7 Film Biopic Yang Menceritakan Kisah Hidup Musisi Dunia

Minggu, 16 April 2017 | 03:15
Rizki Ramadan

poster Film Sid & Nancy

Ada banyak cara untuk mengabadikan kisah hidup seseorang. Salah satunya adalah dengan membuatkan film biopicnya. Di ranah musik, banyak sekali musisi yang memiliki kisah menarik, baik itu kisah perjuangannya, atau pun kontroversi hidup yang ia jalani.

Para filmmaker dari masa ke masa sudah membuat beberapa filmnya. Ini lah 7 di antaranya:

Walk The Line (2005)

Poster Walk The Line
Bercerita tentang perjalanan hidup musisi country ternama, Johnny Cash. Dari mulai ia di pertanian kapas Arkansas hingga ia terkenal dan masuk ke label Sun Records di Memphis. Di sana ia rekanam bersamaan dengan Elvis Presley, Jerry Lee Lewis dan Carl Perkins. Johnny di film ini diperankan oleh Joaquin Phoenix.

The Doors (1991)

Poster Film The Doors
Dari namanya udah ketauan kalau film ini berkisah tentang perjalanan band rock ’60-an, The Doors. Film ini juga fokus ke perjalanan sang frontman-nya, Jim Morrison dari mulai ia sekolah di Los Angeles hingga meninggal di Paris pada umur 27 tahun. Jim Morrison diperankan oleh Val Killmer.

Sid and Nancy (1986)

poster Film Sid & Nancy
Bercerita tentang pentolan band punk Sex Pistol, Sid Vicious dan hubugannya dengan Nancy Spungen. Setelah Sex Pistols bubar paska tur Amerika Serikat, Sid mencoba menjalani kariernya sendiri. Namun, ia mengidap kecanduan heroin. Film ini juga menceritakan bagaimana Nancy ditemukan meninggal dan Sid ditangkap sebagai pelakunya. Film yang dikerjai oleh Alex Cox ini sempat menuai sejumlah kontroversi.

Love and Mercy (2014)

Poster film Love and Mercy
Ada yang suka Beach Boys? Film ini bercerita tentang hidup sang pentolannya, Brian Wilson menghadapi kelainan mentalnya sambil tetap mengerjakan musik pop masterpiece-nya. Di film ini, Brian diperankan oleh dua aktor. Paul Dano memerankan Brian di masa remaja, sementara John Cusack memerankan Brian masa remaja.

Control (2007)

poster film Control
Penyuka Joy Division mesti hapal dengan film ini. Ya, Control bercerita tentang hidup sang vokalis, Ian Curtis yang memiliki hidup yang begitu fluktuatif. di antara kehidupan personalnya ia memiliki masalah hubungan percintaan bahkan sampai membuatnya bunuh diri pada umur 23 tahun. Ian Curtis di film ini diperankan oleh Sam Riley

I’m Not There (2007)

Poster Film Im Not There
Bisa dibilang ini adalah film biopic yang paling unik. Tokoh yang jadi sentral adalah Bob Dylan. Tapi di film ini ada 7 aktor yang memerankan Bob Dylan. Tiap aktor beda cerita dan beda perspektif pula. Ada yang menceritakan Bob Dylan sebagai aktor, ada juga yang menceritakan sisi masa kecil Bob Dylan. Menariknya, di sini Bob Dylan juga diperankan oleh seorang aktris, yaitu Cate Blanchett

8 Mile (2012)

poster film 8 Mile
Ini adalah film biopic yang menempatkan sang musisinya sebagai tokoh utama. Ya, dialah Eminem. 8 Mile bercerita tentang perjalanannya sebagai rapper. Bagaimana ia mulai suka dengan rap, kebiasaannya menulis lirik di bus, dan bagaimana ia menghadapi masalah keluarga dan cinta.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya