Mengenal Pariwasata dan Budaya bersama Putra Intelegensia Kota Magelang

Selasa, 08 November 2016 | 06:15
Rizki Ramadan

Putra Intelengensia Kota Magelang

Siapa sih yang nggak suka berwisata di kala liburan, apalagi sekarang kan eranya traveling banget. Anak muda, seolah nggak eksis kalau belum pernah traveling dan share foto-fotonya di Instagram.

Karena minat berwisata meningkat, info dan pengetahuan soal tempat-tempat wisata itu diperlukan banget. Atas alasan itu pulalah di Kota Magelang tiap tahunnya ada pemilihan Duta Wisata, demi mencari anak muda yang bisa mengenalkan wisata di sini kepada Indonesia.

Di ajang pemilihan ini ada juga pemilihan cabang intelegensia soal wisata. Dan tahu kah kamu, pemenangnya masih seumuran kita, lho. Dia didapuk juara karena dinilai paling kece pengetahuannya tentang budaya dan wisata.

Perkenalkan, dia adalah Melkior Krisna Arondaya, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magelang. Dia bakal diberi tugas seru membagi pengetahuannya itu ke orang lain.

Kayak gimana ya, tuh asiknya? Mending kita simak langsung nih obrolan sama dia.

Gimana prosesnya kamu sampe bisa jadi juara?

Jadi prosesnya itu melalui beberapa tahap, tahap yang pertama adalah tahap penyisihan. Dari 103 pendaftar. Di tahap ini kami memperkenalkan diri di depan juri tentang identitas, prestasi akademis dan prestasi yang berhubungan dengan budaya.

Setelah itu diambil 30 besar, lalu 30 peserta mengikuti kegiatan pembekalan dan praktek-praktek selama 3 hari. Hari pertama dan kedua ada materi yang tertulis biasa lalu hari ke-3 ada One Day Tour, acaranya, tuh, muter-muter kota Magelang untuk mengetahui pariwisata dan budaya yang ada.

Setelah itu ada tes tertulis dan wawancara dengan dewan juri, untuk melatih public speaking dan praktik nyata di depan dewan juri, lalu ada malam keakraban, untuk mengakrabkan para finalis satu sama dan lain dan juga panitia supaya ke depannya bisa bekerja sama untuk mempromosikan pariwisata kota Magelang, tahap terakhir yaitu pemilihan dan penobatan duta wisata, dari 30 finalis diambil 5 besar, 5 besar itu nantinya ada Juara Intelegensia, Juara Kepribadian, Juara 1,2, dan 3. Puji Tuhan, aku masuk 5 besar dan jadi juara intelegensia.

Share, dong, tipsnya biar bisa sampe juara gitu? Ada ritual latihan tertentu kah?

Kalau tipsnya, lebih banyak membaca tentang wisata-wisata yang ada di Magelang, kan besoknya nggak cuma media sosial tapi harus praktek ke masyarakat juga, mungkin dari ngobrol dengan orang lain juga bisa melatih public speaking kita, supaya saat face-to-face dengan masyarakat bisa lancar berbicara.

Ada inspirator/idola nggak yang bikin kamu makin terdorong?

Kalau idola mungkin dari kakak-kakak kelas sebelumnya, jadi lebih termotivasi, sekolah SMAN 1 Magelang kan sudah 3 tahun sebelumnya selalu ada juara intelegensia, jadi mendorong karena malu juga kalau tahun ini sekolah ga dapet juara intelegensia.

Bagi kamu, pariwisata itu apa sih?

Pariwisata itu, kegiatan wisata yang bisa dilakukan setiap orang dan dalam waktu tertentu, jadi setiap orang bisa menikmati wisata di suatu daerah bisa rekreasi, atau hanya sekedar ngobrol sama teman di tempat itu, atau mau tau hal-hal bersejarah seperti pariwisata ke museum dan lain-lain.

Terus, kenapa, sih, anak muda perlu peduli sama budaya dan pariwisata?

Anak muda perlu banget dan penting untuk peduli sama budaya, karena kita sendiri tahu budaya kan warisan dari dunia dari leluhur kita. Kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi yang menjaga? Sebelum nanti diambil orang lain baru marah, jadi kita harus menjaga supaya budaya itu bisa menjadi aset kita dan harus tetap kita lestarikan dan kalau bisa kita kembangkan dengan misalnya sosialisasi budaya atau mempelajari tari-tari dan bahasa daerah, hal-hal simpel sih tapi yang penting kita bisa mencintai dan mengenal budaya kita sendiri.

Nah, sebagai cah Magelang, apa arti kota ini bagi kamu?

Kota Magelang itu kota kelahiran saya, kota Magelang itu banyak budaya yang menurut saya perlu kita jaga, punya banyak tarian misal kita punya tari Unduk, tarinya unik pembawaanya ceria karena berkisah tentang tari yang dilakukan petani setelah petani raya, destinasi wisata, atau potensi-potensi wisata.

Kita punya banyak museum di Magelang, seperti Museum diponegoro, Museum BPK, Museum Sudirman, dan ada Museum Abdul Jalil. Buat informasi aja, Museum abdul jalil itu satu-satunya museum militer di Indonesia dan Magelang yang punya dan kita juga punya desa wisata yang baru dikembangin, letaknya di Tidar Campur ini baru pemerintah sama para duta wisata yang baru dikembangin saat ini. Harapan kedepannya sih, pariwisata di Kota Magelang bisa lebih maju dan dapat diterima masyarakat luas.

Yang sudah kamu lakukan dengan tugasmu apa aja?

Yang udah dilakukan baru hal-hal kecil aja, seperti mempromosikan lewat sosial media seperti Instagram, Facebook, twitter. masih dikit banget sih. Tetapi harapannya, ke depan bisa lebih banyak lagi yang bisa dilakukan, mungkin seperti mengadakan acara-acara budaya Kota Magelang, atau One Day Tour bagi masyarakat kota magelang untuk mengunjungi suatu lokasi pariwisata di Magelang, supaya masyarakat tahu bahwa Magelang punya budaya yang bagus dan indah yang perlu kita jaga, cintai, kenali bersama-sama, karena Magelang punya banyak wisata yang ga kalah menarik dengan yang ada di luar kota yang tempat-tempat wisata itu bisa berpotensi dan bermanfaat ga hanya untuk masyarakat tapi juga untuk pemerintah untuk membantu pembangunan daerah.

Penulis:

Fransiska M.A - SMAN 1 Magelang

Editor : Hai Online