Gila, Nggak Terduga Banget! Ini 4 Bahaya Makan Es Batu!

Jumat, 26 Agustus 2016 | 09:15
Alvin Bahar

Makan es batu

Minum es, udah abis, es batunya tetep disikat. HAI kasih tau ya, jangan makan es batu! Selain nggak ada kerjaan, ada bahaya kalo kamu makan es batu.

Menurut naturalhealthmag.com, mengunyah es batu adalah salah satu bentuk pica, atau kegiatan memakan benda yang bukan makanan. Hal ini bisa menjadi tanda anemia lho!

Mau tau lebih banyak lagi? Dikutip dari boldsky.com, ini fakta yang harus kita tahu tentang kebiasaan makan es batu:

Baca Juga: Duh, Pelajar di Belitung Suka Mabuk Minum Air Rebusan Pembalut Cewek! Ini Bahayanya

1. Bikin Gigi Rusak

Kebiasaan mengunyah es batu bisa membuat gigi kita rusak. Alasannya adalah es batu yang keras dapat mengikis enamel atau lapisan luar gigi sehingga bisa menyebabkan masalah terutama buat kita yang punya gigi sensitif. Es batu yang dingin juga bisa bikin gigi terasa ngilu.

2. Bikin Mual dan Diare

Makan es batu juga bisa bikin dehidrasi dan mual. Hal ini karena kalau kita mengunyah es batu, kita bisa lupa waktu. Selain itu kandungan es batu yang kita kunyah belum tentu benar-benar sehat. Beberapa es batu yang bebas dijual di pasaran, bukan yang kita bikin sendiri di rumah, terbuat dari air mentah dan bisa mengandung bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut antara lain seperti bakteri Ecoli yang bisa menyebabkan diare.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya