Ternyata Ini Alasan Pelajar SMA Pada Mau Lanjut Kuliah Ke Sekolah Kedinasan

Kamis, 02 Maret 2017 | 07:00
Rizki Ramadan

Students Talk - Sekolah Kedinasan

Buat temen-temen yang udah kelas 12 SMA pasti lagi semangat-semangatnya kan milih perguruan tinggi. Jika ditanya soal “mau lanjut apa setelah SMA ini?”, pasti akan muncul jawaban beragam. Ada yang ingin lanjut PTN ada juga yang ingin Ikatan Dinas. Segalanya telah dicita-citakan “akan masuk apa aku setelah SMA?”. Mau ngelanjutin kedinasan atau PTN ya itu sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan kita.

Ini adalah jawaban dari teman-teman kita dari SMA Taruna Khatulistiw Kalimantan Barat yang setelah lulus SMA bercita-cita untuk melanjutkan Kedinasan. Kita doain ya semoga terwujud!. Nah ini juga buat inspirasi teman-teman yang masih bingung mau lanjut apa setelah SMA.

Farhan Nur Azhar

Target: Akademi Militer

Akademi Militer adalah pilihanku untuk pendidikan selanjutnya. Dari kecil aku pengen banget jadi pilot, mengangkasa gitu. Tapi biaya untuk menjadi pilot komersil memerlukan biaya yang nggak sedikit, aku mengurungkan sedikit niatku untuk sekolah pilot. Tapi bukan berarti batal bercita-cita jadi pilot, tapi jadi pilot yang gratis. Jawabannya ya ada di Akmil. Nanti, kan, bisa jadi penerbang. Aku terpanggil untuk membaktikan jiwa dan raga ku demi NKRI menjadi prajurit kebanggan Indonesia. Orangtuaku mendukung sekali. Selain itu dengan masuk kedinasan seperti ini tentu mengurangi beban orang tua. orangtua tidak perlu memikirkan soal biaya pendidikan, makan dan tempat tinggal semua ditanggung negara. Yang pasti untuk masuk AKMIL harus “MANTAPKAN HATI MELANGKAH PASTI!.

Daffia Rahmi Khansa Iskandar

Target: STAN

InsyaAllah lanjut di STAN. Pilih lanjut kedinasan karena lebih pasti peluang kerjanya. Selain itu, dengan memilih kedinasan secara otomatis terikat dengan lembaga kenegeraan dan aku ingin mengabdi untuk negara. Orangtua ngedukung sih dengan pilihanku.

Di STAN proses pendidikannya juga relatif singkat dan nggak terlalu berat. Setau aku kuota yang dimiliki STAN lebih besar dibanding kedinasan lainnya, peluangnya besarlah, persiapkan diri aja dengan matang. Setelah lulus STAN (amin), sebisa mungkin selama usia masih terbilang produktif aktif jadi kerja sambilan nerusin pendidikan setinggi-tingginya lagi.

Chandra Gunawan

Target: IPDN

Aku pengen lanjut IPDN. Pilih kedinasan yang pasti peluang kerja yang terbuka lebar. Menjadi abdi negara, membanggakan orang tua, berkontribusi langsung dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia memang cita-cita aku sejak kecil, IPDN cocoklah untuk mewujudkan itu. Menurut aku peluang yang lumayan bagus di IPDN untuk berperan aktif dalam pemerintahan di Indonesia, memiliki pendidikan semimiliter yang bisa sebagai sekolah sipil, sesuai dengan minat dan bakat aku.

Aku termotivasi banget menjadi praja yang akan memimpin Indonesia ke era keemasannya di masa depan. Kalau aku lulus IPDN, setelah lulusnya nanti aku sih terserah mau ditempatkan ke daerah mana, bahkan di pelosok negeri. Karena emang pada dasar aku pengen jadi abdi negara, ya harus siap ditempatkan ke manapun.

Aditya Gilang

Target: Akpol

Aku pengen masuk AKPOL. Mau mencari sesuatu yang sudah pasti, ya karena kedinasan langsung kerja, nggak mau membebani orang tua. Dari kecil cita-citaku ingin jadi polisi, orang tua mendukung dengan yang aku impikan. Mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, yang pasti masuk kedinasan jangan ada paksaan, harus dari diri sendiri.

Jennyfer Cristi S.N

Target: Akademi Imigrasi

Cita-cita gue si pengen lanjut ke AIM. Yang pasti nanti langsung kerja, nggak repot cari kerja lagi. Selain itu gue juga udah betah banget dengan kehidupan yang penuh aturan kaya SMA gue ini yang semi militer, ya cocoklah di AIM. Awalnya pengen di AIM, sih, gara-gara waktu itu gue bikin paspor, nah kakaknya cantik lulusan dari AIM suka aja gitu liatnya hehehe. Tertarik nanti kerja setelah lulus dari AIM bakal kerja dibagian imigrasi, ngecap-ngecap paspor yaa siapa tau nanti ngecap paspor artis favorit gue kan, Selena Gomez hehe kerenkan. Kaya temen papa gue , necap paspor nya Ronaldo. Paling serunya lagi bisa ditempatkan di daerah-daerah perbatasan Indonesia. Itu cita-cita gue banget.

Flaviana Maya Valina

Target: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

STIS! Yups itu pilihan ku. Lulusnya udah l angsung jadi PNS, dan pastinya udah terikat dengan kementerian. Peluang kerjanya menjaminlah, tergantung kita lagi sih pastinya dalam karirnya nanti. Kebetulan aku suka banget sama matematika, doain ajalah sesuai dengan harapan ku STIS. Orangtuaku juga ngedukung banget, yahh modal utamalah dukungan orangtua jadi lebih mantap buat masuk STIS. Kerjanya juga nanti sesuai penempatan, gak menutup kemungkinan diberbagai daerah di Indonesia, kerja di daerah orang lain ,tantangan yang menariklah pastinya.

Penulis: Audry - SMA Taruna Khatulistiwa Kalimantan Barat

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya