Yuk Generasi Z Lebih Siap Hadapi UNBK!

Selasa, 29 Maret 2016 | 03:15
Hai Online

Ujian Nasional Berbasis Laptop eh komputer

Akrab sama gadget (gawai), laptop, telepon seluler, dan tentu saja internet membuat generasi Z, yaitu yang lahir dari tahun 1995-2005 seperti kita ini seharusnya sudah lebih siap mengoperasikan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sejak tahun lalu, jutaan lembar naskah dengan rantai distribusi panjang, belum lagi isu kebocoran soal jelang akhir tahun pelajaran sekolah sudah mulai digantikan dengan sinkronisasi data dalam hitungan menit. Pengisian jawaban dengan pensil 2B juga sudah digantikan dengan satu klik jawaban dari mouse komputer. Ada kesalahan, tinggal ubah gerak kursor dan mengganti pilihannya. Simpel bukan?

Nah, pada tahun kedua, pelaksanan Ujian nasional bagi teman-teman generasi Z jumlahnya semakin meningkat. Tentu, perubahan ini tidak selalu mulus. Masih banyak kesalahan teknis dan ada sedikit kegagapan dari para pengawasnya, terutama generasi X atau sebagian Y. Bahkan sebagia besar sekolah juga masih belum siap menggelar ujian di jaman digital ini.

Meski begitu, buat teman-teman yang sudah dipastikan ikut UNBK 2016, nggak ada salahnya mempersiapkan lebih baik lagi ujian di jaman digital. Sebab, meski pelaksanaannya cukup praktis, siasat kita juga kudu taktis hehehe.

Yuk, generasi Z lebih siap di UNBK tahun ini!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya