CEO Ruangguru.com: Banyak Hal yang dilakukan Untuk Pendidikan Indonesia

Kamis, 07 Juli 2016 | 22:54
Salman Achmad

Iman Usman CEO Ruangguru.com

Sejak dulu, yang namanya dunia pendidikan sudah menjadi passion hidup cowok yang satu ini. Beberapa tahun kemudian, ia pun mendirikan suatu website yang membantu pengajaran dari seorang murid kepada gurunya. Namun, ia mendirikan website ini tidak sendirian, tapi bersama seorang rekannya.

Iman Usman, adalah seorang yang lagi Hai bicarakan. Mendirikan ruangguru.com sejak 2014, membuat nama Iman semakin dikenal banyak kalangan, tentu saja karena ide cerdasnya membentuk ruangguru.com. Seperti yang Hai jelaskan, diatas cowok ini memang melekat banget sama yang namanya pendidikan.

“Sejak dulu, yang menjadi passion gue adalah pendidikan. Gua ingin berbuat sesuatu yang memberikan dampak positif terhadap dunia pendidikan, terutama di Indonesia. Caranya dengan melibatkan diri dengan hal-hal yang erat kaitanya dengan pendidikan, saya jadi mengetahui solusi dari permasalahan yang ada,” Ujar Iman, CEO dari Ruangguru.com

Ruangguru.com adalah penyedia fasilitas penunjang pendidikan melalui teknologi berupa marketplace. Sekarang, telah berkembang dengan dua produk lainya yakni tes.ruangguru.com seperti platform persiapan tes ujian online dan aplikasi mobile, yang mempunyai guna untuk murid dapat berkomunikasi langsung dengan guru menggunakan smartphone mereka.

Itu semua berjalan berkat kerjasama tim yang kuat, bahkan mas Iman bercerita kepada Hai, mengenang di mana ruangguru.com bekerja dengan orang yang sangat sedikit apabila dibandingkan dengan sekarang.

“Mulanya kami hanya tediri dari tim yang berjumlah kurang dari lima orang disebuah ruang kerja yang sempit, saat ini tim Ruangguru.com semakin besar. Setidaknya ada 65 orang yang bekerja secara full time di kantor kami saat ini. Bahkan sekarang kami telah memfasilitasi sekitar 27.000 guru untuk bermtemu dengan para murid di seluruh indonesia. Pengguna situs kami juga sudah mencapai ratusan ribu orang,” celoteh Iman.

Sebelum menjadi CEO Ruangguru.com, Iman adalah sosok orang yang aktif di berbagai organisasi. Tentu saja organisasi yang diminatinya tidak jauh dari pendidikan. Ia pun pernah menjadi penasehat dan konsultan lepas untuk sejumlah organisasi internasional dan korporasi lho. Jadi nggak salah kan? kalau Ruangguru.com bisa berkembang pesat seperti sekarang ditanganya.

“Saya sebelumnya menjalankan sejumlah organisasi non profit di bidang kepemudaan seperti Indonesian Future Leaders dan Parlemen Muda Indonesia - serta aktif menjadi advokat untuk isu-isu anak muda di bidang pendidikan dan kepemudaan, baik di Indonesia maupun di dunia internasional,” Kenang iman mengingat masa itu.

Cowok yang terinspirasi dengan tokoh fiksi Harry potter, menceritakan bahwa bekerja menjadi entrepreneur seperti bekerja setiap hari. Karena agenda sebagai seorang CEO yang mengotomatisasi seseorang untuk menjadi super sibuk seperti yang dijalani olehnya.

“Kampung halaman gue di Padang, Sumatera Barat. Di Jakarta, gue tinggal nge-kos yang nggak jauh dari kantor Ruangguru.com. Sehari-harinya, tentu saja agenda gue dipenuhi dengan urusan pekerjaan, seperti meeting dengan klien dan partner Ruangguru.com, meeting dengan tim, bertemu dengan segenap awak media, mengikuti berbagai acara yang berkaitan dengan pendidikan, dan masih banyak lagi. Tapi bisa dibilang,mostlygue menghabiskan waktu di kantor, bekerja bersama tim, khususnya di bidang pengembangan produk dan bisnis,” Ujarnya.

Dengan jadwal yang super sibuk, ia juga menambahkan, tetap berusaha untuk menyeimbangkan antara kerja dengan istirahat atau menikmati hiburan. Karena tenaga orang nggak bisa terus di forsir guys. “Bagi saya menjadientrepreneur,seperti bekerja 24 jam, 7 hari dalam seminggu.Namun, saya berusaha juga menjaga keseimbangan antara bekerja dan aktivitas hiburan. Biasanya saya berolahraga di gym ataupun bertemu dengan teman-teman,” imbuh Iman.

Untuk orang sekaliber dia, nggak pernah sedikitpun terbayang bakal menjadi CEO seperti sekarang ini. Bahkan di daftar cita-citanya dia, menjadi CEO pun tak tercantum, kasarnya. Kalau kata Iman, ini semua adalah kebetulan, haha.

“Saya pribadi datang dari background non-profit dan sebelumnya tidak membayangkan secara spesifik akan menjadi CEO untuk sebuah perusahaan. Bagi Saya, bukan soal posisinya yang penting, namun peran apa yang akan saya mainkan - dimanapun saya berada - dan apakah saya membawa keseluruhan tim menjadi lebih baik atau tidak. Kebetulan saja, saat ini, saya menjadi CEO,” cakapnya.

Memang, ide cemerlang ini berasal dari dirinya. Tapi bagi Iman yang menempuh pendidikan S2 di Amerika, hasil atau pencapaian tersebut berbekal kerja secara kooperatif. Dan ia pun masih punya banyak impian lagi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan.

“Apa yang saya capai saat ini bukan jerih payah saya semata. Jika tidak ada tim dan stakeholder Ruangguru.com yang terlibat, maka saya tidak akan sampai pada titik ini. Namun, ini bukanlah hasil terakhir. Masih ada banyak hal yang harus saya lakukan untuk pendidikan di Indonesia,” tutup Iman usman.

Goodjob, bro!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya