Terinspirasi Adegan Di Film James Bond, Mexico City Bikin “Parade Hari Kematian”

Jumat, 21 Oktober 2016 | 13:30

Adegan “Parade Hari Kematian

Imajinasi emang terkadang bisa jadi pemicu buat membuat sesuatu dan mewujudkannya di dunia nyata. Dahulu, ketika hape belom dilengkapi dengan kamera, film James Bond sudah menunjukkannya. Dalam film James Bond lama, sering terlihat sang agen rahasia memiliki telepon genggam yang sudah dilengkapi dengan kamera.

Padahal ketika itu, teknologi handphone yang dilengkapi dengan kamera belom ada. Begitu juga dengan jubah “tidak terlihat’ yang dimiliki Harry Potter dalam buku dan filmnya. Beberapa ilmuwan kemudian tertarik untuk mempelajari dan membuat alat yang bisa berfungsi serupa.

Nah terakhir ada lagi adegan film yang menginspirasi untuk dibuat dan diwujudkan di dunia nyata. Meskipun bukan berupa gadget atau pun alat yang canggih, Tetapi peristiwa ini juga diilhami oleh salah satu adegan film yang merupakan rekaan atau fiksi.

Dalam pembukaan film James Bond yang terakhir, Spectre, diperlihatkan bagaimana sang tokoh utama dsedang mengejar penjahat di tengah-tengah acara “Parade Hari Kematian” yang unik di Mexico City. Padahal sebelumnya, parade tersebut sebenarnya nggak pernah ada di dunia nyata.

“Parade ini tidak pernah ada di kehidupan nyata. Sekarang, terinspirasi dari film itu (james Bond) festival tersebut akan jadi nyata,” kata Menteri Pariwisata Enrique De La Madrid, seperti dikutip Kompas.com dari Kantor Berita AFP, Kamis (20/10)

Dalam adegan di film tersebut, James Bond diceritakan sedang mengejar penjahat ditengah-tengah kerumunan parade. Saat adegan tersebut terlihat parade tengkorak raksasa yang dibawa di antara sejumlah penari yang wajahnya dirias gambar dengan motif tengkorak.

Parade ini akan berlangsung pada 29 Oktober mendatang. Dan akan dimulai dari monument The Angel of Independence dan berakhir di lokasi bersejarah, Zocalo Square. Prosesi ini direncanakan akan diikuti oleh ratusan relawan yang akan menghadirkan kembali semua setting serta properti yang dipakai dalam adegan di film Spectre tersebut.

Prosesi ini akan jadi bagian dari serangkaian acara yang bakalan digelar hingga 2 November mendatang. Biasanya prosesi hari kematian berlangsung setiap 1-2 November setiap tahun. Dalam prosesi ini warga Mexico berziarah ke pemakaman untuk memberikan penghormatan kepada keluarga mereka yang telah berpulang.

Berawal dari sebuah adegan film fiksi, lalu berhasil diwujudkan di dunia nyata. Selain itu acaranya juga dapat nyambung pula dengan tradisi budaya lokal setempat. Ternyata, imajinasi apapun bentuknya, dapat memacu buat menciptakan dan mewujudkan sesuatu di dunia nyata ya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya