudahkah punya panutan?

Udah kok secara garis besar hahaha. Yang pertama ada Gie, karena gue mau berkarya dengan periode waktu yang terbatas kaya dia. Juga ada Baskara (@wordfangs), bos gue di BagiKata, karena 10:24 yang dia tulis di Blog dia itu menginspirasi gue buat berkarya. Keduanya memacu gue untuk semakin aktif sih

Andaradisha Getaya – SMAN 100 Jakarta

Apasih definisi panutan buat lo?

Orang yang kita kagumin yang jadi inspirasi. Hehehe

Menurut lo, Apakah tiap Individu perlu untuk punya Idola?

Kalo dari gue si ngga. Gimana ya, perlu ga perlu sih idola itu. Tapi ya pasti, setiap orang pengen jadi kayak orang lain. Walaupun itu bukan idola. Ya, sebagai inspirasi aja. Tapi nggak terlalu baik juga terlalu mengagumi orang. Jadi perlu atau nggak perlu punya idola itu ya gapenting sih. Kadang kita juga mau jadi diri sendiri, kadang juga mau jadi kayak idola. Jadi intinya, suatu individu ngga “harus” punya Idola.

Kalo untuk lo sendiri, sudahkah punya panutan?

Kalo dalam fashion, gue suka Enid di film Ghost World, karena dia cool aja gitu. Gaya ngomongnya, cara berpikirnya, tapi gue juga nggak suka sama sikap dia yang egois gitu.

Dinda Putri – SMAN 8 Depok

Apasih definisi panutan buat lo?

Panutan itu sosok orang yang karena sesuatu kelebihan yang dia punya sehingga dapat menarik perhatian kita, panutan itu jadi kayak inspired buat kita sendiri entah karena dia pinter, cantik, ganteng/karyanya dll. Panutan juga sosok orang yang disorot banyak orang karena mempunyai prestasi.

Menurut lo, Apakah tiap Individu perlu untuk punya idola?

Jelas perlu dong, dia bisa buat kita termotivasi untuk melebihi dia, hidup kalo gapunya panutan flat dong, masa sih kita harus di zona kita yang gitu-gitu aja, gaada keinginan buat jadi lebih. Gamungkin kan?

Kalo untuk lo sendiri, sudahkah punya panutan?

Ada dong jelas, kalo dari passion gue sih gue suka photoghraphy, otomatis gue pengguna aktif instagram. Contohnya @harrissyn, gue suka banget sama hasil photo dia, keaslian disetiap gambarnya, tone-nya yang adem, cerita-cerita di setiap fotonya.

Dia pernah bilang waktu di seminar, “Apapun itu gear (Camera) yang lo pake, Just Do It, jangan gengsi sama orang-orang yang punya gear lebih bagus, buktiin yang sederhana bisa buat sesuatu yang mewah juga”.

Dari situ gue mulai buka mata gue, ‘Kalo orang lain bisa, kenapa gue nggak?’.

Tapi apapun itu, orangtua gue panutan yang paling pertama, cos they support me in any conditions.

Dzabi – SMAN 55 Jakarta

Apasih Definisi panutan buat lo?

Panutan itu buat gue, lebih ke idola sih, apalagi kan idola gue kebanyakan itu musisi, dan gue terkadang ngikutin cara main mereka.

Menurut lo, Apakah tiap Individu perlu untuk punya idola?

Secara nggak sadar sih, setiap orang punya idola. Perlu atau nggak perlunya , balik lagi ke individu masing-masing. Apa dia butuh seorang panutan atau nggak.

Kalo untuk lo sendiri, sudahkah punya panutan?

Gue tuh baru sadar kalo idola gue itu ternyata John mayer. Saking sukanya sama Mayer, gue beli gitar yang modelnya sama dan niruin cara mainnya doi, walaupun susah banget sih.

Asli deh, Fender signaturenya John Mayer itu bisa 60 juta-an, dan gue hanya mampu beli yang merek Squier dengan harga 1 juta hahaha.

Tapi gue salut banget sama Mayer, bisa main genre apa aja, cuman untuk metal gue belum liat sih.

Album nya mulai dari Pop,Folk, Country, Jazz, sampe Blues pun ada. Pokoknya cocok banget sih sama taste music gue. Meskipun, dia sempet dibilang underrated gitu sama orang sana, padahal mah jago banget asli.

Oiya, dia baru ngeluarin album, namanya The Search For Everything Wave One sama Wave Two. Coba aja dengerin, jago kalo ngga naksir Mayer.

-Penulis: Bintang Putra - SMKN 1 Depok

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya