Ini Dia 3 Hukuman Kartu Merah Kontroversial dan Aneh Dalam Sejarah Sepak Bola

Senin, 06 Maret 2017 | 07:00
Alvin Bahar

Hukuman Kartu Merah Kontroversial dan Aneh Dalam Sejarah Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang cukup keras. Ada aja pemain yang bertindak kasar dan keterlaluan. Hukuman kartu merah pun, jadi solusi terbaik untuk mencegah pemain macam itu. Tapi nggak jarang juga kartu merah berbau kontroversial keluar dari kantong kemeja wasit.

Namun, dalam kenyataannya, kartu merah bukan cuma diperuntukan bagi para pemain yang benar-benar berniat kasar. Soalnya, terkadang hukuman ini justru diberikan kepada pemain dengan alasan yang nggak masuk akal. Ya, wasit kan juga manusia, pasti pernah ngelakuin kesalahan juga dong ya.

Berikut, hukuman kartu merah teraneh yang pernah ngehiasin keseruan sepak bola!

1. Kartu merah untuk Danilo Pereira - Moreirense vs FC Porto, Januari 2017

Wasit yang memimpin pertandingan, Luis Godinho, dengan teganya mengusir salah satu pemain Porto, Danilo Pereira, ke luar lapangan. Ya, kala itu, Danilo sedang berdiri terdiam di satu titik. Tapi, sang wasit, tiba-tiba berlari mundur dan menabrak tubuh Danilo. Setelah itu, Godinho langsung menghadiahi Danilo dengan kartu kuning kedua. Sial banget ya si Danilo, udah ditabrak terpental karena sang wasit, eh malah dikasih kartu merah juga lagi.

2. Kartu merah untuk Kieran Gibbs - Chelsea vs Arsenal, Maret 2014

Tendangan Eden Hazard yang udah pasti ngejebol gawang Arsenal, tiba-tiba ditahan pake tangan oleh Alex Oxlade Chamberlain. Wasit memang melihat kejadian tersebut, lalu memberikan tanda peluit adanya sebuah pelanggaran. Namun, secara mengejutkan, sang wasit justru menghadiahkan kartu merah kepada pemain Arsenal lainnya, yaitu Kieran Gibbs. Ini sontak membuat protes keras, sebab yang ngelakuin pelanggaran kan bukan si Gibbs. Wah, mungkin wasitnya susah ngebedain antara Chamberlain dan Gibbs kali ya.

3. Kartu merah untuk Edinson Cavani - PSG vs Lens, Oktober 2016

Edinson Cavani berhasil mencetak gol lewat eksekusi penalti. Seperti biasa, Cavani langsung berlari ke sudut lapangan untuk melakukan selebrasi khasnya, yaitu dengan bergaya seolah-olah menembakan senjata ke arah penonton. Namun, sehabis perayaan gol tersebut, Cavani langsung diganjar kartu kuning kedua dan diusir wasit dari lapangan. Padahal Cavani udah berkali-kali ngelakuin selebrasi kayak gitu di banyak pertandingan sebelumnya, tapi baru kali ini doi kena hukuman wasit. (Tomy)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya