3 Hal Ini Harus Kamu Siapkan Jauh-jauh Hari Sebelum Nyoblos di Pilkada 2017

Jumat, 10 Februari 2017 | 07:00
Alvin Bahar

Kenapa Pilkada Serentak Diadain Tanggal 15 Februari? Ini Jawabannya!

Guys, tahu dong kalau tangal 15 Februari nanti ada 7 provinsi, 76 kabupaten dan 18 kota yang menjalani Pilkada untuk memilih kepala daerah mereka. Nah, dalam Pilkada 2017 nanti, berdasarkan data KPU (Komisi Pemilihan Umum), ada sekitar 400.000 orang yang diperkirakan jadi pemilih pemula (orang yang baru mendapatkan hak pilih atau hak suara) pada Pilkada DKI 2017. Udah siapkan hal-hal buat nyoblos? Ada yang harus udah ready jauh-jauh hari lho!

"Pemilih pemula ada sekitar 400.000 dari sekitar 7,4 juta pemilih. Ini baru data sementara dari Dinas Kependudukan (Disdukcapil DKI)," kata Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, seperti yang dikutip oleh Kompas.com.

Dengan banyaknya jumlah pemilih pemula ini, berarti suara kita memang penting banget untuk digunakan dan berpengaruh banget dalam Pilkada 2017 ini. Nah, buat kita yang sudah cukup umur untuk memilih tapi masih ragu-ragu apakah akan menggunakan hak pilih kita nanti, saatnya menghapus segala keragu-raguan kita!

1. Bikin pertimbangan rasional

Partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 2017 ini, akan membuka peluang untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, setidaknya dimulai dari daerah kita masing-masing. Ini berkaitan dengan karakter utama Pemilih Pemula yang cenderung kritis, mandiri, independen, anti status quo dan pro dengan perubahan ke arah yang lebih baik. Ini bikin kita jadi pemilih yang punya pertimbangan rasional dalam menentukan pilihan.

2. Harus punya bekal

Tentunya, Pemilih Pemula yang Cerdas harus punya bekal sebelum memilih. Pelajari calon-calon yang ada, dari track record, program kerja yang ditawarkan sampai integritas pribadinya. Jangan malas membuka website para calon kepala daerah ini dan simak program-programnya. Intip timeline medos mereka. Lakukan berbagai cara supaya kita bisa lebih kenal mereka. Dengan lebih tahu dan kenal mereka, makan akan lebih mudah untuk kita menentukan siapa yang akan kita pilih sebagai pemimpin.

3. Pastikan terdaftar

Kalau sudah punya pengetahuan tentang para calon pemimpinnya, jangan lupa, pastikan kita sudah terdaftar sebagai Pemilih nanti ya. Kalaupun belum terdaftar, siapkan KTP kita lalu daftarkan diri ke RT dan RW tempat tinggal kita. Pastikan saat Pilkada 2017 nanti kita bisa menggunakan hak suara kita dengan baik, ya. (cewekbanget.id)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya