Bukti Hungaria Lebih Hebat dari Portugal Meski Ronaldo Jauh Lebih Mahal dari Tim Mereka

Kamis, 23 Juni 2016 | 03:45
Alvin Bahar

Hungaria

Terbukti, Cristiano Ronaldo sendirian jauh lebih mahal dari seluruh tim Hungaria di Euro 2016. Hungaria memang tim "termiskin" di Piala Eropa 2016. 23 pemain Hungaria yang berlaga di Euro 2016 cuma berharga sekitar $31 juta alias sekitar Rp. 424 miliar. Sedangkan Ronaldo sendiri, harganya sekarang diperkirakan sebesar $116 juta atau sekitar Rp. 1 triliun!

Gila kan?

Sayangnya, ini sepak bola guys. Seperti yang sudah Leicester City buktikan, uang dan skill individu bukanlah segalanya di sepak bola modern. Hungaria pun membuktikan bahwa "tim murah" mereka lebih hebat dari Ronaldo dan Portugal.

Hungaria sukses bikin Ronaldo ngamuk!

Kedua tim itu memang tergabung dalam satu grup di Euro 2016. Pertandingan antar dua tim ini berlangsung di Parc Olympique Lyonnais, Rabu (22/6). Portugal menghadapi Hungaria di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, dengan mengusung misi meraih kemenangan guna merebut tiket ke babak 16 besar. Namun, hasil yang mereka dapatkan justru di luar ekspetasi.

Hungaria tampil luar biasa dalam pertandingan ini. Tim berjulukan The Magical Magyars ini mampu unggul tiga kali melalui gol Zoltan Gera (19') dan Balazs Dzsudzsak (47',55'). Aksi gila Hungaria bahkan sempat bikin Ronaldo ngamuk!

Baca Juga: 5 Cara Asik Nonton Euro 2016 buat Jomblo

Para kapten adu bikin rekor baru

Kapten Portugal tersebut marah-marah bukan karena Portugal tertinggal tiga gol. Pemain termahal itu mungkin juga marah karena ia kalah oleh kapten Hungaria, Balázs Dzsudzsák. Winger berusia 29 tahun itu membuktikan untuk sementara lebih baik daripada Ronaldo dalam hal mengeksekusi tendangan bebas. Bintang Portugal itu sama sekali belum pernah mencetak gol via tendangan bebas di Piala Eropa 2016.

Selain itu, gol Dzsudzsák memecahkan rekor karena tendangan bebas terbanyak selama penyelenggaraan Piala Eropa. Sejak pertama kali didata pada 1980, jumlah gol yang dicetak melalui tendangan bebas langsung di Piala Eropa nggak pernah lebih dari tiga kali. Rekor itu terjadi pada 1984 dan 2004.

Rekor tersebut akhirnya dipertajam di Piala Eropa 2016. Hingga fase grup berakhir, sudah empat kali terjadi gol melalui tendangan bebas. Salah satu di antaranya dibukukan Dzsudzsák.

Dia mencetak gol dari tendangan bebas pada menit ke-47. Bola dari sepakan keras Dzsudzsak sempat membentur pagar betis lawan sebelum meluncur ke gawang Portugal yang dikawal Rui Patricio.

Hungaria percundangi Portugal dengan jadi juara Grup F

Kedudukan 3-3 membuat para pemain Portugal semakin gencar melakukan serangan. ada sekitar empat peluang berhasil dimiliki, tetapi lagi-lagi gagal menjadi gol akibat penyelesaian akhir yang bersifat spekulatif dari jarah yang cukup jauh.

"Pujian besar untuk tim ini. Kami bermain lebih baik pada hari ini daripada dua laga awal. Kami sadar laga ini akan sulit karena melawan tim yang sangat terorganisasi. Namun, kami juga memiliki keberuntungan," puji pelatih tim nasional Hungaria, Bernd Storck.

"Tim saya belajar pada setiap pertandingan. Kami melawan tim yang berada di level tertinggi dan tim terus berkembang dari pertandingan ke pertandingan di Piala Eropa ini. Kami sangat bahagia," ujar dia melanjutkan.

Dengan hasil ini, Portugal gagal menjadi juara grup F. Sementara Hungaria memastikan lolos ke babak 16 besar, sebagai juara grup. Hungaria berada di puncak klasemen dengan 5 poin. Mereka diikuti Islandia yang sama-sama mengoleksi lima poin tapi kalah selisih gol.

Untungnya Portugal lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Portugal mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan. Di babak 16 besar, Ronaldo dkk akan menantang Kroasia selaku juara Grup D.

Bravo, Hungaria!

Baca Juga: Ini Dia 10 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016, Nggak Ada Gareth Bale!

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar