Nggak Kayak Di Indonesia, 10 SPBU Ini Punya Desain Unik dan Stylish Lho!

Rabu, 15 Maret 2017 | 05:30
Dimas Yulian

Crochet Gas Station – New York

Dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor yang begitu banyak, otomatis Indonesia juga memerlukan pasokan bahan bakar dengan jumlah yang sama. Maka nggak heran kalo di Indonesia akan sangat mudah menemui Stasiun Pusat Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di berbagai lokasi. Di Indonesia sendiri desain SPBU hampir semua memiliki bentuk yang sama. Ini dikarenakan hampir semua SPBU di Indonesia dikelola oleh salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina.

Tapi di berbagai negara yang lain, hal ini nggak berlaku. Karena dikelola oleh swasta, bentuknya pun jadi beragam. Beda dengan SPBU yang ada di Indonesia yang punya desain dan warna yang serupa dengan warna merah dan putih yang udah kayak jadi ciri khas. Di Jakarta sendiri memang ada beberapa SPBU yang dikelola oleh pihak swasta yang memiliki desain sedikit berbeda dari segi warna. Akan tetapi buat konsep dan bentuknya sendiri bisa dikatakan masih konvensional.

Berbeda dengan Indonesia, di berbagai belahan dunia terdapat SPBU yang memiliki desain dan konsep yang unik. Mulai dari bentuk pompa, hingga arsitektur bangunan yang nggak konvensional. Seperti dikutip dari Oddee.com, ini dia 10 SPBU dengan konsep paling keren dari berbagai penjuru dunia.

Vintage Orbit Gas Station – Sacramento

Vintage Orbit Gas Station – Sacramento
SPBU Vintage Orbit ini terletak di Sacramento, California. Sesuai dengan namanya, SPBU ini memiliki bentuk dan konsep yang unik. Bangunannya terlihat seperti kapal alien dengan bentuk runcing yang mengarah ketiga sisi.

Crochet Gas Station – New York

Crochet Gas Station – New York
SPBU yang berada di New York ini adalah instalasi seni yang dibuat oleh seniman bernama Jennifer Marsh. Dia ngedesain SPBU ini pada 5 Mei 2007 sebagai bagian dari World Reclamation Art Project.

Jack Colker Union 96 Gas Station – California

Jack Colker Union 96 Gas Station – California
SPBU Jack Colker Union 96 ini terletak di Crescent Drive, Beverly Hills, California.Struktur atap segitiga dengan hiasan lampu-lampu panjang membuatnya terlihat mewah dan elegan.

Tower Conoco Gas Station – Texas

Tower Conoco Gas Station – Texas
SPBU ini berada di Texas, Amerika Serikat. SPBU ini udah dibangun sejak lama dan direstorasi kembali oleh pemerintah Kota Shamrock. Sayangnya, bangunan ini sekarang udah nggak difungsikan sebagai SPBU lagi. Saat ini, bangunan ini beralih fungsi menjadi Chamber of Commerce, Kota Shamrock.

Poshest Gas Station – Los Angeles

Poshest Gas Station – Los Angeles
SPBU ini berada di Los Angeles, Amerika Serkat. Selain desain dan bentuk bangunannya yang unik dan keren, SPBU ini juga dibangun dari bahan hasil dari daur ulang. SPBU ini juga menggunakan panel surya yang juga ramah lingkungan.

North Palm Canyon Drive – Palm Spring

North Palm Canyon Drive – Palm Spring
SPBU ini berada di 2901 North Palm Canyon Drive. Dibangun pada tahun 1963 oleh Frey dan Chambers, SPBU ini didesain unik buat memberikan efek dramatis pada batas. Selain sebagai SPBU, bangunan ini emang difungsikan buat simbol selamat datang.

Skovshoved Gas Station – Kopenhagen

Skovshoved Gas Station – Kopenhagen
SPBU yang berada di Kota Kopenhagen, Denmark ini dirancang oleh Arne Jacobsen pada tahun 1937.

Moil Container Gas Station – Uganda

Moil Container Gas Station – Uganda
SPBU dengan desain yang cukup unik ini berada di Distrik Koboko, West Nile, Uganda. Mereka mendesain sebuah kotak kontainer menjadi sebuah SPBU yang memiliki konsep yang unik dan kreatif.

Texaco Gas Station – Kansas

Texaco Gas Station – Kansas
SPBU Texaco ini terletak di Kansas, Amerika Serikat. Yang membuat SPBU ini unik adalah konsep vintage yang masih dipertahankan hingga saat ini. Mulai dari pompa, hingga desain bangunannya.

Teapot Gas Station – Washington

Teapot Gas Station – Washington
SPBU yang berbentuk lucu ini ternyata telah dibangun cukup lama, tepatnya pada tahun 1922. Bangunannya didesain oleh Jack Ainsworth. Sampe saat ini, SPBU ini disebut sebagai SPBU tertua yang pernah digunakan di Amerika Serikat. (Dimas/Alvin)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya