Punya Website Keren, UI Jadi Universitas Terbaik di Indonesia

Senin, 01 Februari 2016 | 07:30
Hai Online

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia FEB UI

Ada banyak cara memperkenalkan kampus menjadi sebuah tempat belajar terbaik di jenjang pendidikan tinggi. Selain lewat alumni yang datang ke sekolah-sekolah kita, ternyata website juga menjadi media informasi yang paling gampang untuk memperkenalkan kampus ke masyarakat luas.

Kalo tampilan website sudah sangat menarik untuk dikulik, apalagi jika data yang diberikan informatif, website ini pasti akan menjadi langganan sumber informasi, terlebih mengenai dunia kampus.

Nah, Universitas Indonesia (UI) ternyata sukses menempati peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan websiteterbaik di Indonesia berdasarkanWebometricsRanking of World Universities2016. Lebih lanjut, Webometrics juga merilis bahwa UI telah meraih peringkat ke-13 di Asia Tenggara dan peringkat ke-758 terbaik di dunia. “Pencapaian UI sebagai Perguruan Tinggi dengan website terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT),” ujar Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis,M.Met melalui rilis tertulis yang diterima HAI, Minggu (31/1) lalu.

Rektor juga bilang, pengembangan website dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional telah dan akan menjadi salah satu strategi UI untuk terus menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas. “Tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI saja melainkan bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat Global,” tambahnya.

Tidak sembarangan WebometricRanking of World Universities memilih UI menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan berdasar pada websitenya yang keren. Setidaknya, dengan melihat website tersbeut, Webometric juga menilai UI telah memenuhi empat indikatorpenilaian, yaitu "Presence" yang merupakan jumlah halaman situs yang terekam padasearch engine(Google). Indikator "Impact" juga dipenuhi, yang merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekamsearch engine(Google). Selain itu, UI juga memenuhi indikator "Openness" berdasarkan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc, .docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam olehsearch engine(Google Scholar).

Terakhir, UI memenuhi indikator "Excellence" yang didasari jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar. Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016 yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat 2 di Indonesia ; peringkat 796 di dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat 3; peringkat 802), Universitas Diponegoro (peringkat 4 ; peringkat 1.442) dan Universitas Riau (peringkat 5 ; peringkat 1.502).

Pemeringkatan ini dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia. Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Pengumuman dapat diakses pada laman: www.webometrics.info

Editor : Hai Online

Baca Lainnya