BritAmaXHaiDay 2017: Semua Datang, Semua Senang

Senin, 03 April 2017 | 12:00
Alvin Bahar

HAIDAY DAY 1

Nggak lama lagi, BritAmaXHaiDay 2017 akan digelar di Parkir Timur Senayan, pada 29 dan 30 April 2017 nanti. Bakal banyak banget keseruan yang bakal dihadirkan, termasuk tentunya para musisi yang tampil di main stage. Siapa aja mereka? Hmmm..., mending kepoin terus informasinya di social media HAI dan Hai-Online.com. Tapi, biar kamu nggak terlalu penasaran, nih HAI kasih rekap HaiDay dari tahun ke tahun ya!

Yang pertama yang harus kamu tau, datang ke BritAmaXHaiDay tentu buat menghibur diri. Cari keramaian, ketemu temen, nyari gebetan, dan nyanyi bareng yang bikin kita ogah pulang.

Sejak pertama kali digelar pada 2012 lalu, area main stage selalu menjadi salah satu daya tarik utama HaiDay. Nggak mengherankan, soalnya deretan para pengisi acara di main stage emang keren-keren, dahsyat, dan unik. Salah satu keunikan yang ada di HaiDay pertama misalnya, kalo boleh sombong, untuk pertama kalinya band-band cadas macam Seringai dan DeadSquad, berbagi panggung dengan JKT48, ya cuma di HaiDay.

Kalo sekarang, kita nggak usah buru-buru ngomongin siapa aja yang tampil. Biar suasananya makin seru, yuk, kita flashback dulu, ada kejadian “ajaib” apa aja yang terjadi selama gelaran HaiDay 2012 sampai HaiDay 2015 kemarin. Begitu nongkrong di main stage HaiDay, dijamin kita semua yang datang, kita semua juga senang! Ada yang masih inget cerita-cerita berikut ini?

ARIAN13 JADI DUTA ANTI TAWURAN (HAIDAY 2012)

Seringai
Untuk pertama kalinya, JKT48 Manggung bareng di satu panggung yang sama dengan Seringai, ya cuma di HaiDay 2012. Gelaran perdana HaiDay ini juga menghadirkan tema khusus, yaitu #1Lawan1. Buat yang belum tau atau mungkin lupa, jadi movement yang diangkat itu berdasarkan fakta bahwa, di tahun 2012 itu, banyak kejadian tawuran diantara para pelajar sampai jatuh korban jiwa.

Nah, oleh karena itu, tema #1Lawan1 dipilih. Nggak melulu soal ribut atau berantem, #1Lawan1 di sini bisa diartikan secara luas. Serunya, kampanye #1Lawan1 turut dibawa ke main stage HaiDay 2012, tepatnya ketika Seringai tampil. Sesaat sebelum Seringai tampil membawakan lagu pamungkasnya malam itu, Mengadili Persepsi (Bermain Tuhan), temanteman SMA di Jakarta naik panggung untuk menjadi bagian dari movement #1Lawan1. Sontak, para metalheads, Serigala Militia, dan pengunjung yang masih ingin menyaksikan Seringai pun sempat “rusuh”.

Untungnya, sang jagoan kembali naik ke atas panggung, siapa lagi kalo bukan Arian13. Sang frontman mampu membuat masa yang tadinya beringas, bisa menjadi adem kembali dan mulai menerima pesan dari movement #1Lawan1.

Tanamkan di kepala kalian, kalo tawuran itu, apalagi sampai membunuh teman sendiri nggak cool, nggak keren. Ambil gitar, jadilah, anak band, ambil motor jadilah pebalap profesional. Pemuda keren itu, individu merdeka,” ujar Arian13, sebelum lagu Mengadili Persepsi (Bermain Tuhan) dikumandangkan. Good job, sir!

SKJ METAL ALA THIRTEEN (HAIDAY 2013)

Di gelaran kedua HaiDay pada 2013, keseruan serta pancaran keceriaan di main stage masih bersinar terang. Salah satu kekuatan area main stage di HaiDay adalah, area ini udah selalu dipadati para pengunjung sejak siang bolong, alias saat matahari lagi bersinar terikteriknya. Soalnya, deretan bintang tamu yang dihadirkan di HaiDay selalu luar biasa.

Nah, kali ini, salah satu keseruan main stage yang cukup ciamik dihadirkan oleh Thirteen. Meskipun pada saat itu band cadas asal Jakarta tersebut baru berganti vokalis, namun daya tarik mereka tetap luar biasa. Area main stage di sore hari langsung berubah menjadi lautan Thirteen army (fans Thirteen).

Datang ke panggung dengan “seragam” ala anggota senam SKJ, Ayam (vokal), Bondry (gitar), Riko (bas), Eponk (Synth), dan Radit (drum) berjoget-joget dulu dengan iringan lagu SKJ! Pecah.

PEE WEE JIRO KEJAR SASSY GIRL (HAIDAY 2014)

Taro Jiro di HAI DAY 2014
Satu hal yang unik dalam gelaran HaiDay di 2014 adalah banyak invasi musisi-musisi dari Negeri Sakura yang ikut meramaikan. Nggak tanggung-tanggung, ada 5 musisi Jepang yang tampil di main stage, mereka adalah Dorothy Little Happy, Taro and Jiro, Amiaya, Cyntia, dan Eir Aoi.

Serunya, salah satu rombongan Jepang ini ada yang berkolaborasi dengan musisi Indonesia, lho. Yap, siapa lagi kalo bukan Taro and Jiro dan Pee Wee Gaskins. HAI bahkan sempet ngintipin mereka latihan satu hari sebelum HaiDay digelar, lho. Ketika baru aja sampai Jakarta, HAI sempet ngobrol dikit bareng duo gitaris ini.

“Ya, kami memang belum pernah bertemu mereka, dan belum bisa menebak bakal seperti apa kolaborasinya. Tapi justru itu yang membuat kami penasaran,” ujar Taro, yang diamini oleh Jiro.

Hasilnya? Yap, mereka ternyata tampil bareng membawakan salah satu tembang anyar Pee Wee Gaskins saat itu, Sassy Girl. Cakep!

SIHIR OM PMR (HAIDAY 2015)

OM PMR tampil di HAIDay 2015
Lagi-lagi, banyak banget momen yang seru buat diceritain dalam gelaran HaiDay, tapi di 2015 ini, kayaknya yang menang banyak adalah rombongan geng Om Joni Iskandar dan teman-temannya yang tergabung dalam sebuah grup bernama Orkes Moral Pengantar Minum Racun a.k.a. OM PMR.

Meskipun usia mereka nggak muda lagi, tapi banyak keajaiban-keajaiban yang mereka hadirkan ketika tampil di main stage pada saat matahari sebentar lagi akan terbenam. Asoy banget, deh, sore-sorean ketawa renyah denger om-om ini pada ngelawak.

Nah, kalo di BritAmaXHaiDay 2017, siapa yang aksinya nggak boleh lolos buat ditonton? Mending kalian pantengin terus informasinya di social media HAI dan tentunya HAI-Online.com, ya!

SCHOOL AREA: AJANG PAMER SEKOLAH, DAN TEBAR PESONA

Masuk ke area ini, berasa kayak di kantin sekolah pas istirahat. Banyak makanan, ketawa-ketawa, dan tentunya pemandangan indah yang menyejukkan mata.

Masih jadi cita-cita, karena kami baru sanggup mengumpulkan sekolah-sekolah dari kawasan Jabodetabek sebagai permulaan. Dalam bayangan kami waktu merancang School Area ini sebenarnya sederhana aja tujuannya. Mereka bisa buka stand, dan mempromosikan kegiatan sekolahnya kepada audience HaiDay yang hadir saat itu.

Di HaiDay 2012 yang jadi debut kami, mereka kami undang berdasarkan perwakilan dari kelima wilayah di Jabodetabek. Toh, mereka akhirnya lebih pintar untuk memanfaatkan fasilitas “hadiah” (ya, bisa dibilang gitu, karena gratis.tis.tis!) dari HAI ini. Karena beberapa sekolah punya acara pensi dan kejuaraan yang akan berjalan setelah penyelenggaraan HaiDay, para panitia yang juga jadi kru stand memanfaatkannya sebagai ajang promosi acara dan penggalangan dana.

KOMPETISI SEKOLAH YANG SELALU RAME

Area ini termasuk spot rame sepanjang gelaran HaiDay. Sejak pagi, kru stand udah sibuk menghias stand. Sekali loading aja ada enam sampe sepuluh orang yang turun. Kalo biasanya ada 10 stand di School Area, berarti minimal ada 60 orang berkeliaran di area itu sejak gerbang dibuka pukul 7 pagi.

Oh iya, HaiDay selalu buka sejak pagi bukan karena ada penjaga shift-shift-an macam Sevel. Tapi di area School Competition emang sudah bunyi sejak jam segitu. Lombanya? Ada Tawuran Paskibra, yang sering bikin kita berdecak kagum karena melibatkan koreografi seru. Kadang malah mirip modern dance.

Nah, modern dance pasti ada dong untuk kecengan penonton yang baru masuk dari pintu gerbang.

Malah, pada tahun 2012 di saat shuffle dance masih ngetop, tarian yang mengandalkan dentuman bas sebagai ketukan itu juga dilombakan lho! Tunggu aja keseruan apa yang BritAmaXHaiDay bikin tahun ini, dengan hadirnya EDM, dance, dan band competition.

Dan “perang urat syaraf” pun kerap terjadi kalo band yang lagi main, punya supporter heboh. Nggak mau kalah, band sekolah berikutnya pasti beraksi yang mengundang aksi gokil penonton. Supporter band mendadak jogedan? Itu sih udah biasa. Malah, kadang ada yang crowd surfing segala.

Abis kompetisi band sekolah, penampil udah nggak ada bedanya sama panggung utama. Artis dan band yang lagi kenceng di radio juga diundang beraksi di sana. HiVi! dan Payung Teduh pernah merasakan crowd area ini yang nggak luntur meski udah malem. Malah, di tahun 2014, Payung Teduh ngerasain betapa loyalnya crowd School Area meski diguyur gerimis.

Makanya, kalo ke BritAmaXHaiDay, jangan sampai ngelewatin School Area ya! Jangan lupa, daftarkan diri kamu supaya bisa berkompetisi di BritAmaXHaiDay saat roadshow BritAmaXHaiDay mampir ke sekolah kamu, dan ikuti elimination round-nya. See you there.

MARKETPLACE: JADI GANTENG ITU MURAH

Area ini di HAIDay selalu jadi inceran kita buat nambah koleksi pakaian yang murah meriah. Nggak ada salahnya membangun jiwa entrepreneur sejak masih remaja. Pesan ini pas banget sama jiwa kita yang masih suka mencoba hal-hal baru, termasuk berbisinis. Seperti yang dilakukan teman-teman kita dari HAI Entrepreneur Club yang pernah dimuat dalam rubrik Heroes Among Us.

Atas nama men-support entrepreneur muda lokal, sejak HaiDay 2012 HAI sengaja membuat area khusus entrepreneur tempat mereka membuka lapak. Mulai dari bisnis kuliner, clothing, hingga barbershop.

Di area ini, mereka berjualan dan menarik perhatian pengunjung dengan caranya masing-masing. Abis itu, HAI juga bakal ngasih penghargaan bagi mereka yang mampu menarik perhatian maupun pembeli. Biar mereka makin semangat.

Bukan cuma para entrepreneur yang semangat memamerkan dagangan, pengunjung HaiDay justru lebih semangat lagi buat berburu belanjaan. Window shopping, orang lalu-lalang sambil membawa tas belanjaan, ngaca sambil fitting baju, jadi pemandangan yang bakal selalu ada di area Heroes Among Us di HaiDay.

“HaiDay, kan event tahunan. Ya, kalau event itu waktu yang tepat buat bikin sale. Kalau jual harga normal, ya, ngapain ikut event,” kata Mohan, founder Thanksinsomnia yang berani banting harga di setiap HaiDay.

“Yang datang, sih, sekitar 2000 pengunjung. Di sini nggak cuma potong, ada yang di stylish doang. Tapi ada juga yang mampir nanya-nanya dan ambil brosur,” cerita Emyr, owner Barberbox yang kewalahan mengurus antrian pengunjung Barberbox di HaiDay 2013.

Pengen banget dateng tapi kantong lagi kering? Tenang, HAI bareng Tabungan BRI BritAma bagi-bagi saldo BRIZZI hingga 250 ribu pas roadshow BritAmaXHaiDay dan beragam hadiah lainnya! Kurang apa lagi?

Makanya, jangan lupa datang ke BritAmaXHaiDay 2017 ya! Diingetin lagi nih: tanggalnya 29-30 April 2017 di Parkir Timur Senayan. Dan tunggu aja kejutan seru lainnya dari Tabungan BRI BritAma ya. Don’t miss it!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya