Ini Bedanya Cowok VS Cewek Kalo Lagi Jatuh Cinta

Rabu, 15 Februari 2017 | 01:00
Dimas Yulian

Selama Pacaran, Ini 5 Kontak Fisik yang Boleh Dilakuin Cowok ke Ceweknya!

Walaupun kadar dan tingkat rasa cinta yang dialami cewek dan cowok cenderung sama, ternyata ada beberapa perbedaan yang terjadi pada cowok dan cewek ketika sedang jatuh cinta dan mengekspresikan rasa cinta.

Sebuah penelitian menemukan bahwa cowok bias dengan cepat memutuskan untuk menyukai seseorang. Tapi kita butuh waktu lama saat mengungkapkan perasaan itu. Cewek justru butuh waktu lama untuk menyukai seseorang, tapi kalau udah suka,cewek bisa dengan gampangnya mengungkapkan isi hatinya.

Biar makin expert soal cinta-cintaan, perlu nih kita kulik perbedaan cowok dan cewek kalau lagi jatuh cinta. Simak, ya!

Fisik VS Kepribadian

Ketika cowok suka sama seorang cewek, pastinya fisik jadi hal yang pertama yang dilihat. Ini nggak harus secara langsung, cowok bisa tertarik sama cowok saat melihat cewek dari sebuah foto. Abis itu baru deh kita nyari tahu soal kepribadian si cewek.

Tapi beda sama cewek. Walaupun cewek sangat mempertimbangkan fisik, tapi ternyata bukan itu lho yang bikin cewek suka sama lawan jenisnya. Melainkan kepribadian dari si cowok, kecerdasan, dan kepercayaan dirinya. Tiga factor ini kalau ada dalam diri kita, bakal bikin cewek baper sama kita.

Namun, ada pengecualin ketika kita ada di usia remaja sekarang. Menurut psikolog Roslina Verauli, di suia remaja, cewek dan cowok cenderung sama-sama melihat fisik.

“Ketika jatuh cintah, kita menjadikan orang yang disuka sebagai obyek cinta. Sehingga muncul keinginan atau hasrat untuk bersama dia dan mulai muncul fantasi-fantasi seksual. Karena itulah, kita cenderung melihat fisik,” jelas Vera.

Saat Mengekspresikan Cinta

Perbedaan lainnya yang terlihat pada cara cowok dan cewek dalam mengekspresikan rasa suka yang mereka rasakan. Menurut Vera, cowok memiliki bawaan alami berupa sifat protektif, sehingga nggak heran kalau kita suka bersipak seperti seorang pahlawan di hadapan cewek yang kita suka.

Sedangkan cewek lebih memiliki rasa peduli yang tinggi. “Bukan berarti cowok nggak peduli, mereka juga punya rasa peduli ini. Tapi cewek lebih ekspresif dalam menunjuka kepeduliannya. Itulah sebabnya cewek suka memperhatikan hal-hal kecil, mengingatkan cowok akan banyak hal, seperti ‘udah makan atau belum?’ ‘lagi dimana?’ dan perhatian lainnya. Ini adalah cara cewek menunjukkan rasa sukanya,” beber sang psikolog.

Saat Mengambil Keputusan

Biasanya saat pertama melihat fisik cewek, kita bias langsung suka sama cewek yang memenuhi tipe ideal kita. Setelah kenal lama, perasaan ini bisa makin berkembang atau malah sebaliknya. Ini tergantung gimana kepribadian cewek itu.

Sementara cewek butuh waktu lama untuk menyatakan apakah dia suka sama seseorang. Bisa aja dia awalnya nggak suka, tapi lama-lama bisa suka setelah mengenal cowok.

“Sementara itu, ketika mengambil keputusan, cewek dipengaruhi oleh rasional – emosiaonal. Sehingga butuh waktu lama dalam mengambil keputusan karena ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan,” jelas psikolog cantik ini. (Meryam Zahida)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya