Kenalan Yuk Dengan Muhadjir Effendy, Mendikbud Baru Setelah Reshuffle Kabinet

Jumat, 29 Juli 2016 | 04:15
Alvin Bahar

Muhadjir Effendy

Reshuffle Kabinet atau pergantian jajaran menteri di dalam pemerintahan sering terjadi. Begitu juga dengan jajaran menteri di Kabinet Kerja yang berada di bawah pemerintahan presiden Jowo Widodo. Kemarin, 27 Juli 2016, Presiden Jokowi merombak susunan kabinet dan mengganti beberapa menteri. Salah satunya menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), yang awalnya dipegang oleh Anies Baswedan, sekarang digantikan oleh Muhadjir Effendy. Sebagai siswa, ini 7 fakta tentang Muhadjir Effendy, Mendikbud baru setelah reshuffle kabinet.

Dosen dan Rektor

Posisi menteri yang mengurus bidang pendidikan sepertinya pas banget diemban oleh Bapak Muhadjir. Soalnya beliau sudah lama aktif di bidang pendidikan sebagai dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Terakhir, beliau menjabat sebagai rektor UMM sejak tahun 2000 sampai awal 2016.

Nggak Pernah Berhenti Belajar

Salah satu hal positif yang patut kita pelajari dari sosok Muhadjir Efendy adalah beliau nggak pernah berhenti belajar. Setelah lulus kuliah, Muhadjir melanjutkan pendidikan master di bidang Administrasi Publik di Universitas Gadjah Mada tahun 1996 dan mendapat gelar Doktor di bidang Ilmu Sosial di Universitas Airlangga Surabaya tahun 2008, di sela kesibukannya sebagai dosen. nggak hanya pendidikan formal, beliau juga menempuh pendidikan singkat di bidang keamanan dan pertahanan di National Defense University, Washington DC, Amerika Serikat di tahun 1993 dan kursus singkat di bidang pengelolaan pendidikan tinggi di Victoria University, Kanada tahun 1991.

Editor : Alvin Bahar