Masa sekolah nggak bakal lengkap kalau cuma jadi Selang (sekolah-pulang) doang, pagi-pagi sekolah eh sore-sore udah pulang. Jadi anak organisasi, dong, biar keren! Karena di organisasi kita bakal ngerasain jadi panitia dalam sebuah event. Nah, dari sekian banyak panitia, mereka yang jadi Contact Person (CP) selalu punya ceritanya sendiri.
Pasalnya, tugas seorang CP sangat penting, lho. Tanggung jawabnya sangat besar, karena bisa dibilang CP adalah duta dari sebuah event. Kalau kita mau cari info lebih lanjut, yang dihubungin CP. Kalau kita mau mendaftar, yang dihubungin CP. Pokoknya menantang banget, deh, tugasnya seorang CP. Selain harus punya skill komunikasi, paket data yang berlebih, para CP juga kudu punya kesabaran tingkat dewa. Nggak percaya? Simak, deh, cerita suka-duka temen-temen kita ini.
Kena Omel Orangtua Murid Sampe Dimodusin Orang Nggak Dikenal.
Kali ini pengalaman dari Yuslina nih, salah satu siswa dari SMAN 16 Surabaya. Dengan beragam suka-duka yang lebih banyak dukanya, ia tetap melaksanakan kewajibannya dengan penuh kesabaran. Karena yakinlah, semua akan indah pada waktunya. Hehe. “Aku, kan, CP olimpiade SMP ya. Kalau dulu, sih, aku sering banget di telpon orangtua murid SMP pas lagi pelajaran. Terus kalau nelpon itu mesti puanjangbanget dan kalau pun info udah jelas tetep nanya lagi,” cerita Yuslina.
Udah gitu, nggak sedikit juga tuh, ibu-ibu yang yang ngomel. Belum lagi teror telpon yang nggak jelas. Akun Line di-add akun-akun nggak dikenal, yang awalnya nanya-nanya soal acara, eh, ujung-ujungnya modus ngajak jalan.
Dan epic-nya lagi, sekarang ini, setelah setahun acara selesai Yuslina masih suka dihubungi orang-orang.
“Mereka ngira aku masih CP-nya. Banyak tenan makanan yang mau daftar tapi ngehubunginya ke nomor aku. Padahal, kan, udah pensiun.”
Tapi, Yuslina nggak ngerasain duka doang, kok. Ada asiknya juga. Salah satunya, sih, dia jadi ketemu teman lamanya gara-gara nomornya tersebar. “Aku jadi ketemu temanku jaman SD di Malang dulu. Mereka nge-add LINEku karena tahu dari poster acara,” katanya.
Hampir Ditipu!
Okeh, kalau tadi CP cewek sering dimodusin para cowok hidung belang, gimana jadinya kalau CP-nya cowok? Jordan Oktavio dari SMAN 16 Surabaya buka cerita. Cowok yang pernah jadi CP lomba paskibra “Caraka” ini saat pertama kali dipilih jadi CP, yang pertama kali di pikirannya adalah harus punya pulsa banyak dan tahu segalanya tentang acara.
Nah, walau nyatanya Jordan nggak dapet banyak telpon atau chat yang nanya soal lomba, Jordan tetap punya pengalaman unik. Dia pernah hamper kena tipu, bro! Waduh.
“Pada suatu hari aku terima SMS dengan nomor hape yang nggak aku kenal. Di SMS itu dia ngaku sebagai adek kelasku yang kebetulan jadi CP event ini juga. Dia minta aku ngisi pulsa ke nomor hape yang tertera di SMS itu. Aku nggak langsung percaya. Besoknya aku tanya ke adek kelasku. Eh, dia malah nanya duluan, “Mas, ini SMS dari mas Jordan beneran nggak?” Dia dapet SMS dari nomor sama tapi namanya Cuma diganti aja,” kenang Jordan. Untung, keduanya nggak ada yang jadi korban.
Tips untuk para CP
Dari pengalaman Yuslina dan Jordan, kita bisa ambil beberapa pelajaran penting untuk menjadi CP yang baik. Yang paling utama adalah niat. Yap, kata Jordan, sebagai CP kita harus mau semangat dan nggak boleh asal-asalan kasih info soal acara. Soalnya, kalau nggak niat baik, citra kita bakal jelek baik di kalangan temen-temen sekolah maupun orang luar sekolah.
“Jadi CP itu susah-susah gampang. Cuma niat aja yangg menentukan, mau semangat atau malah asal-asalan,” celetuk Jordan.
Dari pengalamannya hampir kena tipu pun Jordan sangat menganjurkan kita untuk hati-hati. “CP yang nggak hati-hati dalam menanggapi pesan dari orang yang nggak dikenal bis ajadi korban. CP memang penting, tapi kita harus waspada dengan apa yang terjadi ketika kita jadi CP sebuah event,” paparnya.
Nah, sebagai CP, kita juga mesti sangat sabar. Apalagi, kita nggak bisa tau tuh kapan orang akan menghubungi kita. “Sejujurnya, jadi CP, tuh, terganggu yah. Soalnya aku tipe orang yang males banget bales chat. Tapi, karena udah tuntutan dan kewajiban, jadi ya harus sabar. Karena CP adalah pintu pertama dari event kalian” ujar Yuslina, “jangan lupa isi pulsa hahaha biar selalu bisa fast response.”
Nah, gimana nih buat adek-adek yang lagi atau mau jadi panitia, tertarik masuk, CP yang banyak tantangannya? Atau ada nih kalian yang punya pengalaman lebih di bidang contact person, kamu bisa lho nyeritain kisah kamu di komentar.
Awali Taufiki - SMAN 16 Surabaya