Ternyata ini Alasan Remaja Nggak Dateng ke Festival Musik

Selasa, 30 Agustus 2016 | 05:28
Hai Online

We The Fest 2016

“Gue kemarin baru aja nonton WTF 2016. Sebelumnya sih, gue udah bilang ke bokap nyokap mau nonton WTF, mereka akhirnya mau ‘bantuin’ buat beli tiket. Tapi, gue tetep harus sisihin uang jajan gue kurang lebih tiga minggu. Bahkan, yang harusnya gue bisa nongkrong dan seru-seruan sama temen-temen, jadi tertunda dulu demi beli tiket. Lumayan juga (harganya) sih, sekitaran satu juta lebih untuk dua hari,” cerita Evan, warga kelas XII, SMAK Penabur Bintaro Jaya.

Lumayan. Satu kata yang sebenernya nggak pasti, dan serba relatif, termasuk menyangkut buat urusan mampu atau nggaknya buat beli tiket festival atau konser musik. Apalagi buat kita-kita, yang sebagian besar pemasukan masih ketergantungan dengan hadirnya “jatah subsidi” dari orang tua. Ya, pait-paitnya, kita mesti pinter-pinter buat nabung kaya Evan.

Nah, itu kalo masih bisa buat nabung, kalo buat jajan sehari-hari aja kurang, gimana? Hehehe.... Eh, ini tapi beneran kejadian, lho. Contohnya aja kaya cerita dua teman kita dari SMAN 9 Jakarta, Ponco dan Rendi. Mereka berdua belum pernah, tuh, punya pengalaman nonton festival atau konser musik yang “wangi”, macam WTF, apalagi DWP.

”Sebenernya banyak banget konser keren dan rata-rata gue suka semua. Tapi ya itu, harga tiketnya yang mahal banget memberatkan gue untuk hadir. Jadi yaudah, ngiler aja gitu haha,” curhat Ponco, seraya tertawa lepas.

Senada dengan Ponco, Rendi pun merasakan hal yang sama, yakni susahnya membeli tiket konser lantaran harga yang menerutnya melambung banget. ”Kalo keinginan mah pasti ada lah, tapi ya mau gimana, harganya lumayan banget, gue jadi mikir ulang buat beli tiketnya sih. Kayaknya lebih baik digunakan untuk hal lain gitu uangnya,” repetnya.

Dua teman kita ini juga mengeluh dan mempertanyakan perihal harga tiket konser yang menurut mereka ”nggak masuk akal”. Menurutnya, kalau harganya bisa disesuaikan, pastinya akan lebih banyak orang yang bisa datang dan nonton, otomatis pendapatan promotor juga lebih banyak.

”Ya harus diakuilah ngebawa musisi luar ke Indonesia itu pastinya nggak murah, tapi kan kalo harga tiketnya lebih ’masuk akal’, jadi pasti yang beli juga makin banyak. Kuantitasnya jadi meningkat kan secara pendapatan dibanding masang harga tinggi tapi tiketnya nggak ludes,” protes Rendi, yang diamini oleh Ponco.

Udah-udah, tenang, nggak perlu ada yang protes apalagi sampe demo minta turunkan harga tiket. Seperti yang udah HAI sebut diatas, mahal atau nggaknya harga sebuah tiket itu emang serba relatif, tergantung dari sudut pandang mana orang yang melihatnya. Buktinya, nih, ada cerita yang cukup unik dari Faiz. Cowok yang masih duduk di bangku kelas IX, SMP HighField, Jakarta ini ketemu HAI waktu di venue WTF 2016 kemarin.

“Menurut gue dengan adanya harga tiket segitu udah sepadan dan pantas, sih. Kebetulan gue bisa beli tiket karena orang tua ada ‘utang’. Jadi,waktu itu mereka beli barang, tapi pake duit gue dulu, terus abis itu duit gue yang kepake gue minta beliin tiket We The Fest 2016,” cerita cowok yang beli tiket hari kedua seharga Rp 750 ribu perak tersebut.

Abis baca curhatan teman-teman kita di atas, kadang jadi kepikiran juga, dari mana datangnya para panitia penyelenggara acara nentuin harga tiket? Apa mereka asal-asalan cantumin harga dan cuma mikirin untung semata? Patengin terus informasinya di HAI-Online dan baca secara lengkap di HAI Magazine edisi 35 yang terbit sejak Senin (29/8).

Editor : Hai Online