5 Negara Maju yang Nggak Pakai Ujian Nasional

Rabu, 11 Mei 2016 | 04:15
Hai Online

Jadi sekolahan ini nggak ada ujiannya, Om?

Ujian Nasional(UN) sudah menjadi agenda rutin di dunia pendidikan Indonesia yang diselenggarakan setiap satutahun sekali. Kabar terbaru soal perbaikan UN, katanya UN akan diperuntukan bagi kelas dua. Apapun itu, para siswa bakal menghadapiujian ini untuk menentukan apakah mereka layak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak.

Sementara pengamat pendidikan bilang ujian nasional itu nggak perlu, adabeberapa negara maju di belahan dunia yangmalah sudah lebih dulu tidak memberlakukan ujian nasional karena berbagai macam alasan. Negara-negara maju apa saja yang tidak memberlakukan ujian nasional, mending kita cek satu persatu:

*makanya sekolah di sini aja, nggak ujian nasionalnya lho!

Finlandia

Finlandia merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Tapi anehnya, pemerintah Finlandia tidak menerapkan ujian nasional untuk mengevaluasi para pelajarnya. Justru, mereka menganggap guru yang paling berhak mengevaluasi muridnya, bukan selembar kertas ujian atau pemerintah.

Guru di Finlandia dianggap paling tahu kemampuan muridnya. Oleh karena itu ujian nasional ditiadakan. Atas konsentrasi guru di Finlandia, tidak heran jika merekamendapat kehormatan dan memiliki gaji tertinggi di dunia.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya