Menteri Pariwisata dan Romo Venus Sambut Raja Salman Pake Bahasa Arab, Ngomong Apa Aja Ya?

Senin, 06 Maret 2017 | 13:30
Dimas Yulian

Rombongan Raja Salman ketika tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali

Kedatangan Raja Salman di Bali disambut spesial oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dan Imam Katolik Pastor Eventius Dewantoro, Pr atau akrab disapa Romo Venus. Keduanya sambut Raja Salman pake bahasa Arab saat tiba di Bandara Ngrah Rai, Bali. Arif Yahya, menyapa dengan “Ahlan wa sahlan wa marhaban.. Alhamdulillah ala salamah”. Kemudian Romo Venus menyapa, “Ahlan wa sahlan”.

Lalu, apa sebenernya makna sapaan Raja Salman yang diucapkan oleh Arif Yahya dan Romo Venus? Pengajar Program Studi Sastra Arab, Universitas Indonesia, Maman Lesmana bilang kalo sapaan tersebut adalah jenis sapaan yang umum digunakan.

“(Yang diucapkan Menpar Arief Yahya) Selamat datang, Alhamdulillah,, semoga selamat. Sebagai ungkapan lisan istilah ahlan wa sahlan dalam semua referensi artinya selamat dantang,” kata Maman seperti dikutip dari Kompas.com.

Raja Salman pun kemudian ngebales sapaan Arif Yahya dengan, “Alhamdulillah.. Syukron.. Katsiron”. Menurut Maman, bahasa Arab yang digunakan Raja Salman dalam urusan negara adalah Modern Standard Arabic.

“Yang digunakan Raja Salman kalo sedang urusan negara yang dipakai Modern Standard Arabic atau bahasa resmi PBB yang digunakan oleh semua negara Arab dan negra lain yang menggunakan bahasa Arab,” jelasnya.

Kedatangan rombongan Raja Salman di Bali
Maman juga bilang kalo bahasa Arab yang dipake oleh Menpar Arief Yahya adalah hal yang biasa diucapkan oleh orang Arab pada umumnya. Akan tetapi berbeda dengan saat Raja Salman berbincang dengan keluarga atau koleganya, bahasa yang digunakan adalah bahasa dialek. “Perlu diingat bahwa di Saudi Arabia ada lebih dari 250 bahasa dialek,” jelas Maman.

Raja Salman sendiri tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada Sabtu (04/03) sekitar jam 17.53 WITA. Ketika tiba di Bali, Arief Yahya sempat berjalan bersama Raja Salman dan ngenalin para penjemput di area apron Bandara Ngurah Rai. Ketika tiba di Bandara Ngurah Rai, Raja Salman juga disambut oleh Tari Pendet.

Sejumlah tokoh pemerintahan Bali juga turut nyambut Raja Salman dan rombongan ketika tiba. Antara lain Dubes Arab Saudi buat Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, Gubernur Bali Made Mangku Oastika, Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Jero Gede Suwene Putus Upadesha. Ketua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana, dan Kapolda Bali Irejen Pol Petrus R Golose. Gimana siap sambut Raja Salman pake bahasa Arab juga? Hehehe...

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya